blog posts

8 Jenis Firewall : Maksimalkan Keamanan Komputer Kamu!

8 Jenis Firewall : Maksimalkan Keamanan Komputer Kamu!

 

firewall untuk keamanan komputer kamu

firewall adalah sistem keamanan komputer (sumber : http://csoonline.com)

 

Seiring berkembangnya zaman, semakin pesat pula perkembangan teknologi informasi. Dikutip dari gramedia.com, Teknologi informasi adalah teknologi yang mempermudah manusia dalam menyampaikan informasi kepada satu sama lain secara cepat dan tepat. Apalagi di era digital seperti saat ini, manusia semakin mudah untuk mendapatkan informasi yang dicari, namun, dibalik kemudahan informasi tersebut, ternyata banyak bahaya yang tidak disadari. Seperti hacker atau orang jahat yang tidak bertanggung jawab, yang berusaha mencuri informasi dari pengguna komputer. Nah! untuk itu kamu harus berhati-hati dan berusaha sebisa mungkin untuk mengamankan komputer kamu. Sebaiknya segera tingkatkan keamanan komputer kamu dengan menggunakan firewall.

 

Pengertian Firewall

 

Firewall adalah sistem komputer atau perangkat lunak yang dirancang untuk melindungi keamanan komputer dari ancaman yang tidak diinginkan pada komputer kamu. 

Fungsinya tentu saja untuk mencegah akses yang tidak diinginkan ke dalam jaringan internal.

 

Jika kamu menggunakan firewall, maka, tidak ada siapapun yang akan bisa mengakses data pada komputer atau server web, firewall akan dengan sangat sigap memblokir usaha-usaha ancaman tersebut. Namun, tidak banyak orang yang waspada terhadap keamanan komputer mereka, sehingga, masih banyak yang belum meningkatkan keamanan komputer kamu dengan menggunakan firewall.

 

Fungsi Dan Pentingnya Firewall Bagi Keamanan Komputer Kamu

 

Mungkin kamu penasaran tentang seberapa baiknya keamanan komputer kamu dengan menggunakan firewall?. Banyak orang acuh terhadap keamanan komputer mereka karena belum pernah terkena ancaman seperti Spam, Malware, Virus, dll. Namun, banyak yang lupa bahwa serangan semacam itu bisa menyerang komputer siapa saja dan kapan saja, maka dari itu, lebih baik mencegahnya sebelum terjadi. Simak fungsi dan pentingnya firewall bagi keamanan komputer kamu berikut ini :

 

  • Mengamankan jaringan

 

Tanpa menggunakan firewall memang kita akan dengan mudah untuk berselancar di internet, termasuk berbagai situs web dll. Namun, tanpa penggunaan firewall, data yang kita kirim, memungkinkan alat seperti router, server, termasuk situs web yang sedang kita akses, dapat dengan mudah melihat data yang di transfer tersebut. Namun, setelah meningkatkan keamanan komputer kamu dengan menggunakan firewall, maka, data yang kamu kirim akan melalui firewall terlebih dahulu, dan melakukan pemeriksaan, seperti menyaring, memblokir, aktifitas yang dinilai berbahaya.

 

  • Menjaga kebocoran data pribadi

 

Kebocoran data penting sangat mengkhawatirkan, termasuk data pribadi, maupun dokumen perusahaan. Selain membantu keamanan komputer kamu, dengan menggunakan firewall juga berfungsi mencegah data-data penting yang ada di komputer kamu, dikirimkan ke pihak lain. 

 

  • Memblokir konten

 

Jika kamu tidak menginginkan sebuah konten internet seperti sebuah website, dengan menggunakan firewall, kamu bisa mengatur URL apa saja yang kamu inginkan dan yang tidak kamu inginkan. Dengan begitu kamu bisa menambah performa dan keamanan komputer kamu.

 

  • Layanan VPN

 

VPN (virtual private network) biasanya digunakan untuk membuka situs-situs yang di blokir atau tidak dapat diakses di negara yang kamu tempati. Selain itu menggunakan VPN juga bisa membuat lalu lintas internet dan keamanan komputer kamu lebih terjaga. Dengan menggunakan firewall, maka kamu tidak perlu repot-repot lagi membayar layanan VPN tambahan karena firewall telah menyediakan layanan tersebut.  

 

Jenis-jenis Firewall

 

Firewall memiliki berbagai jenis, kamu bisa memilih firewall yang sesuai dengan kebutuhan untuk keamanan komputer kamu. Berikut ini adalah jenis-jenis firewall.

 

  • Stateful Inspection Firewall

 

Stateful Inspection Firewall berfungsi mengecek sumber paket yang melewati TCP, dan kemudian membukanya, tingkat keamanan komputer kamu dengan menggunakan firewall ini juga terbilang tinggi, namun, karena itu juga akan mengurangi performa komputer kamu.

 

  • Circle Level Gateway

 

Circle level gateway mampu bekerja dengan mudah dan cepat, secara umum fungsi circle level gateway adalah membantu keamanan komputer kamu dengan cara memverifikasi TCP (Transmission Control Protocol), Jenis firewall ini dirancang untuk memastikan bahwa suatu sesi dari sebuah paket sah dan tidak berbahaya. Circle level gateway biasanya tertanam pada sebuah software, atau hadir bersama firewall lain.

 

  • Packet Filtering Firewall

 

Salah satu firewall yang paling tua adalah packet filtering firewall, seperti namanya filtering yaitu memfilter atau memvalidasi nomor port, IP, tipe, dan kebutuhan lainnya. Jenis ini merupakan salah satu firewall yang cukup ringan dan tidak berpengaruh bagi performa perangkat komputer kamu. Walaupun begitu jenis firewall ini dinilai menjadi salah satu yang terbaik bagi keamanan komputer kamu.

 

  • Next Generation Firewall

 

Jika sebelumnya adalah salah satu firewall yang paling tua, next generation firewall adalah yang terbaru, dan dinilai kekinian. Firewall jenis ini memiliki fungsi yang cukup lengkap, karena next generation firewall akan mengecek paket secara detail, mengevaluasi sumber paket, dan menentukan identitas sebuah paket. Pilihan firewall untuk keamanan komputer kamu yang satu ini, biasanya ada yang berupa hardware dan juga software. 

 

  • Proxy Firewall

 

Cara kerja dari proxy firewall bisa dibilang mirip dengan VPN, yaitu memproses sumber paket, dan juga isinya, lalu melakukan penilaian terhadap paket tersebut. Keamanan komputer kamu akan terasa berbeda sebelum dan sesudah menggunakan firewall ini.

 

  • Transparent Firewall

 

Firewall ini merupakan turunan dari statefull inspection firewall, itu berarti firewall ini bukanlah firewall murni. Namun, tidak perlu khawatir, firewall jenis ini menawarkan tingkat perlindungan cukup tinggi untuk keamanan komputer kamu. Biasanya firewall ini digunakan untuk perangkat yang sifatnya bukan pribadi.

 

  • Software Firewall

 

Seperti namanya, firewall ini berarti berbentuk software atau perangkat lunak, namun, jangan salah mengartikan, software firewall bukanlah software antivirus yang biasa kamu gunakan. Seperti yang dijelaskan pada pengertian firewall di atas, firewall berfungsi untuk memfilter atau mengendalikan jaringan yang bersifat tidak aman dan mencurigakan bagi keamanan komputer kamu. 

 

Ketahuilah, kelebihan dari software firewall yaitu, kamu bisa memasang software firewall yang berbeda di perangkat yang berbeda.

 

  • Hardware Firewall

 

Hardware firewall biasanya berbentuk mirip seperti router, firewall jenis ini juga mudah ditemukan di pasaran, dan bahkan sudah tersedia di marketplace. Hardware firewall sendiri memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dan tingkat perlindungan yang ditawarkan bagi keamanan komputer kamu. 

 

Manfaat Firewall

 

Sesuai dengan pengertian firewall, tentu saja firewall sangat bermanfaat bagi keamanan komputer kamu, diantaranya :

Mungkin Kamu Tertarik : 9 Cara Menghilangkan Malware di Komputer

  • Komputer tetap aman

 

keamanan komputer kamu terjamin dengan firewall

firewall membantu komputer kamu tetap aman (sumber: http://jagadmedia.com)

 

Saat ini kebutuhan memaksa kita untuk tetap terhubung ke internet, hal itu juga diiringi dengan resiko-resiko keamanan yang mengancam. Namun, Keamanan komputer kamu akan lebih terjamin dengan menggunakan firewall, hal ini karena firewall berfungsi sebagai filter ketika ada tindakan yang mengancam keamanan komputer kamu, seperti scam, spam, malware yang berusaha masuk kedalam perangkat kamu melalui jaringan dan internet.

 

  • Menghindari ancaman cybercrime

 

cybercrime ancaman untuk keamanan komputer kamu

 

cybercrime sangat merugikan pengguna komputer (sumber: http://idgit.org)

 

Cybercrime atau kejahatan dunia maya sedang marak-maraknya terjadi, hal ini disebabkan karena kamu yang awam terhadap keamanan komputer kamu. Cybercrime biasanya dilakukan oleh hacker yang berusaha mencuri data-data penting yang bisa menghasilkan uang, entah dengan menjualnya atau dengan memeras korban. Namun, kamu bisa mengantisipasi dan mencegahnya dengan menggunakan firewall. 

 

  • Mencegah konten berbahaya


melindungi keamanan komputer kamu dari konten berbahaya

hindari konten berbahaya bagi anak (sumber: http://now.breedie.com)

 

Sebagai orang tua apakah kamu sering khawatir jika anak kamu mengakses situs yang tidak diinginkan di internet, sejalan dengan fungsi dari firewall itu sendiri, yaitu memblokir konten yang tidak diinginkan. Penggunaan firewall sangat bermanfaat untuk keamanan komputer kamu, agar anak-anak terhindar dari akses terhadap situs atau konten berbahaya.

 

Itulah setidaknya tiga dari banyaknya manfaat firewall bagi keamanan komputer kamu.

 

Cara menggunakan firewall

 

Adapun untuk cara penggunaan firewall bagi kamu yang masih awam tentang keamanan komputer kamu yaitu, kamu bisa gunakan firewall bawaan komputer kamu yang bisa kamu aktifkan di pengaturan pada perangkat kamu. Atau, kamu bisa menggunakan software firewall mulai dari yang gratisan sampai yang premium seperti, ZoneAlarm Free Firewall, Comodo Firewall, AVS Firewall, TinyWall, Privat Firewall, dan masih banyak lainnya. Atau, jika kamu lebih suka yang simple, Hardware firewall bisa jadi pilihan kamu. Namun, sepertinya kamu harus merogoh kocek lebih banyak, karena harga untuk satu hardware firewall bisa sampai jutaan rupiah.

Sekarang kamu sudah mengetahui tentang apa itu firewall, jenis-jenis firewall, manfaat firewall, dan juga cara menggunakan firewall. Apakah sekarang kamu masih acuh terhadap keamanan komputer kamu? Atau kamu tidak ingin melewatkan untuk menggunakan firewall saat berselancar di internet. Sampai saat ini firewall masih menjadi salah satu keamanan komputer yang terbaik, untuk penggunaan sehari-hari firewall bawaan komputer kamu saja di rasa sudah cukup untuk keamanan komputer kamu. Jika kamu masih bingung setalah mencari cara untuk menggunakan firewall, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan pakar IT. Namun, menggunakan jasa pakar IT tentu akan menambah beban biaya kamu, kecuali kamu memang memiliki perusahaan dan butuh extra keamanan komputer kamu.