blog posts

Hacktoberfest, Bulannya Open Source Sedunia

Bagi para pegiat dan peminat IT, bulan Oktober tidak lagi sama semenjak diselenggarakannya Hacktoberfest pada 2014 silam. Banyak kalangan user hingga developer IT yang sibuk ikut merayakan Hacktoberfest. Bahkan animo perayaan event Hacktoberfest tidak hanya terjadi di Asia Tenggara namun juga belahan dunia yang lainnya.

Eits, Tapi Apa itu Hacktoberfest? 

Hacktoberfest adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh DigitalOcean, yakni sebuah perusahaan penyedia layanan infrastruktur Cloud. Hactoberfest berlangsung selama satu bulan dan dibuka untuk semua kalangan dari pegiat IT hingga umum. Proses acara Hacktoberfest yakni diadakan dengan cara mengundang banyak orang di seluruh dunia untuk berkontribusi pada proyek opensource pada repository Github. Jika anda ingin mengikuti acara ini, tentu saja anda tak perlu khawatir jika anda tidak jago dalam skill per-Codingan. Dilansir dari website resmi Hacktoberfest, pihak penyelenggara sangat terbuka bagi setiap peserta bahkan bagi yang bukan ekspertisi di bidang IT, lho! 

Lalu, Bagaimana Cara Ikut Serta Hacktoberfest?

Bagi anda yang ingin ikut memeriahkan acara tahunan Hacktoberfest, pertama anda harus masuk ke Laman Resmi Hacktoberfest. Lalu anda bisa mulai melakukan registrasi dengan ‘klik’ tombol “Registration Now Open” di tengah slider.

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah

Kedua, anda dapat memilih menggunakan akun Github atau Gitlab. Jika anda belum memiliki akun pada kedua platform tersebut anda dapat registrasi terlebih dahulu. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi data berupa email, lokasi, dan peran.

Terdapat tiga peran yang dapat anda isi pada proses pendaftaran ini:

  • Participant
  • Maintainer
  • Event Organizer

Setelah anda berhasil mendaftarkan akun, maka anda dapat berkontribusi untuk pull request dari open source yang ada.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Hacktoberfest kali ini membuka kesempatan bagi kontributor yang sama sekali tidak memiliki pengalaman per-Codingan. Untuk info selengkapnya anda bisa membaca di halaman berikut ini.

Nah, kira-kira, seperti itu cara mengikuti acara Hacktoberfest. Mudah sekali, bukan?

Selamat bersenang-senang di Hacktoberfest ya!