blog posts

Cara Membuat Website Yang Mudah Dari 0 Bagi Pemula

Sebelumnya apakah kamu sudah membaca tentang apa itu website dan tips cara membuat website? Jika belum Baca di sini : Seberapa Penting Website Bagi Kemudahan Akses Informasi Dan Bisnis?

 

Setelah kamu membaca dan mengetahui seberapa penting website baik itu untuk penggunaan pribadi maupun bagi bisnis kamu. Apakah sekarang kamu benar-benar ingin tahu bagaimana cara membuat website? Dan mencari tutorial cara membuat website. Selamat, kamu sekarang berada di artikel yang tepat.

 

Artikel ini akan memberikan tutorial cara membuat website secara lengkap dan mudah, simak penjelasan di bawah ini 

 

Langkah-langkah yang harus disiapkan sebelum membuat website

 

Agar website yang dibuat sesuai harapan, sebelum ke tutorialnya siapkan beberapa langkah berikut ini 

 

Tentukan tipe website

 

Ketika kamu mulai ingin membuat website, mungkin dalam benak kamu sudah terbayang seperti apa website yang akan kamu buat. Entah sekedar untuk keperluan pribadi atau mungkin untuk keperluan bisnis kamu. 

 

Dengan menentukan website yang tepat, kamu akan tahu mau ke arah mana website kamu dibuat, hal ini penting karena akan mempengaruhi saat pemilihan hosting, domain, dan tema apa yang akan kamu gunakan.

 

Ada banyak jenis website, berikut beberapa website yang bisa kamu jadikan referensi : 

 

Website toko online

 

cara membuat website toko online

 

contoh tampilan website tokopedia (sumber: gadgetren)

Saat ini website toko online sudah semakin berkembang, hampir semua brand atau bisnis, baik itu bisnis fashion, kebutuhan sehari-hari, barang dan jasa kini sudah memakai website toko online untuk penjualan produk mereka. Bahkan beberapa bisnis toko online kini sudah berkembang menjadi startup, seperti shopee, tokopedia, dan masih banyak lagi.

 

Website pribadi atau blog

 

cara membuat website blog

blog Jetdino, selalu memberikan informai tentang teknologi terbaru (sumber: jetdino.com)

 

Orang yang menggunakan blog disebut bloger, bloger menggunakan website untuk keperluan pribadi seperti membuat konten, dengan tujuan untuk menghasilkan uang melalui adsense, blog bisa digunakan oleh pribadi maupun bisnis untuk memperkenalkan produk mereka melalui konten. Artikel yang sedang kamu baca ini adalah sebuah website blog.

 

Portfolio website

 

cara membuat website portfolio

 

porfolio website sebagai tolak ukur profesionalisme seseorang (sumber: webflow)

 

Bagi profesional, portfolio website menjadi sangat penting untuk membangun reputasi di mata client, baik itu karyawan maupun freelancer. Portfolio website digunakan untuk mengunggah karya-karya kamu sebagai tolak ukur profesionalisme di mata client. 

 

Website berita

 

cara membuat website berita

website berita sebagai sarana informasi yang cepat (sumber: Badoy Studio)

 

 mungkin kamu sudah sering melihat website berita seperti, liputan6.com, kompas.com, cnbcindonesia, dan masih banyak lagi. Bahkan banyak orang yang memulai bisnisnya di website berita, hal ini karena setiap orang pasti membutuhkan informasi, website-website berita ini biasanya memberikan informasi terupdate tentang berita apa yang sedang ramai. 

 

Bagaimana, sudah ada bayangan ingin membuat website yang mana? Jika sudah, simak poin berikutnya.

 

Cara Membuat Website Dengan Mudah

 

Pilih CMS untuk membuat website tanpa coding

 

cara membuat website dengan wordpres

 

wordpress adalah cms yang paling banyak digunakan untuk membuat website (sumber: techno center)

 

Bagaimana cara membuat website tanpa coding, itulah sebab mengapa kamu ada di artikel ini. Jawabannya adalah menggunakan Content Management System (CMS) seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya, CMS yang paling populer adalah WordPress, CMS inilah yang akan kita gunakan untuk membuat website kali ini.

 

Singkatnya penggunaan wordpress adalah untuk memudahkan siapa saja yang ingin membuat website tanpa harus menguasai programming. Apa itu programming? Baca di : 

 

Dan kabar baiknya adalah kamu bisa membuat website gratis menggunakan wordpress. Walaupun gratis bukan berarti website yang dihasilkan tidak bagus, banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan wordpress untuk membuat website company mereka. SONY salah satunya.

 

Pilih layanan hosting terbaik

 

Setelah menentukan jenis website yang akan kamu buat, dan memilih WordPress untuk membuat websitenya, langkah selanjutnya adalah memilih layanan hosting yang tepat dan terbaik.

 

Sebelumnya kamu harus mengerti terlebih dahulu apa itu hosting, cara kerja hosting serta jenis dan fungsinya. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan di : Jangan Asal Pilih! Perhatikan 8 Hal Berikut Saat Memilih Hosting.

 

Sekarang kamu bisa menentukan jenis hosting yang akan kamu gunakan untuk penyimpanan data pada website kamu.

 

Tentukan nama domain

 

Domain merupakan nama dari website kamu yang berfungsi sebagai identitas website kamu. Domain berfungsi untuk memudahkan orang yang ingin mengunjungi website kamu. Jika sebelumnya hosting berfungsi sebagai rumah, maka untuk menemukan rumah tersebut kamu harus mempunyai alamat kan? Nah, domain inilah yang berfungsi sebagai alamat dari website kamu.

 

Ada banyak pilihan domain yang tersebar, ada yang gratisan dan juga berbayar. Namun, domain yang gratisan tentu banyak kekurangannya dibandingkan dengan yang berbayar, seperti, nama domain yang terlalu panjang, dan tingkat keamanan domain itu sendiri juga dinilai kurang baik.

 

Begitupun dengan harga domain itu sendiri juga beragam, mau tahu domain .com dengan harga mulai dari 145rb Cek disini. Di Jetdino kamu cukup membeli hosting sudah bisa mendapatkan domain gratis. 

 

Install CMS yang sudah dipilih

 

Kali ini Jetdino akan memberikan tutorial cara membuat website menggunakan CMS wordpress dan berikut ini adalah cara install wordpress melalui cPanel. 

 

  • Unduh file instalasi wordpress pada situs resmi. Buka situs resmi WordPress, kemudian unduh file instalasi, setelah selesai file wordpress yang kamu unduh akan berupa file zip.
  • Akses file manager cPanel kamu
  • Buka directory public_html pada kolom sebelah kiri, lalu pada menu bar klik tombol upload
  • Pilih file zip wordpress yang telah diunduh sebelumnya
  • Setelah berwarna hijau, klik go back di kanan bawah
  • Extract file zip yang sudah di upload tadi, klik kanan dan pilih extract
  • Untuk dapat mengakses blog melalui domain kamu, kamu harus memindahkan semua file di folder wordpress ke direktori public_html.
  • Pilih semua file di folder wordpress, klik kanan dan pilih move. Kemudian kamu akan ditampilkan tujuan dari folder tersebut yaitu public_html/wordpress. Yang harus kamu lakukan adalah menghapus kata wordpress lalu klik move.
  • Setelah dipindahkan kamu bisa menghapus folder wordpress dan file zipnya.

 

Tentukan tema yang menarik

 

Tema yang menarik tentu akan sangat berpengaruh bagi seberapa sering orang akan mengunjungi website kamu, tema juga dapat menjelaskan jenis website yang kamu buat. Di dalam wordpress tersedia banyak tema gratis dan juga berbayar, kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

 

Optimasi SEO agar website anda mudah ditemukan

 

SEO atau search engine optimization adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi website kamu pada laman pencari google, artinya SEO berguna untuk membuat website kamu mudah ditemukan, dan bersaing dengan website lainnya. 

 

  • Buat sitemap

 

Sitemap adalah sebuah daftar situs yang dapat diakses oleh user dan search engine, fungsi sitemap adalah untuk memudahkan user dan search engine mengenai semua halaman yang ada pada sebuah website. 

Yoast SEO dan sitemap XML adalah platform untuk membuat sitemap

 

  • Ubah permalink

 

Permalink default wordpress biasanya memiliki struktur yang panjang, seperti tanggal dan nama URL. 

 

Permalink yang baik dan disukai google adalah permalink yang pendek dan mengandung keyword, hal ini akan membuat website lebih mudah ditemukan. Lalu bagaimana cara memperbaiki permalink? Ini sangat mudah, kamu tinggal pergi ke setting, lalu pilih permalink, kemudian pilih radio button Post name dan klik save change, agar tidak kembali seperti semula.

 

  • Install plugin SEO

 

Plugin SEO akan memudahkan kamu untuk melakukan langkah-langkah optimasi, plugin SEO berfungsi sebagai acuan bagi kamu, plugin ini akan memberitahu kamu, jika terdapat hal-hal yang akan menghambat SEO. Ada banyak jenis dari plugin SEO salah satunya adalah Rankmath.

 

Perkuat keamanan website

 

Kamu tentu tidak ingin website kamu mengalami serangan-serangan cybercrime, seperti serangan DDoS, serang malware, virus, maupun serangan hacker lainnya. Karena hal itu akan sangat merugikan bagi website kamu. WordPress masih memiliki tingkat keamanan yang standar, untuk itu kamu harus meningkatkan upaya-upaya keamanan tambahan.

 

Ada banyak upaya yang harus kamu perhatikan, seperti : Gunakanlah password yang rumit, pilih penyedia layanan hosting yang memiliki fitur keamanan yang baik, install plugin keamanan dan banyak lagi.

 

Install google analytic

 

Google analytic berfungsi untuk memonitor performa website kamu, ketika kamu berhasil melakukan SEO tentu website kamu akan memiliki banyak pengunjung, dan traffic website kamu akan ramai. 

 

Dengan menggunakan google analytic kamu bisa mempelajari perilaku pengunjung website kamu, mulai dari konten seperti apa yang mereka sukai, berapa lama pengunjung berada di website kamu. Hal ini berguna untuk menentukan seperti apa konten yang akan kamu buat untuk menarik lebih banyak pengunjung nantinya.

 

Kamu Siap Membuat Website Sendiri!

 

Setelah kamu mengetahui tentang cara membuat website yang baik, sekarang kamu juga sudah mengetahui cara membuat website menggunakan wordpress. Dan sekarang kamu siap membuat website, setelah membuat website jangan lupa buat strategi konten yang menarik agar website kamu semakin banyak pengunjungnya. Bagaimana, ingin membuat website sekarang juga? Mulailah membangun website impian kamu dan jangan lupa juga gunakan layanan website terbaik dari Jetdino agar website kamu semakin lengkap.