blog posts

Apa Itu Programming? Berikut Pengertian Dan 7 Cara Menjadi Programer.

Apa itu programming? Programming mulai ramai diperbincangkan belakangan ini. Jika bicara tentang programming mungkin yang terlintas dalam pikiran kamu adalah proses menggunakan komputer yang sangat rumit. Lalu sebenarnya apa itu programming?

 

Programming berarti program, program adalah suatu rancangan struktur, desain, kode, skema dan bentuk yang disusun sesuai alur untuk mencapai tujuan tertentu. Program yang disusun dengan sistem disebut aplikasi. 

 

Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini : 

 

Apa Itu Programming?

 

apa itu programming

 

apa itu programming? programming adalah program (sumber: freepik)

 

Programming adalah serangkaian proses untuk membangun sebuah program komputer, seperti aplikasi, software maupun website. Mulai dari penulisan kode, pengujian, evaluasi, sampai program tersebut dianggap layak dan siap digunakan. 

 

Sebuah program biasanya dibuat agar komputer dapat mengeksekusi sebuah perintah tertentu, seperti halnya manusia, komputer membutuhkan bahasa untuk dapat menerima perintah tersebut. Bahasa pemrograman disebut coding, coding merupakan sebuah proses meng compile perintah manusia ke dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer, itulah penjelasan tentang apa itu programming. 

 

Bahasa Pemrograman

 

apa itu programming dan bahasa pemrograman

 

ada banyak bahasa pemrograman yang populer (sumber: freepik)

 

Bahasa pemrograman pertama kali ditemukan pada tahun 1958 dengan nama Algol. Namun, seiring berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak sekali macam-macam bahasa pemrograman. Berikut ini macam-macam bahasa pemrograman yang ada saat ini : 

 

Java

 

Java adalah bahasa pemrograman yang multi device, bahasa ini bisa berjalan baik di komputer, maupun di handphone. Java ditemukan pada tahun 1995 oleh James Gosling. Gosling merupakan seorang penikmat kopi, itulah kenapa logo Java adalah secangkir kopi.

 

Java adalah bahasa pemrograman yang bersifat generik, OOP, fungsional, imperatif, dan reflektif. Itu artinya Java merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang banyak disukai oleh programer. Penggunaan java biasanya untuk pembuatan aplikasi android.

 

Python

 

Salah satu bahasa pemrograman yang perkembangannya cukup pesat adalah python. Banyak perusahaan yang sudah mulai menggunakan python untuk mendukung operasional IT perusahaan mereka. Python pertama kali ditemukan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Selain aplikasi, python juga digunakan untuk membuat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

 

C++

 

C++ merupakan salah satu bahasa yang cukup melejit di kalangan programer, bahasa ini merupakan perkembangan dari bahasa C. Bahasa ini banyak digunakan karena penggunaanya cukup ideal, bahasa ini bisa menangani beberapa server dalam satu waktu. Perusahaan sebesar google bahkan menggunakan C++ untuk mengembangkan produknya. 

 

Pada tahun 70an Bjarne Stroustrup yaitu penemu bahasa B mulai mengembangkan bahasa tersebut menjadi bahasa C dan sampai saat ini berkembang lagi menjadi C++ di Bell Labs. C++ juga menjadi salah satu bahasa yang sangat cepat dijalankan oleh mesin.

 

JavaScript

 

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan JavaScript, JavaScript biasanya digunakan untuk mempercantik halaman web, JavaScript dapat disisipkan pada halaman web menggunakan tag script. Bahasa ini dinilai sangat dinamis karena bisa berjalan disemua browser seperti, chrome, Internet Explorer, Netscape dan Opera. Salah satu web populer yang didukung JavaScript adalah google ads. 

 

PHP

 

Hypertext Preprocessor atau PHP, adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membangun sebuah website, biasanya PHP di kolaborasikan dengan HTML. PHP ditemukan oleh seorang programer denmark bernama Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. 

 

Cara Menjadi Seorang Programer

 

apa itu programming dan seperti apa cara menjadi programer

programer adalah seseorang yang membuat sebuah program (sumber: freepik)

 

Setelah sebelumnya kita sudah tahu apa itu programming, sekarang kita akan bahas cara menjadi seorang programer. Di era digital seperti sekarang, profesi programmer banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini tentu menjadikan profesi programer banyak diminati oleh kalangan anak muda. Namun, menjadi seorang programer tidak semudah yang terlihat. Untuk menjadi seorang programer yang mahir kamu harus menguasai berbagai bahasa pemrograman dan berbagai skill lainnya. Berikut cara menjadi seorang programer

 

1.Pelajari Algoritma

 

Seorang programer harus memahami algoritma dengan baik, dengan mempelajari algoritma akan mempermudah seorang programer dalam memecahkan masalah. Jadi jika ingin menjadi seorang programer kamu harus mempelajari fungsi, perulangan, sampai tipe data seperti array dan lainnya. Algoritma adalah kunci utama seorang programer.

 

2.Pahami cara kerja kode

 

Banyak proyek-proyek open source yang bisa kamu temukan di internet seperti di Github. Dengan sering melihat proyek open source tersebut, otak kamu akan terlatih untuk memahami cara kerja kode.

 

3.Menguasai bahasa pemrograman

 

Menjadi programer harus menguasai bahasa pemrograman, seperti yang dibahas sebelumnya, bahasa pemrograman ada banyak, kamu harus menguasai setidaknya lebih dari satu bahasa pemrograman. Karena di real project kamu akan menggunakan tidak hanya satu bahasa pemrograman. 

 

4.Memahami OOP

 

OOP (object oriented programming), dengan memahami OOP kamu akan dapat membuat kode dengan terstruktur dan mudah dibaca. Setelah menguasai OOP dan Design pattern, kamu akan dapat menguasai web framework, sehingga nantinya kamu dapat menulis satu library sendiri.

 

Sebenarnya, ada juga bahasa pemrograman yang tidak membutuhkan OOP, namun, jika kamu sudah menguasai OOP itu akan menjadikan pekerjaan kamu lebih rapi.

 

5.Pelajari dan pahami jaringan komputer

 

Cara selanjutnya tak kalah penting untuk menjadi seorang programer, yaitu kamu harus paham mengenai dasar-dasar jaringan komputer, mulai dari konfigurasi ip address, subnetting, dan client server.

 

Kamu juga bisa mempelajari konsep dasar TCP/IP dan OSI layer untuk memahami tentang cloud computing. Meskipun tidak semua sistem dibangun melalui jaringan, alangkah baiknya jika kamu memahami cara kerja network engineering. 

 

Ada beberapa protokol internet yang harus kamu ketahui, seperti HTTP, HTTPS, TELNET, FTP, SMTP, SOAP, Ouath, Websoket, dan masih banyak lagi.

 

6.Belajar bahasa inggris

 

Bahasa inggris penting dipelajari bagi seorang programer, karena bahasa pemrograman biasa mengandung bahasa inggris. Bahasa inggris juga merupakan bahasa internasiona dan soft skill yang sangat baik untuk menunjang karir kamu. 

 

Anggap saja kamu seorang programmer yang sering mengerjakan proyek dari luar negeri, maka tentu kamu harus berkomunikasi dengan menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris, memang sudah tersedia google translator, namun, ketepatannya kadang kurang dipahami oleh client.

 

7.Terus berlatih dan belajar

 

Programming merupakan satu rangkaian yang cukup rumit, maka dari itu kamu harus sering berlatih dan belajar untuk membiasakan kamu dalam proses belajar. Learning by doing menjadi metode yang tepat untuk kamu gunakan dalam berlatih programming, karena belajar programming tidak bisa hanya menghafal namun juga harus terbiasa.

 

Profesi Yang Berhubungan Dengan Programming

 

  • Hardware engineer
  • Software engineer
  • Network engineer
  • Mobile developer
  • Frontend developer
  • Backend developer
  • Full Stack developer
  • Web developer
  • Quality assurance

 

Itulah profesi yang berhubungan dengan programming, melansir dari Upskilled pertumbuhan pekerjaan dibidang programming mencapai 23,5%. Karena profesi ini dinilai memiliki prospek masa depan yang bagus. 

Salah satu profesi yang cukup populer adalah Web developer, Apakah kamu tertarik menjadi seorang web developer? sebelumnya Baca : Seberapa Penting Website Bagi Kemudahan Akses Informasi Dan Bisnis?