blog posts

Jangan Asal Pilih! Perhatikan 8 Hal Berikut Saat Memilih Hosting.

 

tips yang baik saat memilih hosting

Kegunaan hosting hampir mirip dengan file manager pada handphone atau komputer kamu (sumber: http://freepik.com

Hosting atau layanan hos web adalah jasa layanan yang berfungsi untuk menyimpan file atau data website, sehingga memungkinkan siapa saja untuk menampilkan informasi di internet. Kegunaan hosting hampir mirip dengan file manager pada handphone atau komputer kamu. Jadi ketika kamu ingin membuat sebuah website, untuk bisa menampilkannya di internet maka kamu membutuhkan layanan hosting. Ada banyak sekali penyedia layanan hosting, namun, jangan asal pilih! Perhatikan hal berikut saat memilih hosting.

 

Penting! Perhatikan hal berikut saat memilih hosting. Seperti, profesionalisme perusahaan penyedia layanan hosting tentu sangat penting bagi management blog atau website kamu. Apalagi, kamu sembarangan memilih tanpa mencari tahu terlebih dulu tentang layanan yang diberikan. Tidak sedikit perusahaan penyedia layanan hosting abal-abal diluar sana yang hanya mementingkan keuntungan tanpa memperhatikan layanan mereka. 

 

Perhatikan hal berikut saat memilih hosting, agar tidak menyesal

 

Customer Support

 

Bagi individu maupun perusahaan, mungkin akan merasa sangat kesal jika ada problem atau error yang tidak dimengerti pada website atau blog. Atau, kamu ada pertanyaan-pertanyaan terkait hosting yang kamu gunakan. Nah, disinilah pentingnya tugas customer support, carilah layanan hosting yang memiliki tim customer support yang cepat tanggap, agar kamu bisa secara cepat menemukan solusi dari masalah terkait website atau blog kamu. Untuk itu selalu perhatikan hal ini saat memilih hosting.

 

Backup

 

Saat memilih hosting kamu harus perhatikan tentang backup, backup menjadi sangat penting karena, jika tiba-tiba terjadi sebuah error pada website kamu, atau mungkin kamu lupa menyimpan saat kamu membuat blog, maka dengan backup tersebut data kamu akan tetap aman dan tidak akan hilang.

Kamu juga bisa menanyakan kepada customer support seberapa sering mereka melakukan backup. Jadi kamu tidak perlu khawatir kehilangan data kamu jika tiba-tiba website kamu terjadi error. 

 

Speed

 

Kecepatan jadi salah satu hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan saat memilih hosting, hal ini berguna untuk citra website kamu bagi user, apalagi website kamu baru saja dibuat. Karena siapa yang suka jika website yang mereka gunakan berjalan dengan lambat dan lag, tentu tidak ada, semua orang yang mencari informasi di internet tentu akan lebih memilih website yang cepat. Kecepatan juga akan sangat berpengaruh bagi optimasi SEO website kamu.

 

Security

 

Tentu kamu sering mendengar tentang website yang dibajak oleh hacker, apakah sekarang kamu menjadi khawatir tentang keamanan website kamu? Website yang dibajak tentu akan sangat merugikan, maka dari itu kamu harus memperhatikan aspek-aspek keamanan website kamu, termasuk saat memilih hosting. Pemilihan hosting tentu sangat berpengaruh bagi keamanan website kamu, karena semua data dari website kamu disimpan disana. Selain ancaman hacker, banyak juga ancaman-ancaman lainnya, seperti antivirus, malware, dll. Carilah website yang memiliki tingkat keamanan paling baik, kamu bisa tanyakan langsung kepada customer support layanan hosting yang akan kamu gunakan, seperti apakah hosting tersebut memiliki fitur antivirus, apakah layanan hosting tersebut memiliki tenaga profesional terkait keamanan website, serta fitur keamanan apa saja yang ditawarkan. Hal ini harus selalu jadi pertimbangan kamu saat memilih hosting.

 

Waspada! inilah : 12 Jenis Virus Komputer Ini, Yang Harus Kamu Waspadai!

 

Storage

 

Perhatikan kapasitas  saat memilih hosting, memilih kapasitas atau penyimpanan hosting kamu yaitu tergantung dari seberapa banyak kebutuhan kamu untuk web tersebut dan juga budget yang kamu sediakan untuk membeli sebuah layanan hosting. Idealnya sebuah website menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar 3 sampai 4GB dan untuk blog sebesar 1GB. Pastikan penyedia layanan hosting kamu memiliki variasi kapasitas hosting. 

 

Price

 

Sama seperti kamu membeli sebuah barang, mungkin jargon yang sering digunakan yaitu, “ada harga, ada kualitas”. Namun, bukan berarti kamu harus selalu membeli layanan hosting yang mahal, saat memilih hosting, carilah harga yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu, lebih baik membayar mahal tapi kamu puas dengan layanan hosting tersebut. Daripada tergiur dengan harga yang murah namun tidak sebanding dengan kualitas layanan yang diberikan.

 

Server

 

Server website yang sering down perlahan akan mulai ditinggalkan pengguna, server yang sering down disebabkan oleh jumlah pengunjung yang terlalu banyak, hal ini biasanya disebabkan oleh kapasitas yang tidak memadai, dan kualitas server hosting yang buruk. Server jadi salah satu faktor yang wajib kamu perhatikan saat memilih hosting. Kamu tentu tidak ingin website kamu sering down, yang tentu akan menghambat segala aktivitas pada website kamu dan akan membuat kamu pusing. Server yang down menjadi kerugian besar untuk website kamu, karena bisa menurunkan performa website dan sangat berpengaruh bagi SEO.

 

Alasan kenapa kamu harus hati-hati saat memilih hosting.

 

Apa pengaruh yang saya dapatkan ketika saya asal memilih hosting, kan yang penting murah?. Mungkin kamu pernah berpikir seperti itu. Namun, perlu kamu tahu bahwa hosting yang buruk akan mempengaruhi performa website kamu. Saat memilih hosting yang buruk, perlahan performa website kamu akan semakin menurun, hal ini karena hosting yang buruk akan mempengaruhi kinerja website kamu. Dampaknya adalah, website kamu akan sulit ditemukan pada mesin pencarian google, meskipun kamu sebenarnya sudah melakukan upaya-upaya optimasi SEO. Hal ini karena, performa website merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Google memiliki tools yang bernama Web Crawler, tools ini secara berkala akan mengunjungi website kamu, bayangkan! bagaimana jika saat tools ini berkunjung, karena kamu tidak memperhatikan hal-hal di atas saat memilih hosting. Yang akan terjadi adalah :

 

 Website kamu lag

 

Menurut survey, pengguna akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari tiga detik. Ketika kamu asal-asalan saat memilih hosting, bisa saja kamu memang memilih hosting yang tepat, namun itu tidak dapat dipastikan. Dan jika ternyata yang kamu pilih adalah hosting yang buruk, maka tentu saja website kamu akan terasa sangat lambat dan lag. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti, kualitas server yang jelek, hardware dengan spesifikasi yang minim, bandwidth terbatas, dan masih banyak faktor lainnya. 

 

Lalu apa pengaruhnya bagi SEO?, jelas berpengaruh, seperti yang sudah Mindo jelaskan sebelumnya, bahwa performa website adalah salah satu faktor penting bagi SEO. Maka dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut saat memilih hosting akan menentukan bagaimana performa website kamu kedepannya.

 

Server sering down

 

Server down saat google Web Crawler melakukan indexing pada halaman web anda. Hal ini jelas akan langsung mempengaruhi performa web kita. Diibaratkan, ketika Bos mengunjungi tempat kamu bekerja, namun kamu tidak berada ditempat dan tempat kamu berantakan. Hal tersebut tentu akan membuat kamu sulit untuk bersaing dengan karyawan-karyawan lainnya. Begitu juga website, jika saat memilih hosting, server hosting yang kamu pilih sering downtime, maka hal tersebut akan membuat website kamu sulit bersaing dengan website-website lainnya untuk berada dipuncak pencarian.

 

Tingkat keamanan yang buruk

 

Kamu mungkin sering melihat atau pernah membuka website yang saat di klik akan ada peringatan tidak aman dari google. Seperti, “your connection is not private” atau bahkan yang lebih parah “your website was hacked”. Hal tersebut karena memang google melarang pengguna untuk membuka situs yang tidak aman. Peringatan tidak aman akan muncul ketika website yang kamu klik dianggap tidak aman oleh google, salah satu faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut adalah hosting yang tidak berkualitas. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi pada website kamu!. Belum lagi ancaman kejahatan internet atau cyber crime, itulah sebabnya kamu harus benar-benar memperhatikan faktor keamanan saat memilih hosting.

 

 

Customer support tidak fast respon

 

Ketika ada hal-hal yang terjadi terkait layanan hosting yang kamu gunakan, dan kamu sudah mencoba langkah-langkah troubleshooting namun belum juga menemukan solusi. Maka kamu mungkin harus menghubungi customer support dari layanan hosting yang kamu gunakan, namun, saat kamu mencoba menghubungi customer support tersebut, kamu tidak mendapatkan respon atau keluhan kamu direspon setelah beberapa hari misalnya, sedangkan kamu membutuhkan bantuan cepat. Tentu hal tersebut akan sangat menghambat aktivitas kamu. Kualitas customer support layanan hosting juga harus kamu perhatikan saat memilih hosting jika kamu tidak ingin hal tersebut terjadi. 

 

Setelah membaca artikel ini apakah kamu masih akan memilih hosting yang abal-abal? Mindo yakin sih tidak!. Jika menginginkan layanan terbaik saat memilih hosting perhatikan hal berikut ini. 

 

Seperti apa hosting yang terbaik itu?

 

Hosting yang terbaik adalah hosting yang bisa menunjang seluruh kebutuhan website kamu. Kamu masih bingung? Disini Mindo bantu jelaskan buat kamu.

 

Pilih hosting yang sudah memiliki fitur kecepatan terbaru

saat memilih hosting, perhatikan web server yang digunakan

survey membuktikan LiteSpeed mampu mengungguli Apache dan Nginx (sumber: http://blog.litespeed.com)

 

Web server yang mungkin sering kamu dengar dan yang paling umum digunakan adalah Apache dan NginX, tapi tahukah kamu, bahwa ada web server yang lebih cepat dari dua web tersebut, yaitu LiteSpeed. LiteSpeed saat ini mulai populer digunakan untuk membangun situs web, saat ini pengguna LiteSpeed sudah lebih dari 4 juta pengguna. Hal ini dikarenakan LiteSpeed memiliki fitur-fitur yang lengkap dan memiliki kinerja yang cukup handal, sehingga, LiteSpeed mampu bersaing bahkan mengungguli dua web server tadi. Jadi saat memilih hosting, pilihlah hosting yang menggunakan LiteSpeed.. 

 

Pilih Hosting Yang Mudah Dikelola

cpanel bagus untuk pemula saat memilih hosting

panel kontrol pada layanan hosting yang memiliki tampilan grafis yang memudahkan proses hosting pada sebuah web (sumber: http://cpanel.net)

 

Bagi pemula, mungkin akan sedikit bingung untuk mengontrol dan mengelola layanan hosting. Maka dari itulah saat memilih hosting carilah hosting yang memiliki tampilan grafis yang mudah bagi pemula, adapun hosting yang tidak terlalu sulit untuk pemula biasanya sudah memiliki fitur cPanel Hosting Control. cPanel Hosting Control adalah panel kontrol pada layanan hosting yang memiliki tampilan grafis yang memudahkan proses hosting pada sebuah web. 

 

Memiliki Imunify Antivirus

imunify antivirus harus ada saat memilih hosting

merupakan antivirus berteknologi tinggi dan alat monitoring keamanan pada websites (sumber: http://imunify360.com)

 

Tentu kamu tidak ingin website kamu terserang virus yang mengancam kelangsungan hidup website kamu. Untuk itu saat memilih hosting, pilihlah hosting yang sudah dilengkapi dengan antivirus bawaan.

 

Tahukah kamu? Semua fitur sudah lengkap dimiliki oleh Jetdino hosting, selain tiga fitur tersebut, Jetdino juga memiliki fitur lainnya seperti, JetBackup, PHP Selector, dan CloudLinux, yang akan semakin menunjang kebutuhan website kamu. Selain itu Jetdino menjadi salah satu hosting terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau, serta memiliki beberapa pilihan hosting, yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan kamu. Beli Sekarang