blog posts

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah

Menarik Untuk Di Simak Apa Itu SSL? Jenis SSL Dan Cara Menggunakannya.

 

Pernahkah kamu mendengar tentang apa itu SSL? Atau kamu memang sedang mencari tahu apa itu SSL? Boom! Kamu menemukan artikel yang tepat, karena disini Jetdino akan kupas secara tuntas mengenai apa itu SSL, fungsi SSL, dan seberapa penting SSL pada website.

 

 

Keamanan semakin dibutuhkan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, SSL tidak hanya dibutuhkan oleh pemilik website saja, tapi juga oleh pemilik bisnis baik bisnis kecil maupun bisnis berskala internasional, apa kamu seorang pengguna kartu kredit? fun fact, keamanan yang dipakai oleh perusahaan kartu kredit adalah SSL. Jadi SSL ini sangat berguna untuk mengamankan data yang bersifat sangat penting.

 

Apa Itu SSL?

 

Secure Socket Layer atau SSL adalah teknologi lapisan keamanan yang banyak disukai dan banyak digunakan untuk keamanan website. SSL bertugas memastikan keamanan data ketika aktivitas terjadi di dalam sebuah website, aktivitas yang dimaksud seperti proses transfer data. SSL juga berfungsi sebagai tameng dari serangan kejahatan dunia maya seperti hacker. 

 

SSL merupakan keamanan utama untuk website,  Google chrome selaku search engine bahkan menggolongkan website yang tidak menggunakan SSL sebagai not secure atau tidak aman. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh bagi SEO website dan kepercayaan user terhadap website kamu. Ketika SSL ditambahkan pada sebuah website maka URL akan berubah menjadi HTTPS yang artinya menjadi secure atau aman.

 

Setelah mengetahui apa itu SSL, sekarang kita akan membahas jenis-jenis SSL. 

 

Jenis-jenis SSL

 

SSL terbagi tiga jenis sesuai dengan jenis dan fungsinya

 

Domain Validated (DV) SSL

 

Sesuai namanya SSL ini hanya membutuhkan kepemilikan domain yakni validasi email dan DNS. Untuk itu SSL ini sangat direkomendasikan bagi bisnis yang sedang berkembang, karena SSL ini dijual dengan harga yang masih terjangkau. 

 

Penggunaan DV SSL ditandai dengan URL yang berubah menjadi HTTPS dan icon gembok berwarna hijau. Yang berarti website kamu telah dinyatakan aman.

 

Organization Validated (OV) SSL

 

Setelah yang tingkat terendah yaitu DV SSL, selanjutnya adalah OV SSL, ini adalah SSL tingkat menengah yang mana proses verifikasi dari SSL ini harus menunjukan bukti kepemilikan dan legitimasi domain. Hal ini untuk memastikan bahwa bisnis ini sudah memiliki informasi nama bisnis, lokasi bisnis, dan yang berkaitan dengan informasi legal lainnya yang akan dicek oleh CA atau penerbit sertifikat SSL.

 

SSL ini biasanya digunakan oleh bisnis setingkat perusahaan untuk membuat websitenya aman dan terpercaya, sehingga dapat berguna untuk kepercayaan client atau user yang sekedar mencari informasi tentang perusahaan tersebut.

 

Extended Validated (EV) SSL

 

SSL termahal dengan tingkat keamanan tertinggi yaitu EV SSL, SSL ini sangat direkomendasikan bagi bisnis yang memang memerlukan keamanan ekstra, seperti website e-commerce yang mana terdapat data-data yang sangat penting seperti data pribadi user data transaksi dan data-data penting lainnya.

 

Proses verifikasi SSL ini hampir mirip dengan OV SSL, SSL ini juga membutuhkan informasi legal yang terpercaya. SSL ini biasanya digunakan oleh CV, PT maupun instansi pemerintah.

 

Itulah tiga jenis SSL yang bisa kamu sesuaikan dengan bisnis atau perusahaan kamu. Selanjutnya Jetdino akan membahas tentang cara menggunakan SSL 

 

Cara Menggunakan SSL

 

Sertifikat SSL ada yang gratis dan juga berbayar, namun tentu fitur-fitur yang ditawarkan pun akan sangat berbeda, bukan berarti SSL yang gratisan tidak aman, hanya saja fitur-fitur yang ditawarkan kurang lengkap seperti masa berlaku yang lebih pendek dibandingkan fitur yang berbayar, tidak tersedianya customer support yang akan membuat kamu kebingungan jika ada sesuatu yang terjadi dengan SSL yang kamu gunakan, dan SSL yang gratisan hanya bisa digunakan untuk satu domain saja.

 

Lalu bagaimana cara menggunakan SSL? Kita akan mulai dari cara menggunakan SSL yang gratisan terlebih dahulu.

 

Cara pasang SSL gratis di cPanel

 

  • Login ke akun cPanel dan cari SSL/TLS

 

apa itu SSL, cara login cPnael

(sumber: id.cpanel.net)

  • Cari Install and manage SSL for your site (HTTPS)
  • klik Manage SSL site

 

apa itu ssl, install and manage ssl for your site

(sumber: gegeriyadi.com)

  • Masukan domain kamu yang akan dipasangkan SSL

 

apa itu ssl, masukan domain yang akan dipasangkan ssl

(sumber: https: kb.biznetgio.com)

  • Klik autofill by certificate lalu install certificate

 

Lalu bagaimana cara dan dimana membeli SSL yang terpercaya? Jetdino siap memberikan solusi bagi pertanyaan kamu, karena Jetdino menyediakan berbagai jenis sertifikat SSL mulai dari seratus ribuan loh! Yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Berikut cara membeli SSL di Jetdino.

 

  • Buka website Jetdino.com 
  • Pilih SSL Certification pada menu More Service
  • Klik tombol Beli SSL kemudian kamu akan melihat berbagai pilihan SSL
  • Pilih SSL yang akan kamu beli, jika kamu masih bingung, kamu bisa membaca fitur-fitur yang ditawarkan di bawah nama SSL yang tersedia
  • Jika kamu sudah menentukan pilihan, tinggal klik Pesan Sekarang
  • Selanjutnya kamu diminta untuk memasukan nama domain kamu
  • Jika sudah, tinggal klik tombol Continue, jika belum memiliki akun, kamu akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu.
  • Setelah melakukan checkout, kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan pembayaran, karena Jetdino menyediakan berbagai jenis metode pembayaran multi payment yang bisa kamu sesuaikan dengan akun bank kamu miliki.
  • Setelah kamu membayar kamu akan mendapatkan email konfirmasi dari Jetdino
  • Jika kamu masih bingung, kamu bisa klik tombol live chat, dan akan langsung terhubung dengan customer support Jetdino.

 

Sekarang bertransaksi di Jetdino semudah berbelanja online, tinggal klik-klik saja kamu sudah bisa mendapatkan produk yang kamu mau dengan harga terbaik. 

 

Sekarang kamu tahu apa itu SSL? manfaat SSL, jenis-jenis SSL cara menggunakan SSL, dan cara membeli SSL terpercaya dari Jetdino. Tunggu apalagi? Segera gunakan SSL untuk keamanan website kamu, agar Bisnisnya Lancar, Cuan Semakin Gencar.