blog posts

12 Jenis Virus Komputer Ini Sangat Berbahaya, Dan Harus Kamu Waspadai!

Pernahkah kamu mendengar tentang virus komputer?. Menurut Wikipedia virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Seperti halnya virus pada manusia, virus komputer ini juga bisa merugikan pengguna komputer jika tidak ditangani dengan serius. 

 

 

Macam-macam virus komputer ini harus diwaspadai, serta langkah-langkah pencegahan dan cara mengatasinya.

 

1. Worm Virus

worm virus bekerja seperti cacing

worm virus bekerja seperti cacing (sumber : dataprot.net)

Worm merupakan virus, virus komputer ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, seperti namanya, worm yang bila diartikan adalah cacing, yang dapat menggandakan dirinya secara terus menerus dan bisa pergi ke sela-sela mana saja di komputer, sehingga membuat penyimpanan semakin berat, virus ini biasanya tersebar melalui email yang terhubung ke jaringan internet tanpa adanya pihak ketiga.

 

2. Trojan Virus 

trojan virus

trojan adalah analogi dari kuda (sumber: idgit.com)

Virus ini dapat mengendalikan dan mengambil alih data pada komputer yang terjangkit serta dapat mencuri data seperti username dan password. Virus komputer ini sengaja dibuat oleh seseorang seperti hacker, biasanya disebarkan melalui email dan internet.

 

3. Backdoor Virus

 

backdoor virus

backdoor virus bersembunyi di belakang sebuah file (sumber: blog.ub.ac.id)

Seperti namanya Backdoor merupakan Virus Komputer yang tersembunyi di belakang sebuah file, virus komputer ini biasanya menyerupai file yang terlihat biasa dan tidak berbahaya, seperti game yang bisa bebas didownload di internet. Backdoor bekerja seperti mekanisme yang bisa mengakses sistem, aplikasi dan jaringan. 

 

3. Spyware Virus

spyware virus

spyware virus seperti mata-mata (sumber : stock.adobe.com)

Seperti halnya mata-mata, yang bekerja secara diam-diam untuk mengetahui sebanyak banyaknya informasi target, virus komputer ini biasanya menjangkit melalui software yang diinstal oleh hacker dan akan mengumpulkan data untuk dikirimkan kepada pembuatnya. Virus ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan koneksi internet menjadi semakin lambat dan tambahan biaya internet menjadi mahal.

5. Rogue Virus

fake software

rogue virus menyerupai software antivirus palsu (sumber : idotoffer.com)

Virus Komputer jenis Rogue biasanya menyerupai software antivirus biasa yang memberikan peringatan-peringatan palsu tentang virus yang terdeteksi pada komputer korban, software palsu yang merupakan virus komputer ini bertujuan agar penggunanya berlangganan, sehingga dapat menghasilkan uang bagi pembuatnya. Rogue juga dapat membuka celah-celah keamanan sehingga dapat mudah terjangkit virus yang lain.

 

6. Rootkit Virus

 

rootkit virus

 

rootkit virus susah ditemukan (sumber : istockphoto.com)

Rootkit merupakan jenis virus komputer yang berupa malware jahat yang dirancang untuk menghindari deteksi melalui antivirus biasa. Sehingga virus komputer ini memungkinkan untuk dapat mengakses proses berbahaya pada komputer, dengan niat tertentu dari sang penciptanya. Rootkit juga bisa memasang dirinya sebagai sistem operasi pada komputer pengguna.

 

7. Web Scripting Virus

web scripting virus

web scripting berbentuk kode pemrograman (sumber : stock.adobe.com)

Web Scripting adalah sebuah kode pemrograman yang digunakan untuk mengakses konten yang terdapat pada sebuah website. Kenapa Web Scripting digolongkan ke dalam virus komputer, hal ini dikarenakan virus komputer ini hanya muncul ketika komputer terhubung ke internet. 

 

8. Multipartite Virus 

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah

multipartite biasanya menyerang ram dan hardist (sumber : sumber : twitter.com)

Jika kamu merasakan ada yang tidak beres pada ruang penyimpanan komputer kamu, mungkin komputer kamu terjangkit virus yang disebut multipartite. Multipartite merupakan virus komputer yang mampu bersembunyi di dalam RAM, tentu saja karena ruang penyimpanan yang diserang maka akan membuat kinerja komputer kamu menjadi sangat lambat. Dan jika terlambat disadari, maka virus komputer ini akan menyebar ke hardisk dan mampu memformat hardisk tanpa kamu ketahui.

 

9. Memory Resident Virus 

memory resident

 

mirip dengan multipartite (sumber : cyberhoot.com)

 

Hampir mirip dengan multipartite, virus komputer yang satu ini juga biasanya menyerang RAM, dan efek yang ditimbulkan virus komputer ini pun hampir sama dengan virus multipartite karena dapat membuat kinerja komputer semakin lambat, dan dapat menginfeksi program-program komputer lainnya. Walaupun begitu untuk mengatasi virus ini tidak terlalu sulit.

 

10. FAT Virus 

fat virus

 

FAT bersembunyi di ruang penyimpanan pribadi (sumber : diengcyber.com)

 

FAT merupakan singkatan dari File Allocation Table yaitu virus komputer yang biasa bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi, FAT mempunyai kemampuan untuk menyembunyikan file tertentu sehingga seolah file tersebut terhapus atau hilang. Selain mampu menyembunyikan file tertentu, virus komputer ini juga dapat merusak file-file di komputer. 

 

11. Directory Virus

directory

 

menyerang file berekstensi .exe (sumber : pemmzchannel.com)

 

Pernah kamu mendengar bahwa file yang berekstensi .exe merupakan sebuah virus?. Ungkapan tersebut tidak salah namun tidak sepenuhnya benar. Tidak semua file yang berekstensi .exe merupakan sebuah virus, namun jika ada,  maka file tersebut telah terserang virus yang bernama Directory Virus, virus komputer ini memang biasanya menyerang file yang berekstensi .exe. Directory virus akan membuat file .exe hilang atau rusak saat sedang digunakan, jika virus ini sudah menyebar dan menginfeksi file lainnya, maka akan membuat komputer semakin berat, untuk mengatasi virus ini tidak bisa hanya dengan menghapus file atau melakukan scan dengan antivirus, untuk mengatasi Directory virus kamu harus menginstall ulang sistem operasi pada komputer kamu.

 

12. Companion virus

companion virus

 

virus yang bersembunyi di hardisk sulit ditemukan (sumber : bestantivirus.com)

 

Virus komputer ini biasanya bersembunyi di dalam hardisk dan akan sangat sulit untuk ditemukan, Virus ini dapat mencuri data-data pribadi kamu, kemampuan Companion virus adalah merubah dan merusak format data sehingga terlihat seperti sebuah situs web maupun aplikasi. Biasanya virus ini bersembunyi di antara file yang baru dibuat. 

 

Itulah macam-macam jenis virus yang harus kamu waspadai, dan simak langkah-langkah pencegahan berikut ini agar komputer kamu tetap aman.

 

1. Install antivirus terpercaya dan berbayar

 

Software atau aplikasi antivirus yang gratis memang banyak ditemukan di internet, namun tentu saja karena gratis banyak juga yang merupakan aplikasi palsu atau bahkan virus, dan jika memang ada tingkat keamanannya tidak seaman yang ditawarkan antivirus premium atau berbayar. Contoh software atau aplikasi antivirus yang umum digunakan dan sudah terjamin keamanannya, seperti SMADAV, AVAST, AVIRA ataupun antivirus sejenisnya. 

 

2. Aktifkan firewall bawaan komputer kamu

 

Selain virus ancaman berbahaya bagi komputer kamu tentu masih banyak lagi, untuk menghindari hal itu, selain menginstall antivirus di komputer kamu, kamu juga bisa mengecek apakah firewall pada perangakat kamu sudah aktif atau belum, nah, jika belum maka kamu bisa mengaktifkannya terlebih dahulu. Baca artikel tentang firewall dan cara menggunakannya 8 Jenis Firewall : Maksimalkan Keamanan Komputer Kamu!

 

2. Selalu matikan komputer setelah digunakan

 

Mematikan komputer setelah digunakan juga merupakan salah satu tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan, alasannya karena virus biasanya menyerang komputer saat komputer stand by dan terhubung ke internet, dengan mematikan komputer tentu saja akan memutus virus yang berusaha menyerang komputer kamu.

 

3. Jangan membuka email yang mencurigakan atau tidak jelas dari siapa

 

Email merupakan platform yang banyak digunakan oleh spammer atau bahkan hacker untuk mengirimkan link phising untuk memasukan virus pada komputer atau bahkan mencuri password kamu. Untuk mencegah hal itu terjadi, periksalah dulu pengirim email dan apa yang dikirimkan, jika pengirim merupakan orang yang bukan kamu kenal maka jangan sekali-kali mengklik link yang dikirimkan hanya untuk mengobati rasa penasaran kamu.

 

4. Download aplikasi hanya dari platform terpercaya

 

Biasanya pengguna komputer mencari aplikasi atau software di browser yang mereka miliki, karena lebih mudah dan cepat, namun yang harus diingat, tidak semua yang ada di internet dapat dipercaya begitu saja. lihatlah dulu url web yang kamu gunakan untuk mendownload aplikasi atau software, jika mencurigakan maka urungkan niat kamu untuk mendownload pada web tersebut, karena bisa jadi yang kamu download tersebut merupakan sebuah virus atau bahkan sebuah malware yang berbahaya. Download software dan aplikasi langsung pada website resmi software tersebut.

 

5. Jangan menggunakan free wifi untuk mendownload atau membuka aplikasi penting

 

Seperti namanya, free wifi berarti free dan tidak menggunakan keamanan apapun, itu artinya siapa saja bisa berselancar menggunakan free wifi tersebut, termasuk seorang hacker jahat. 

Jangan mengunduh atau menginstall apapun dengan free wifi, karena bisa jadi itu merupakan software atau aplikasi tiruan yang merupakan sebuah virus.

Jangan membuka aplikasi penting seperti mobile banking atau internet banking.

 

6. Install ulang

 

Jika komputer kamu terlanjur terserang virus, maka langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menginstall ulang sistem operasi komputer kamu dan.

 

Itulah beberapa tips dan langkah – langkah untuk mencegah komputer kamu tetap aman dari serangan virus.

 

Setelah mengetahui macam-macam jenis virus dan langkah-langkah pencegahannya, sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir terserang virus komputer, selama kamu tetap aware dan menjalankan langkah-langkah tersebut dengan baik, komputer kamu dijamin tetap nyaman digunakan dan aman dari serangan virus.

Baca juga 10 Virus Paling Berbahaya di 2022

 

sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3919613/12-jenis-virus-komputer-yang-perlu-diwaspadai-bisa-rusak-komputer.