9 Cara Menghilangkan Malware di Komputer

share

9 Cara Menghilangkan Malware di Komputer. Siapa yang tidak khawatir jika komputer yang kita gunakan dapat terinfeksi virus? Memang benar, virus masih menjadi momok yang mengerikan bagi pengguna komputer karena virus dan malware dapat menyerang sistem komputer anda setiap saat. Oleh sebab itu anda perlu berhati-hati dan melakukan hal preventif sebelum komputer anda terinfeksi virus dan malware.

Melalui artikel ini anda akan mengetahui apa saja yang perlu anda lakukan jika komputer anda terserang virus ataupun malware. Berikut 9 cara menghilangkan malware di komputer yang perlu anda ketahui.

9 Cara menghilangkan Malware pada PC
9 Cara menghilangkan Malware pada PC

Mengunduh dan Memasang Anti Virus pada Komputer

Untuk mencegah komputer anda terkena virus atau malware maka pasanglah anti-virus original dan bukan bajakan. Jika anda menggunakan anti-virus yang tidak original maka aplikasi tersebut bisa saja memiliki celah yang dapat dijebol oleh virus.

 

Hentikan Koneksi Internet

Menghentikan koneksi internet wajib anda lakukan saat komputer anda terindikasi virus. Alasan penghentian koneksi internet juga membantu anda untuk mudah saat hendak melakukan karantina terhadap virus yang menginfeksi komputer anda.

 

Nyalakan Kembali Komputer dengan “Safe Mode”

Safe Mode dapat Anda gunakan untuk menjalankan sistem operasi komputer dalam keadaan awal yang hanya memerlukan beberapa sumber daya minimal sehingga berpotensi mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang terjadi. Oleh sebab itu pad asaat moda aman in aktif anda secara efisien dapat mudah mengarnatina virus komputer karena beberapa aplikasi akan dinonaktifkan. Dengan begitu virus tidak akan mudah menyebar dan menginfeksi file atau aplikasi yang ada di komputer anda. 

 

Membersihkan Data Tak Terpakai

Data yang sudah lama tidak terpakai bisa jadi tempat bersembunyinya virus komputer. Meskipun begitu hal ini tidak bisa dipastikan. Hal yang paling penting adalah anda segera menyalakan pemindaian virus agar virus mudah ditemukan lokasinya. 

 

Jalankan Pemindaian Virus Untuk Menghilangkan Malware

Pada saat menjalankan pemindaian virus aplikasi Anti-virus akan membantu anda mendeteksi lokasi data yang terinfeksi virus. Dengan pemindaian inilah anda baru dapat memutuskan untuk mengeliminasi virus dari komputer anda. 

 

Lakukan Karantina dan Hapus Virus yang Telah Terdeteksi

Setelah anda menemukan lokasi virus, anda akan mudah menganrantina virus. Menghilangkan Malware tugas pengarantinaan ini dilakukan oleh aplikasi Anti-virus yang terpercaya sehingga virus-virus yang ada di di komputer anada akan terkarantina secara keseluruhan dan tidak ada virus yang tertinggal di komputer anda. 

 

Nyalakan Kembali Komputer

Setelah menghapus folder yang berisi virus, lakukan restart pada komputer anda.  Setelah komputer anda di nyalakan kembali maka moda aman akan otomatis berhenti. 

 

Ganti Password

Untuk menghindari terinfeksi virus kembali, maka anda harus lakukan perubahan pada semua password yang ada di komputer anda. Hal ini bertujuan agar data-data pribadi anda aman dan terhindar dari upaya peretasan. 

 

Perbaharui Perangkat Lunak dan Sistem Operasi Komputer

Menghilangkan Malware perbaharui perangkat lunak Anti-virus, browser, dan sistem operasi. Dengan memperbaharui perangkat-perangkat tersebut maka akan meminimalisir komputer anda teretas oleh hackers.


Jika anda adalah pengguna Mac, anda pasti berpikir bahwa perangkat anda tidak dapat terinfeksi virus. Jika anda masih berasumsi seperti itu, maka anda salah karena Mac adalah perangkat yang sayangnya, memiliki kemungkinan untuk terserang virus dan malware layaknya Windows.

Beberapa virus pada Mac adalah jenis virus yang terselubung yang membuat penggunanya merasa bahwa perangkat Mac baik-baik saja. Padahal sebaliknya, jika anda menemukan produk Anti-virus yang mengklaim sebagai produk keamanan Mac maka anda perlu berhati-hati. Beberapa jenis virus yang menginfeksi Mac adalah ‘MacDefender’, ‘MacProtector’, dan ‘MacSecurity’.

Jika anda merasa perangkat Mac anda terserang virus maka hal yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:
Keluar dari aplikasi yang anda rasa terdapat malware.
Pergilah ke ‘Activity monitor’ carilah keyword virus seperti ‘MacDefender’, ‘MacProtector’, atau ‘MacSecurity’.
Jika kamu menemukan virus tersebut, klik ‘Quit process’ sebelum keluar dari kolom ‘Activity monitor’.
Selanjutnya, kamu masuk ke bagian folder ‘Applications’ dan langsung tarik file yang terinfeksi virus dan masukan ke kolom ‘Trash’. Ingat! Anda harus segera bersihkan tempat sampah folder anda karena virus dapat hilang permanen jika anda menghapus ‘Trash’ anda tadi.
Terakhir, pastikan perangkat anda dalam keadaan OS yang sudah terbaharui dengan versi software yang paling baru.


Virus komputer tidak hanya menyerang komputer anda lho! Apabila anda seorang web developer atau blogger maka situs web anda bisa saja terimbas virus dari komputer yang terlebih dahulu terinfeksi virus. Eits, kondisi ini cukup unik karena pada dasarnya virus yang ada di komputer anda seharusnya tidak bisa menyebar ke dalam website anda dengan cuma-cuma. Lantas, apakah website yang terkena malware merupakan imbas dari komputer web developer yang terinfeksi virus? Hal ini bisa terjadi dengan kondisi dimana web developer yang komputernya terinfeksi virus, mengunggah file yang terkan virus ke dalam website mereka. Otomatis unggahan file yang terlebih dahulu terkena virus itu akan menginfeksi sistem website tersebut.


Cara menghindari website anda terimbas injeksi virus dari komputer anda yakni dengan mendapatkan keamanan yang menjamin website anda bebas virus. Keamanan website dapat anda peroleh dengan menggunakan hosting yang tepat dan memiliki fitur Anti-Virus. Salah satu hosting yang aman, cepat dan ramah bagi pengembang situs web adalah Jetdino. Dengan menggunakan hosting jetdino maka website anda terjamin dari serangan malware akibat virus yang ada di komputer anda. Hosting Jetdino memiliki fitur penjamin keamanan karena sudah dilengkapi imunify360 untuk meminimalisir adanya malware pada hosting dan cagefs untuk mencegah hosting pada server yang sama saling mengkontaminasi. 9 Cara Menghilangkan Malware.

0

Categories

Trending posts

No posts found

Subscribe

Lorem ipsum dolor amet, consecte- tur adipiscing elit, sed tempor.