blog posts

Hebat Inilah 1 Cara Cepat Mendapatkan Tempat Penyimpanan Data : Colocation Server

 

tempat penyimpanan data atau colocation server

server yang sering digunakan salah satunya adalah colocation server (sumber: http://antmediahost.com)

 

Seiring dengan berkembangnya sebuah perusahaan, maka kebutuhan untuk menunjang informasi juga meningkat. Server menjadi salah satu yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Server merupakan tempat penyimpanan data, server yang sering digunakan salah satunya adalah colocation server.

 

Ketika perusahaan kamu mempunyai sebuah website, kamu pasti tidak asing dengan istilah Domain dan juga Hosting. Selain Domain dan Hosting, Server juga penting bagi sebuah website untuk tempat penyimpanan data website, termasuk colocation. 

 

Pengertian Hosting Baca Di Sini : Inilah Definisi Hosting, Lengkap Dengan Pengertian, Jenis dan Fungsinya!

 

Jika kamu sedang mencari tahu tentang colocation server, maka kamu sudah berada di artikel yang tepat, Jetdino akan menjelaskan secara detail tentang pengertian colocation server.

 

Pengertian Colocation Server

 

Colocation server adalah layanan penitipan dan pengelolaan server, colocation server biasa digunakan untuk membantu perusahaan menyediakan tempat penyimpanan data server tanpa perlu memikirkan pengelolaan serta keamanannya, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab si penyedia layanan. Singkatnya perusahaan tetap bisa mempunyai server walaupun tidak mengelolanya secara langsung.

 

Colocation berarti berupa tempat penyimpanan khusus untuk server, dengan infrastruktur pendukung untuk menjaga server tetap aman. Maka biasanya colocation server ditempatkan pada suatu tempat penyimpanan data yang tingkat keamanannya cukup ketat.

 

Karena colocation server adalah tempat penyimpanan data, umumnya colocation server disusun sedemikian rupa pada rak tertentu pada ruangan dengan pengontrol suhu untuk mengoptimalkan kinerja server, selain itu colocation server juga membutuhkan koneksi internet, arus listrik, power generator dan sebagainya.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Tempat Penyimpanan Data Colocation Server

 

Kelebihan Colocation Server

 

Skalabilitas

 

Berkembangnya sebuah website perusahaan memaksa kamu untuk meningkatkan fasilitas dan infrastruktur termasuk tempat penyimpanan data untuk lebih memadai, colocation memungkinkan kamu untuk meningkatkan kebutuhan tersebut.

 

Efisiensi

 

Sesuai dengan pengertiannya, layanan server satu ini jelas bisa menghemat biaya dan dan tenaga. Artinya kamu tidak perlu lagi menyediakan tempat penyimpanan data yang sesuai kriteria colocation server, kamu juga tidak perlu membayar tim pengelola server.

 

Reliabilitas

 

Resiko terjadinya masalah listrik bisa kapan saja terjadi, karena server colocation di tempatkan di tempat penyimpanan data yang proper, maka, masalah-masalah terkait arus listrik akan bisa dihindari. 

 

Performa

 

Colocation server menawarkan performa tingkat tinggi, seperti kecepatan, up-time, serta tersedia dengan level bandwith yang sangat besar, sehingga kamu tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan data yang banyak. 

 

Keamanan

 

Penyedia layanan colocation server tentu telah menjamin keamanan dengan high security, baik fisik maupun non fisik secara realtime 24/7. Hal ini tentu akan membuat tempat penyimpanan data kamu terjamin keamanannya.

 

Kekurangan colocation server

 

Kontrol dan Akses

 

Karena kamu telah mempercayakan kepada penyedia layanan colocation server, maka kamu telah bersedia mengikuti peraturan yang diberikan penyedia layanan. Penyedia layanan biasanya memberikan ketentuan jadwal kunjungan. Sehingga kamu tidak bisa leluasa mengelola dan mengontrol setiap waktu, hal ini juga demi keamanan tempat penyimpanan data tersebut. 

 

Colocation server biasanya berlokasi di kota-kota besar, hal ini akan menghambat kamu untuk mengunjungi penyedia layanan tempat penyimpanan data tersebut jika lokasi perusahaan, atau tempat tinggal kamu berada di luar kota dari lokasi colocation server. 

 

Jenis-jenis Colocation Server

 

Managed Colocation

 

Managed colocation merupakan jenis server yang pengelolaannya menggunakan software yang telah disediakan oleh penyedia layanan. Managed colocation menawarkan kemudahan dalam pemeliharaan server, kekurangannya, jenis ini hanya mengizinkan software yang didukung oleh server, server bisa mengalami kendala jika software yang digunakan tidak didukung

 

Layanan ini sangat cocok untuk orang awam yang belum memiliki pengetahuan tentang cara mengelola server.

 

Unmanaged Colocation

 

Jenis ini merupakan kebalikan dari managed colocation, jenis ini tidak membutuhkan dukungan penyedia layanan untuk kontrol dan konfigurasi server. Pada dasarnya, unmanaged colocation menawarkan fleksibilitas tinggi, karena membuat kamu mudah untuk mengatur server. Namun kamu harus menyediakan software dan hardware pendukung secara mandiri. 

 

Apa Itu Colocation Server Jetdino ?

 

Jetdino menghadirkan layanan Colocation Server yang punya akses cepat dan lokasi yang strategis, dengan layanan keamanan tingkat tinggi, dan support 24/7 hadir dengan banyak pilihan fitur, yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu, Jetdino siap menjadi solusi penyimpanan untuk server. 

 

Cara Mendapatkan Layanan Colocation Server Jetdino

 

Membeli layanan colocation server jetdino cukup mudah, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini :

 

tempat penyimpanan data

  • Klik menu server

tempat penyimpanan data, klik server

  • Pilih colocation server
  • Pilih colocation server yang kamu inginkan 

pilih colocation server atau tempat penyimpanan data

  • Pilih jangka waktu pembayaran
  • Pilih Addon IPs 

dapatkan server tempat penyimpanan data dengan harga terjangkau

  • Pilih lokasi data center yang terdekat dari lokasi kamu
  • Pilih jumlah additional power yang kamu butuhkan
  • Pilih internet port
  • Buat hostname dan password root
  • Jika semua sudah sesuai klik continue *kamu akan diminta register atau login

 

*Addon IPs adalah jumlah IP yang akan kamu dapatkan 

 

Sekarang, kamu bisa mendapatkan layanan colocation server semudah belanja online, kamu bisa membelinya dari mana saja, tanpa khawatir jarak yang harus ditempuh. Jika masih bingung, customer support siap membantu kamu.

 

Itulah pengertian, kelebihan dan kekurangan, jenis-jenis colocation server, serta cara mendapatkan colocation server yang mudah.