blog posts

Mengatasi Laptop Yang Lemot Dengan 4 Cara Gampang

Penggunaan laptop saat ini sudah bukan merupakan hal baru bagi setiap orang, laptop kini menjadi salah satu kebutuhan primer untuk manusia. Hampir setiap orang kini menggunakan laptop dalam aktivitas mereka, entah itu pekerjaan, kuliah, bisnis online, bahkan sekolah online kini membutuhkan laptop. Itulah sebabnya jika laptop kamu tidak berjalan dengan baik, seperti  lag atau lemot waktu digunakan, hal ini tentu akan membuat terhambatnya aktivitas kamu, laptop yang lag atau lemot memang kadang sangat menyebalkan, apalagi ketika sedang dibutuhkan, rasanya ingin membanting laptop kamu kan? Eits, jangan buru-buru, kecuali kamu memang sudah ada rencana membeli laptop baru. Sebelum kita bahas cara mengatasi laptop yang lemot, ada baiknya kamu tahu terlebih dulu penyebab laptop lemot di bawah  ini.

 

Penyebab Laptop Lag Atau Lemot

 

Usia laptop

Tidak dapat dipungkiri bahwa usia laptop akan sangat berpengaruh kepada performa laptop itu sendiri. Hal ini disebabkan karena, semakin lama penggunaan laptop, maka semakin banyak data yang kamu simpan. Termasuk aplikasi yang digunakan juga menyimpan data-data yang berpengaruh kepada performa laptop kamu. Bisa juga karena banyaknya file sampah yang tidak pernah kamu hapus, karena tidak tahu letak file tersebut.

 

Spesifikasi laptop

Spesifikasi laptop yang masih jadul biasanya tidak sebanding dengan pemakaian, spefikasi yang jadul tentu masih menggunakan fitur-fitur yang jadul pula, fitur-fitur tersebut masih belum secanggih laptop-laptop keluaran terbaru yang sudah didukung oleh fitur-fitur yang lebih baik, seperti menggunakan processor terbaru. Ram yang besar, sudah menggunakan SSD, bahkan sudah banyak laptop yang memiliki VGA sebagai graphic card yang akan membuat laptop semakin ngebut. Namun, seiring spesifikasi yang berkembang tentu harganya pun akan sedikit mahal.

 

Penyimpanan Penuh

Laptop memiliki penyimpanan yaitu RAM dan Hardisk, banyaknya data yang disimpan pada hardisk membuat performa laptop semakin lama semakin lemot, kapasitas ram yang terlalu kecil juga berpengaruh bagi kecepatan laptop kamu. 

 

Tidak mengupdate OS

Operation System atau (OS), adalah software utama dan terpenting pada sebuah perangkat, tak hanya laptop, OS juga berjalan pada smartphone dan perangkat pintar lainnya. Software ini berfungsi mengelola komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak, software ini juga yang berfungsi mengelola memori pada suatu perangkat. seiring berjalannya waktu, OS juga memiliki update dengan mengedepankan fitur-fitur yang lebih baik. Microsoft contohnya, mulai dari windows XP sampai sekarang yang terbaru adalah windows 11. 

 

Terinfeksi malware atau virus

Malware atau virus sering kali keberadaanya tidak disadari oleh pengguna laptop, hal ini disebabkan karena malware itu bisa menyembunyikan dirinya sendiri menjadi software lain atau bersembunyi pada folder yang sulit ditemukan. Karena malware sifatnya merusak, tentu akan sangat berbahaya bagi laptop kamu selain bisa membuat laptop kamu lemot, malware juga bisa mencuri data-data kamu.

 

Itulah beberapa penyebab utama yang membuat laptop kamu lag atau lemot, setelah mengetahui penyebab laptop lag atau lemot, sekarang kita akan bahas tips menjaga laptop agar tidak lag atau lemot. Simak penjelasannya berikut ini.

 

Tips Menjaga Laptop Agar Tidak Lemot

 

Update OS

 

mengatasi laptop yang lemot
(sumber : microsoft news)

 

Menggunakan sistem operasi yang masih jadul bisa membuat laptop kamu lag atau lemot, sebaiknya segera update sistem operasi laptop kamu ke OS yang terbaru agar dapat membuat kamu terhindar dari laptop yang lemot, kamu tidak perlu khawatir data atau aplikasi kamu akan hilang, karena kamu bisa membuat cadangan atau backup agar data kamu bisa di restore ketika sudah berhasil update OS. Sekarang sudah banyak tutorial update OS laptop di youtube, tapi jika kamu masih bingung dan khawatir terjadi kesalahan yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu minta tolong kepada orang yang memang ahlinya.

 

Upgrade Penyimpanan Laptop

 

ram besar mengatasi laptop yang lemot

umumnya laptop menggunakan RAM jenis DDR3

 

Tahukah kamu bahwa laptop bisa di upgrade penyimpanannya, caranya cukup mudah kamu tinggal mencari tahu spesifikasi laptop kamu, download aplikasi CPUZ di link ini, untuk mengetahui penyimpanan jenis apa yang digunakan untuk laptop kamu, seperti RAM dan Hardisk, setelah itu kamu tinggal membeli RAM yang cocok dengan laptop kamu, Mindo juga sarankan agar kamu mengganti Hardisk menjadi SSD, karena SSD jauh lebih cepat dari Hardisk. Kamu tidak perlu khawatir, karena hampir semua laptop bisa di upgrade penyimpanannya, kecuali, laptop kamu benar-benar jadul. Dengan mengupgrade penyimpanan, tentu akan membantu kamu mengatasi laptop yang lemot

 

Hati-hati Terhadap Malware Dan Virus

 

virus penyebab laptop yang lemot
(sumber : hipwee)

 

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa malware sangat berbahaya bagi kesehatan laptop kamu, selain bisa mencuri data-data kamu, malware juga bisa membuat laptop kamu lemot, hal ini karena ada jenis malware yang bisa menginfeksi penyimpanan dengan cara memperbanyak dirinya sendiri. Untuk mencegah malware atau virus kamu bisa gunakan antivirus yang terpercaya agar laptop yang lemot bisa teratasi, kamu juga disarankan agar tidak menginstall software sembarangan apalagi bajakan.

Baca : 12 Jenis Virus Komputer Ini Sangat Berbahaya, Dan Harus Kamu Waspadai!

 

Sesuaikan Spesifikasi Laptop Dengan Kebutuhan Kamu

 

Jika kebutuhan kamu untuk pekerjaan yang memerlukan penyimpanan yang banyak dan cepat seperti desain, edit video, coding dll. Tentu kamu harus memilih spesifikasi yang bagus. Namun, jika kamu hanya membutuhkan software yang ringan, maka kamu cukup membeli laptop yang standar dan harganya tidak terlalu mahal. Karena ketika kamu membeli laptop murah untuk pekerjaan yang cukup berat, maka dapat dipastikan laptop kamu akan kewalahan menerima perintah dari kamu, maka yang kamu dapatkan malah laptop yang lemot.

 

Membeli Laptop Terbaru

 

Cara terbaik mengatasi laptop yang lemot adalah dengan memberi laptop yang baru, karena laptop itu semakin lama kemampuannya akan semakin menurun, termasuk soal kecepatan dll. Jika kamu orang yang tidak suka hal yang ribet, seperti melakukan upaya-upaya diatas, maka solusi dari permasalahan laptop lag atau lemot hanya bisa diatasi dengan membeli laptop baru. Namun ini hanya bisa dilakukan ketika budget kamu sudah cukup ya!

Setelah melakukan tips di atas, sekarang kita akan melakukan upaya-upaya mengatasi laptop lag atau lemot, upaya ini bisa dilakukan ketika laptop kamu tiba-tiba lag atau bahkan sampai tidak bisa digunakan.

 

Cara Mengatasi Laptop Lemot

 

lapatop yang lemot
(sumber : nesabamedia)

 

Cara mengatasi laptop yang lemot sebenarnya ada banyak cara, namun di artikel ini Jetdino hanya akan memberikan tiga cara terampuh yang akan membantu kamu mengatasi laptop yang lemot. Yuk simak!

 

Hapus Software Yang Tidak Dipakai

 

Menghapus atau menguninstall software yang tidak dipakai tentu dapat mengurangi beban memory laptop kamu, caranya cukup mudah, ikuti langkah berikut 

 

menghapus aplikasi mengatasi laptop yang lemot

 

  • Ketik APP pada kolom pencarian laptop kamu
  • Kemudian pilih add or remove programs
  • Kemudian tinggal pilih aplikasi mana yang akan kamu uninstall

Setelah berhasil menghapus  software atau program yang tidak dibutuhkan, maka secara otomatis memory pada laptop kamu akan bertambah, hal itu akan mengatasi laptop yang lemot.

 

Bersihkan temporary file secara berkala

 

Banyaknya file temporary pada laptop akan membuat laptop kamu semakin berat, menghapus temporary file secara berkala akan membantu mengoptimalkan laptop kamu. Simak cara menghapus temporary berikut ini, kita akan pakai cara tercepat

 

menghapus file cache mengatasi laptop yang lemot

 

  • Tekan tombol Windows + R 
  • Pada halaman run ketikan seperti ini %temp% lalu Enter
  • Kemudian tinggal tekan ctrl + A lalu hapus semua file

 

Jika kamu rutin melakukan hal tersebut maka laptop kamu tidak akan lag lagi.

 

Gunakan antivirus yang ringan

 

Antivirus sangat dibutuhkan keberadaannya untuk laptop kamu, karena untuk membantu kamu melindungi laptop kamu dari virus atau malware yang berusaha menyerang laptop kamu, sehingga laptop kamu tetap aman. Namun, banyak sekali antivirus yang memiliki ukuran yang sangat besar, sehingga memakan penyimpanan yang banyak pada laptop kamu. Tidak perlu khawatir, masih banyak software antivirus yang ringan yang bisa kamu gunakan.

 

Hapus file sampah yang ada di Rcyle Bin

Apakah kamu mengira file yang kamu hapus akan otomatis terhapus dari laptop kamu, atau kamu memang sudah mengetahui bahwa file yang dihapus masih tersimpan pada file Recyle Bin, tujuan microsoft membuat Recyle Bin adalah untuk membantu user yang ingin memulihkan file yang tidak sengaja terhapus. Untuk mengatasi laptop yang lemot, kamu harus mengosongkan file Recyle Bin agar memory kamu semakin bertambah.

 

Itulah beberapa penyebab laptop lag atau lemot dan cara mengatasinya, semoga setelah membaca artikel ini bisa membantu laptop kamu yang lag atau lemot menjadi normal kembali yah!.