blog posts

10 Tokoh IT Pria Hebat Yang Paling Berpengaruh Di Dunia

Perkembangan teknologi sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia, dampaknya manusia semakin mudah untuk mencari kemudahan informasi. Hal ini tidak terlepas dari jasa tokoh-tokoh IT dunia sebagian besar dari tokoh-tokoh tersebut adalah seorang pria. Berkat tokoh-tokoh hebat itulah kita bisa menikmati kemudahan informasi tersebut. Inovasi teknologi bahkan sudah merambat ke berbagai sektor kehidupan, seperti pertanian, pekerjaan, dll.

 

Selain itu inovasi terhadap teknologi tidak pernah ada habisnya, Selalu ada ide baru dalam setiap perkembangan teknologi. Ini karena ide brilian dari orang-orang tadi. Lalu siapa sajakah tokoh IT pria dibalik kecanggihan teknologi hari ini? Mari kita simak artikel di bawah ini : 

 

Tokoh IT Pria Di Dunia

 

Elon Musk

 

elon musk tokoh it pria yang berpengaruh
(sumber: liputan6.com)

 

The One and Only, super Elon. Siapa yang tidak mengenal Elon Musk, sebagai manusia terkaya nomor satu di dunia, tentu Elon Musk sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Elon merupakan seorang pengusaha di bidang transportasi berbasis teknologi, seperti Space X dan Tesla, baru-baru ini bahkan Elon menjadi Bos dari twitter setelah berhasil mengakuisisi Twitter pada Oktober lalu. Hal tersebutlah yang membuat Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia. Elon menjadi tokoh IT pria yang cukup berpengaruh karena dikenal dengan kampanyenya untuk mengurangi pemanasan global.

 

Jeff Bezos

 

jeff bezos salah satu tokoh it pria
(sumber : duniatempo.co)

 

Sempat menempati puncak klasemen orang terkaya di dunia sebelum akhirnya di geser Elon Musk, Jeff Bezos merupakan Bos dari Amazon. Jika kamu pengguna platform belanja online seperti tokopedia, shopee, lazada dll, jauh sebelum itu semua ada, amazon adalah pencetus belanja online atau yang lebih populer disebut E-commerce.  

 

Jeff Bezos menjadi tokoh IT pria yang cukup berpengaruh, karena dengan pemikiran jeniusnya, Bezos mampu merusak sistem perdagangan lama yang telah berlangsung bertahun-tahun. Tidak hanya itu, Jeff Bezos juga merupakan pencetus kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan software yang dinamai alexa. Amazon juga dikenal sebagai penyedia layanan cloud terbesar di dunia, yaitu AWS yang telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Spotify dan Netflix.

 

Mark Zuckerberg

 

tokoh it pria marc zuckerberg bos meta
(sumber : detikFinance – Detik.com)

 

Bos Facebook ini sempat tidak lulus kuliah di Harvard University, walaupun begitu Ia tetap fokus untuk mengembangkan facebook yang bertujuan untuk menghubungkan setiap orang di dunia. Kekayaan Mark didapatkan dari media sosial facebook yang kini sudah berubah nama menjadi “Meta” selain itu facebook sudah mulai mengembangakan perusahaannya dengan mengakuisisi media sosial instagram dan whatsapp sejak  2014 silam.

 

Mark Zuckerberg menjadi tokoh IT pria yang menginspirasi banyak orang, karena gaya hidupnya yang sederhana, dan kesuksesannya dalam mengembangkan facebook sampai jadi sebesar sekarang. Bahkan penggunanya kini sudah mencapai 2 miliar orang dari seluruh dunia. Kisah Mark bahkan sampai dibuatkan film dengan judul “the social network” pada tahun 2010.

 

Tim Cook

 

tokoh it pria, CEO Apple
(sumber : BBC)

 

Siapa yang tidak tahu dengan perusahaan sebesar Apple, rasanya kurang lengkap jika orang yang berada di balik perusahaan tersebut tidak masuk ke dalam tokoh IT pria yang berpengaruh di dunia. Kepemimpinan Apple kini dipegang oleh Tim Cook, walaupun begitu Tim tetap mampu menjaga kesan premium dan elegan pada produk Apple, Tim bahkan berani membuat inovasi-inovasi baru yang dinilai melanggar titah Steve Job, namun walaupun begitu tetap tidak menghilangkan identitas Apple itu sendiri, itulah alasan kenapa Apple masih tetap eksis sampai saat ini.

 

Sundar Pichai

 

tokoh it pria, CEO google
(sumber : indiatoday)

 

Sundar Pichai dipercaya oleh kedua pendiri Google yakni Sergey Brin dan Larry Page setelah sebelumnya sukses memimpin Android menjadi salah satu sistem operasi terbesar di dunia. Dalam memimpin google, pria keturunan india tersebut semakin fokus dalam prinsipnya sebagai penyedia informasi terbesar di dunia. Tak hanya itu Google juga mulai mengembangkan produknya dengan artificial intelligence (AI). 

Sebenarnya masih banyak sekali tokoh IT pria di dunia, namun, kali ini kita hanya membahas lima tokoh saja sebagai contoh.

 

Tokoh IT Pria Di Indonesia

Tak hanya di luar negeri, indonesia juga memiliki banyak tokoh IT pria yang sangat berpengaruh dan di kagumi dunia, di bawah ini Mindi akan bahas 5 tokoh IT pria dari indonesia.

 

Khoirul Anwar

 

tokoh it pria, kontributor jaringan 4g
(sumber : teknologi.id)

 

Sempat dikira penemu jaringan 4G di indonesia, Khoirul Anwar menegaskan bahwa bukan dirinya yang menemukan jaringan 4G lebih tepatnya Ia mengerjakan konsep dasar dengan dua Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan, ini dipakai dalam 4G uplink. Karena teknik tersebut Khoirul Anwar mendapatkan penghargaan dari IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) pada tahun 2006 di california. 

 

Saat ini Khoirul Anwar masih aktif menjabat menjadi direktur center of Advance Wireless Technology ( AdWiTech) di Universitas Telkom.

 

Ryan Gondokusumo

 

tokoh it pria
(sumber : yooreka.id)

 

Nama Ryan Gondokusumo mungkin masih cukup asing di telinga kamu, tapi situs sribulancer mungkin sudah tidak asing lagi, dan Rianlah sosok di balik berkembangnya sribulancer seperti sekarang. Selain CEO dari sribulancer, Ryan juga menjadi CEO dari situs sribu.com, yaitu situs untuk untuk mencari berbagai desain. Walaupun Ryan bukan lulusan bisnis namun Dia berusaha semaksimal mungkin untuk membantu para freelancer mendapatkan pekerjaan.

 

Muhaimin Iqbal

 

tokoh it pria dari indonesia
(sumber : warta pilihan)

 

Merupakan founder dan chairman dari iGrow Resources Indonesia. Dibentuk pada tahun 2014 iGrow sudah membantu banyak petani dalam pemanfaatan lahan untuk menghasilkan produk organik yang berkualitas dengan bantuan perangkat lunak agricultural management berbasis komputasi awan. Melalui aplikasi ini membantu mempertemukan berbagai aspek seperti petani, pemilik lahan dan berbagai aspek lainnya untuk membantu mewujudkan produk organik yang berkualitas.

 

Jim Geovedi

 

tokoh it pria. seorang hacker jenius dari indonesia
(sumber : era.id)

 

Jim mulai dikenal di masyarakat indonesia saat diminta KPU untuk membantu mencari seorang hacker yang membobol situs KPU. Jim sendiri merupakan sosok hacker yang jenius, Jim membuktikan bahwa belajar hacking tidak melulu melalui perguruan tinggi, Ia memulai karirnya sebagai seorang hacker dengan belajar otodidak. Salah satu kemampuan Jim Geovedi yang menggemparkan dunia adalah ketika Jim mampu menggeser satelit china yang saat itu menjadi negara yang diuji keamanan satelitnya oleh Jim ketika menjadi pembicara tentang isu keamanan siber. Jim saat ini masih aktif dalam bidang keamanan dibeberapa perusahaan.

 

Onno W Purbo

 

tokoh it pria, dosen pakar it
(sumber : CNN indonesia)

 

Seorang pakar IT yang pernah membobol ribuan situs dalam waktu yang singkat ini, sering mengisi seminar-seminar terkait keamanan internet. Pakar IT yang sekaligus Dosen ini juga sering mengangkat isu terkait internet murah. Onno bahkan dengan suka rela memberikan ilmunya untuk masyarakat yang tidak bisa kuliah namun ingin belajar tentang dunia IT di channel youtubenya.

 

Bahkan Onno mempunyai channel youtube yang memiliki subscriber sebanyak 180rb, Ia bahkan tetap konsisten mengupload ilmu terkait teknologi informasi dengan sukarela walaupun penontonnya hanya sedikit dan tidak memperdulikan adsense.

 

Itulah tokoh pria yang berkarir di bidang IT dan cukup berpengaruh bagi perkembangan teknologi dunia, apakah kamu tertarik untuk meneruskan jejak mereka?tapi sebelumnya : Kenalan Yuk! Berikut Adalah Profesi Anak IT Yang Paling Dicari

Asalkan kamu tetap konsisten dalam belajar, dan mempunyai kemauan dan tekad yang kuat, Mindi percaya kamu bisa menjadi seperti mereka.