blog posts

10 Tips dan Trick Yang Mempermudah Kamu Di Microsoft Excel!

tips dan trick yang mempermudah kamu di microsoft excel

 

microsoft excel adalah bagian dari microsoft office (sumber : http://kompas.com)

 

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi komputer yang biasa digunakan untuk mengolah data yang bersifat numerik, dan penggunaannya dilakukan dengan rumus. Aplikasi ini adalah bagian dari microsoft office. Hampir semua orang menggunakan microsoft excel, hal ini karena aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang cepat untuk mengolah data. Namun, bagi pemula mungkin aplikasi ini cukup pusing saat digunakan. Apakah kamu salah satu yang mencari cara untuk mempermudah kamu di Microsoft Excel?

 Gunakan 10 tips ini untuk mempermudah kamu di Microsoft Excel.

 Baca : Kenalan Yuk! Berikut Adalah Profesi Anak IT Yang Paling Dicari

 

Merapikan Baris Dan Kolom Dengan Cepat 

 

cara mempermudah kamu di excel dalam merapikan baris

 

merapikan tabel dengan shortcut, mempermudah kamu di microsoft excel (sumber: http://neicytekno.net)

 

Kamu terkadang mungkin terburu-buru saat membuat data, di kejar deadline misalnya, atau tiba-tiba diminta Atasan untuk merapikan data dengan cepat, maka, tidak mungkin kamu merapikannya dengan merapikan satu persatu garis dan kolom karena itu akan memakan cukup banyak waktu, shortcut ini akan mempermudah kamu di microsoft excel. Pertama kamu tekan Ctrl + A untuk memilih semua data,  kemudian tekan ALT + H, O, A maka seperti sulap, dalam beberapa detik data kamu sudah rapi sekarang.

 

Membuat Grafik Dengan Cepat

 

shortcut grafik excel,mempermudah kamu di microsoft excel

 

membuat grafik, untuk presentasi lebih mudah (sumber : http://kompas.com)

 

Apakah kamu sering membuat presentasi menggunakan grafik dalam pekerjaan kamu?, ada beberapa cara untuk membuat grafik, namun, sejauh ini cara yang paling cepat dan mudah yaitu menggunakan microsoft excel. Cara membuat grafik dengan cepat, hanya menggunakan shortcut berikut ini,  Blok seluruh table, tekan ALT + F1, nah, grafiknya langsung muncul. Kamu juga bisa ubah style grafiknya, dan juga merubah warnanya. Shortcut ini akan mempermudah kamu di microsoft excel pastinya. 

 

Cara Cepat Mengaktifkan Filter

 

filter mempermudah kamu di microsoft excel dalam pencarian data

 

filter berfungsi untuk mempermudah dalam pencarian data (sumber : http://support.microsoft.com)

 

Dalam pekerjaan, kamu sering membuat data yang begitu banyak, hal ini kadang membuat kamu pusing jika harus mencari sebuah data yang kamu butuhkan atau mengurutkan data menurut objek tertentu. Tapi jika kamu sudah tahu satu tips, maka kamu tidak akan pusing lagi untuk mencari data tersebut, salah satu tips yang akan sangat berguna adalah dengan mengaktifkan filter pada tabel microsoft excel. Cara cepat mengaktifkan filter yang mempermudah kamu di microsoft excel dengan shortcut, CTRL + SHIFT + L, sekarang filter sudah aktif, kamu tinggal select sesuai data yang kamu inginkan, agar pencarian data kamu lebih mudah. Untuk mengembalikannya tinggal tekan, ALT + H + S + C. Cepat dan mempermudah kamu di microsoft excel.

 

Cara Print Tidak Terpotong

 

mempermudah kamu di microsoft excel, cara print tidak terpotong

 

print yang terpotong sering membuat kamu bingung (sumber : http://gividia.blogspot.com)

 

Ketika kamu membuat data yang banyak dalam satu sheet di microsoft excel dan mengharuskan kamu print beberapa page, biasanya kamu akan menemukan page kamu terpotong saat sudah di print. Menurut techno.okezone.com, hal ini umumnya terjadi karena orientasi yang belum diatur. Secara default, orientasi excel adalah potrait, sehingga harus diatur ulang. Berikut ini agar print tidak terpotong. Pergi ke menu page layout, blok dulu kolom yang mau di print, kemudian pilih print area, klik set print area, kemudian klik CTRL + P, ubah no scaling menjadi fit sheet on page, kemudian ubah ke landscape. Sekarang print kamu tidak akan terpotong dan menjadi lebih rapi. Penting diingat karena tips ini akan menambah pengetahuan dan skill kamu sehingga akan mempermudah kamu di microsoft excel.

 

Merubah Huruf Jadi Kapital Dalam 5 Detik

 

mempermudah kamu di microsoft excel, rubah huruf kecil jadi kapital

 

cara cepat merubah huruf depan menjadi kapital (sumber : http://samuderanesia.id)

 

Kamu diminta membuat daftar nama karyawan perusahaan kamu, namun karena terburu-buru, kamu lupa membuat huruf depan menjadi kapital, dan kamu terlanjur sudah membuat banyak data. Mungkin kamu berpikir untuk merubahnya satu-persatu yang membuat kamu harus bekerja dua kali. Apakah kamu mencari cara cepatnya?, agar mempermudah kamu di microsoft excel. 

Dengan menggunakan rumus pastinya, rumus-rumus pada microsoft excel memang dibuat untuk mempermudah kamu di microsoft excel. Rumus yang satu ini berfungsi untuk merubah huruf jadi kapital dalam 5 detik, pertama, ubah dulu data yang teratas dengan format yang benar, kemudian masukan rumus ini, =PROPER lalu klik data yang benar, kemudian blok dan klik dua kali, maka data kamu sudah berubah sesuai yang kamu inginkan sekarang.

 

Buat Checkbox 

 

status dengan checkbox, mempermudah kamu di microsoft excel

checkbox menentukan status progress (sumber : http://pengalaman-edukasi.com)

 

Ternyata di microsoft excel bisa membuat checkbox, apakah kamu sudah tahu?. Menggunakan checkbox untuk membuat status data yang sedang kamu kerjakan tentu akan mempermudah kamu di microsoft excel, kamu tidak perlu bingung melihat list pekerjaan mana saja yang sudah selesai dan mana yang belum. Dan caranya juga cukup mudah, simak tips berikut ini untuk membuat checkbox pada excel kamu. Caranya, klik menu developer pada microsoft excel, lalu pilih checkbox, setelah itu, kamu tinggal klik dimana saja untuk menampilkan checkbox, kamu juga bisa menghapus tulisan checkbox dan bisa menempatkan sesuai yang kamu inginkan.

 

Membuat Absensi Otomatis

 

mempermudah kamu di microsoft excel, membuat absensi

 

absensi manual sudah mulai beralih ke absensi otomatis (sumber : http://extendoffice.com)

Absensi manual saat ini sudah mulai ditinggalkan, dan mulai beralih menggunakan absensi otomatis, absensi otomatis bisa dibuat di microsoft excel, berikut cara membuat absensi otomatis yang mempermudah kamu di microsoft excel. Langkah pertama buatlah checkbox pada daftar absensi, lalu kemudian masukan rumus berikut ini pada kolom total kehadiran, =SUM(COUNTIF(select kolom berisikan checkbox,TRUE)) kemudian tekan ENTER. sekarang, ketika kamu mengklik pada kolom checkbox maka, total kehadiran akan otomatis terisi sendiri. 

 

Titik Dua Rapi Otomatis

 

titik dua rapi, dan mempermudah kamu di microsoft excel

membuat titik dua yang rapi dan otomatis (sumber : http://sanguilmu.com)

 

Microsoft excel tentu berbeda dengan microsoft office lainnya, seperti microsoft word. Oleh karena itu, karena excel bersifat numerik, jika membuat data yang bersifat word seperti titik dua yang rapi dan otomatis akan sedikit membingungkan bagi yang tidak tahu caranya. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mempermudah kamu di microsoft excel, maka dari itu ini dia cara membuat titik dua yang rapi dan otomatis pada microsoft excel. Pertama, klik dulu kolom mana yang mau kamu berikan titik dua, kemudian klik kanan dan pilih format cell, lalu pilih custom dan ketikan karakter berikut ini  @* (spasi) “:”. Maka kamu tinggal masukan data lainnya, dan sudah ada titik dua otomatis.

 

Conditional Formatting, Trik Rahasia Excel

 

resep rahasia untuk mempermudah kamu di microsoft excel

 

membedakan warna cell dengan menggunakan conditional formatting (sumber : http://business.tutsplus.com)

 

Contoh kasus, kamu diminta oleh Bos kamu untuk menandai penjualan yang dibawah satu juta, lalu kamu menggunakan cara manual untuk mengerjakan tugas tersebut. Nah, apabila datanya banyak, kamu tentu akan kewalahan untuk mengerjakannya. DI sini ada cara cepat untuk mempermudah kamu di microsoft excel. Caranya adalah, blok terlebih dulu kolom harga pada data kamu, lalu kamu pergi ke menu home, dan pilih conditional formatting, kemudian klik high cells rules, pilih less than, masukan nominal yang dimaksud, contoh : 1000000. Selesai, sekarang data kamu yang dibawah satu juta akan berwarna merah. Selain itu kamu juga bisa menyesuaikan warnanya. 

 

Sudahkah tips di atas sesuai dengan yang kamu butuhkan?. Selain 10 tips di atas, masih banyak rumus dan tips and trick lainnya yang akan mempermudah kamu di microsoft excel, namun kamu tidak perlu menghafal semuanya, karena akan cukup membuat kamu pusing. Seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dan hafal dengan sendirinya.