blog posts

Seberapa Penting Website Bagi Kemudahan Akses Informasi Dan Bisnis?

Website : Kemudahan Akses Informasi Bagi Siapapun

 

kemudahan akses informasi dibuat oleh barners-lee

 

barners-lee penemu website pertama di dunia (sumber: cnbcindonesia)

 

Website merupakan bagian tak terpisahkan dari pesatnya perkembangan teknologi, hampir semua orang kini menggunakan website, mulai dari personal, bahkan semua perusahaan memilikinya. Hal itu tak terlepas dari kemudahan akses informasi yang didapat melalui website. Bahkan menurut survei yang dilakukan oleh Clutch, 78% bisnis menggunakan website sebagai sarana digital marketing mereka, itu karena, digital marketing melalui website dianggap lebih efektif untuk menjangkau target pasar yang dituju. 

 

Lalu sebenarnya apa itu website? Bagaimana website ditemukan? Apa saja yang ada di dalam website? Serta tips membuat website. Di artikel ini kamu akan menemukan jawabannya, kamu berada di blog Jetdino.com adalah salah satu bentuk kemudahan akses informasi yang kamu rasakan.

 

Apa Itu Website?

 

Website adalah sekumpulan halaman yang saling berhubungan yang berisi kumpulan informasi yang disediakan perorangan, kelompok atau organisasi. Artinya, website berarti sekumpulan informasi yang disimpan di internet, website bertujuan memberikan kemudahan akses informasi bagi siapapun. 

 

Cara mengakses website adalah dengan menuliskan informasi yang ingin kamu cari di laman pencarian google. Atau, kamu bisa menuliskan langsung alamat URL yang ingin kamu tuju. 

 

Seiring berkembangnya teknologi, website-website yang ada kini sudah semakin memberikan kemudahan akses informasi, mulai dari tampilan website yang sudah semakin bagus, sampai fitur-fitur yang ada di dalamnya pun sangat mudah untuk diakses oleh orang yang tidak mengerti tentang website sekalipun.

 

Lalu apakah kamu pernah penasaran sebenarnya bagaimana website itu ditemukan? Simak penjelasan di bawah ini.

 

Sejarah Website

 

Situs web pertama ditemukan pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee, website tersebut kemudian dinamakan dengan World Wide Web. Website tersebut hanya menampilkan informasi tentang dirinya, tim ilmuwan, sejarah projek mereka, dan lain-lain. 

 

Tujuan website ini dibuat yaitu untuk memberikan kemudahan akses informasi bagi para peneliti di tempatnya bekerja, dan belum diperkenalkan kepada khalayak. Website pertama kali dirilis untuk umum dan bisa diakses secara gratis oleh siapapun pada 30 April 1993. Dari situlah awal mula perkembangan website sampai seperti sekarang. 

 

Kemudahan Akses Informasi bagi peniliti di tempat berners bekerja

 

tampilan website pertama yaitu World Wide Web (sumber: World Wide Web)

 

Lalu ada apa saja di dalam website?

 

Unsur-unsur Website

 

Agar website kamu bisa diakses oleh orang lain, website kamu membutuhkan unsur-unsur penting untuk membuatnya online. Diantaranya :

 

1. Domain

Kamu pasti sering mendengar tentang Domain, tapi masih bingung Domain itu apa?

Domain adalah nama atau alamat sebuah website yang diakhiri dengan ekstensi seperti .com .co.id dan masih banyak lagi. 

 

Nama Domain biasanya digunakan sebagai identitas dari sebuah website, contohnya nama brand, nama pemilik website, atau nama sebuah perusahaan. Sebenarnya nama website boleh menggunakan nama apa saja, yang penting nama tersebut memberikan kemudahan akses informasi dan tentu menarik bagi orang yang akan mengunjungi website kamu. 

 

Domain sendiri ada yang tidak berbayar dan berbayar, bedanya domain yang gratisan biasanya memiliki nama yang sangat panjang. Dan tidak efisien dalam optimasi SEO untuk website dan tentu menghambat kemudahan akses informasi bagi user.

 

2. Hosting

 

Hosting adalah tempat penyimpanan semua file dan data website sebagai kemudahan akses informasi bagi user di Internet. File dan data ini dapat berupa apapun, seperti gambar, email, script, aplikasi, video, database, dan lain sebagainya. Hosting ini juga bisa dianalogikan sebagai rumah dari suatu website yang menyimpan komponen dalam rumah agar menjadi satu kesatuan yang utuh.

 

Banyak jenis dari Hosting untuk lebih jelasnya Baca : Inilah Definisi Hosting, Lengkap Dengan Pengertian, Jenis dan Fungsinya!

 

3. Konten

 

Tujuan dari website adalah untuk kemudahan akses informasi, demi terjadinya kemudahan tersebut, maka website yang kamu buka harus memiliki konten. Konten merupakan sebuah display item-item tertentu yang ditampilkan untuk user. Misalkan kamu membuka website belanja online, gambar produk serta informasi lainnya yang kamu lihat adalah merupakan bentuk dari konten. 

 

Halaman pertama yang kamu lihat pada saat membuka website disebut homepage, dan di dalam homepage terdapat landing page, landing page merupakan bentuk dari konten. Biasanya landing page dibuat khusus untuk keperluan pemasaran digital, isi dari landing page berupa copywriting menarik yang secara spesifik mengarahkan pelanggan untuk membeli produk tertentu. 

 

4. Coding

 

Coding atau disebut juga bahasa pemrograman merupakan rangkaian kode yang ditulis untuk membangun sebuah website, ada banyak sekali bahasa pemrograman di dunia. Website itu sendiri biasanya dibangun menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript dan masih banyak lagi bahasa pemrograman lainnya. 

 

Namun bahasa pemrograman cukup sulit dipelajari, seiring berkembangnya kemudahan akses informasi, sekarang untuk membangun sebuah website bisa tidak membutuhkan coding, ada yang dinamakan CMS atau Content Management System, yaitu sebuah software untuk mengatur sebuah konten website. WordPress merupakan sebuah CMS yang paling populer.

 

4. Tampilan

 

Tampilan menjadi salah satu unsur yang penting dalam sebuah website, hal inilah yang akan menentukan website kamu akan banyak pengunjungnya atau tidak. User menginginkan kemudahan akses informasi, namun desain sebuah website juga tidak kalah penting untuk menentukan kredibilitas website kamu. 

 

Sama halnya ketika kamu ingin membeli suatu produk, maka hal pertama yang kamu lihat adalah bentuk dari produk tersebut, seperti desain, warna termasuk kemudahan cara menggunakannya. Begitu juga sebuah website, selain desain yang harus menarik kemudahan akses informasi juga harus user friendly.

 

Tips Membuat Website Yang Baik

 

Membuat website bisa menggunakan coding dan CMS, ada banyak tutorial membuat website di internet, namun pada artikel ini Jetdino tidak akan memberikan tutorial membuat website, namun beberapa tips membuat website yang baik.

 

Hompage

 

homepage harus memberikan kemudahan akses informasi

 

contoh hompage website dari Jetdino.com

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Homepage merupakan halaman pertama yang dilihat user saat membuka website, menurut survey user akan menentukan melanjutkan berada di website kamu atau tidak dalam 3 detik. Maka dari itu buatlah homepage dengan desain yang menarik dan memberikan kemudahan akses informasi bagi user.

 

Kesan pertama yang baik bisa didapatkan jika di dalam homepage website kamu terdapat item-item yang menggambarkan secara langsung jenis website tersebut. Dalam homepage website yang harus ada item-item ini :

 

  • Logo Website (brand kamu)
  • Menu
  • Produk 
  • Tentang Brand Kamu
  • Testimoni Jika Ada
  • Form Kontak
  • Widget Share Ke Sosmed

 

Navigasi

 

Navigasi merupakan struktur website yang terletak di bagian atas website, navigasi berfungsi untuk memberikan kemudahan akses informasi seperti menuju menu yang tidak ada di halaman homepage. Navigasi biasanya terdiri dari dua, yaitu menu dan breadcrumbs, menu berfungsi untuk mengakses halaman yang tidak ada di halaman homepage, sedangkan breadcrumbs berfungsi untuk menunjukan letak spesifik halaman pada website.

 

Visual Dan Ilustrasi

 

Website yang bergambar tentu akan lebih menarik daripada website yang hanya ada warna, menggunakan ilustrasi dan visual gambar yang baik tentu akan membuat user betah berlama-lama di website kamu. Namun, kamu harus perhatikan beberapa hal sebelum menggunakan gambar pada website kamu.

 

  • Gunakan tone dan warna yang sesuai dengan warna website kamu
  • Sesuaikan resolusi agar website kamu tidak berat
  • Pastikan gambar bebas copyright
  • Sering membuka website behance untuk mencari referensi

 

Font

 

Gunakan kombinasi font pada website kamu, website yang hanya menggunakan satu font tentu akan sangat monoton dan kurang menarik. Pilihan font yang tepat juga akan memberikan rasa nyaman kepada user yang membaca konten website kamu.

 

Mobile Friendly

 

Website yang baik tentu tidak bisa hanya dibuka melalui laptop atau pc, karena tidak semua orang menggunakannya. Namun perangkat mobile seperti handphone tentu sudah bukan hal yang asing lagi, maka, website yang mobile friendly sangat penting untuk menjangkau lebih banyak user. Selain itu, kemudahan akses informasi akan bisa dibuka dimana saja dan kapan saja.

 

Website sangat penting bukan? Mulai dari kemudahan akses informasi, sampai proses marketing sebuah brand. Lalu apakah kamu memiliki sebuah bisnis yang sedang berkembang? penggunaan website menjadi sangat tepat bagi perkembangan bisnis kamu, dengan website kamu bisa menjangkau lebih banyak target pasar bagi bisnis kamu. 

 

Buatlah website dengan hosting dari Jetdino, membangun website profesional dengan hosting dari Jetdino akan membuat website kamu tidak lemot seperti siput, aman dari serangan hacker, dan layanan customer care selama 24/7. 

 

Yakin masih mau nunggu? Segera gunakan layanan hosting di Jetdino.