blog posts

virtual private server

Cara Install OS Pada Virtual Private Server (Cloud VM Jetdino)

Pengenalan

VPS adalah singkatan dari virtual private server. VPS adalah server yang didedikasikan dan dapat digunakan oleh beberapa pengguna, tetapi tidak semahal shared hosting. Virtual Private Server juga lebih fleksibel daripada shared hosting karena pengguna memiliki kendali penuh atas sistem operasi dan perangkat lunak yang diinstal di Virtual Private Server mereka. Kamu dapat menggunakan panduan ini untuk membantu kamu memutuskan apakah Virtual Private Server cocok untuk kamu, berapa banyak bandwidth dan ruang penyimpanan yang kamu butuhkan, berapa banyak RAM yang harus disertakan dalam paket kamu, dan jenis kecepatan prosesor mana yang akan bekerja dengan baik untuk kebutuhan situs web atau aplikasi kamu.

Memilih Penyedia VPS yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Virtual Private Server kamu, penting untuk memilih penyedia yang tepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih VPS. Jenis server apa yang kamu butuhkan? Apakah kamu ingin sesuatu yang kecil dan sederhana yang dapat menangani tugas dasar seperti mengirim email, web hosting, dan berbagi file? Atau apakah kamu memerlukan sesuatu yang lebih besar dengan RAM dan ruang hard disk lebih banyak untuk aplikasi intensif seperti pengeditan video atau game? Berapa banyak RAM yang disediakan? Berapa banyak ruang disk yang diberikan tanpa biaya tambahan (misalnya penyimpanan SSD gratis)? Apakah ada batas bandwidth pada akun saya – dan jika ya, berapa banyak biaya yang harus saya bayar per bulan jika saya melebihi batas tersebut? Faktor-faktor ini akan membantu menentukan apakah Virtual Private Server tertentu cocok untuk kebutuhan kamu.

Membeli Paket VPS

Ketika kamu siap membeli paket Vitual Private Server, kamu akan melihat beberapa pilihan yang berbeda. Langkah pertama adalah memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu dapat memilih dari berbagai jenis server dan paket berdasarkan berapa banyak RAM dan ruang penyimpanan yang kamu butuhkan. Setelah kamu memilih produk yang tepat untuk bisnis atau kebutuhan pribadi kamu, saatnya untuk meninjau beberapa detail penting tentang bagaimana produk ini bekerja: Baca Ketentuan Layanan kami agar tidak ada kejutan saat waktu penagihan tiba! Pahami kebijakan pembatalan kami sebelum mendaftar (dan pastikan itu cocok dengan anggaran kamu).

Mengatur VPS Kamu

Hal pertama yang ingin kamu lakukan adalah mengatur Virtual Private Server kamu. Ini dapat dilakukan dengan mengunduh dan menginstal sistem operasi, mengonfigurasi firewall dan pengaturan keamanan lainnya, mengatur server web, dan perangkat lunak lainnya.

Mengelola VPS Kamu

Mengelola Virtual Private Server kamu sangat mudah. kamu dapat memonitor status server dan sumber daya, mengupdate perangkat lunak, dan membackup data. Kamu dapat memonitor status server dengan menggunakan alat pemantauan seperti Pingdom atau StatusCake. Alat-alat ini akan memberi tahu Kamu jika ada masalah dengan Virtual Private Server kamu sehingga kamu dapat mengambil tindakan sebelum masalah menjadi besar yang mempengaruhi kinerja situs web atau aplikasi kamu. Kamu juga harus memastikan untuk menjaga semua perangkat lunak di Virtual Private Server diperbarui secara teratur sehingga tetap aman dari ancaman baru serta memperbaiki bug pada versi yang lebih lama yang dapat menyebabkan masalah di masa depan jika dibiarkan tidak terpatching terlalu lama (seperti Heartbleed). Langkah ini sebaiknya dilakukan setidaknya sekali sebulan atau setiap kali ada pembaruan baru untuk aplikasi seperti WordPress atau Magento Commerce 2 CE (dahulu dikenal sebagai Magneto).

Mengatasi Masalah Umum pada VPS

 

Jika kamu mengalami masalah saat mengakses Virtual Private Server kamu, atau jika server berjalan lambat, ada beberapa hal yang perlu diperiksa.

Pastikan bahwa server online dengan memeriksa statusnya di panel kontrol Virtual Private Server kamu. Jika server sedang dalam perawatan atau telah dimatikan karena alasan lain, ini akan terindikasi pada layar. Periksa apakah ada proses aktif yang berjalan di server (misalnya, dengan membuka Task Manager di Windows). Jika ada, coba hentikan satu per satu hingga kamu menemukan yang menyebabkan masalah dan restart hanya proses tersebut setelah memastikan tidak akan mengganggu aplikasi lain yang sedang berjalan pada Virtual Private Server kamu saat ini (misalnya, perangkat lunak firewall).

Mengamankan VPS Kamu

Setelah membeli VPS, saatnya untuk mengamankannya. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara:

Langkah pertama yang baik adalah mengaktifkan SSL untuk situs web kamu. Ini akan mengenkripsi semua lalu lintas antara server dan pengunjung, membuatnya lebih sulit bagi peretas untuk menyadap informasi sensitif seperti nomor kartu kredit atau kata sandi. Menginstal firewall juga direkomendasikan sehingga pengguna yang tidak sah tidak dapat mengakses VPS kamu secara jarak jauh melalui SSH atau RDP (Remote Desktop Protocol). Kamu juga harus mengatur kata sandi yang kuat untuk akun-akun ini karena jika terjadi kompromi oleh penyerang yang tahu cara kerjanya, maka mereka akan mendapatkan kendali penuh atas server kamu!

Memilih Rencana VPS yang Tepat

  •  Tentukan kebutuhan kamu.
  • Bandingkan penyedia.
  • Perhitungkan biaya.

Cara Membeli Cloud VM Jetdino 

Cloud VM Jetdino adalah layanan VPS dari Jetdino, sudah bisa digunakan di berbagai sistem operasi, juga memiliki pilihan kapasitas yang bisa kamu sesuaikan dengan bisnis kamu. Mulai dari 1GB RAM sampai 8GB RAM. Lalu bagaimana cara membeli Cloud VM Jetdino begini tutorialnya :

virtual private server

 

  • Klik Cloud VM
  • Pilih kapasitas Cloud VM yang ingin kamu beli

virtual private server

 

  • Klik Purchase Now

virtual private server

 

  • Kemudian kamu akan masuk ke portal.jetdino.com
  • Pilih jangka waktu billing

virtual private server

  • Pilih operating system

virtual private server

  • Buat nama server kamu
  • Buat password

virtual private server

  • Klik continue
  • Login jika kamu sudah memiliki akun
  • Pilih metode pembayaran kemudian klik checkout
  • Selesai, kamu tinggal menunggu proses installisasinya selesai
  • Jika terjadi masalah atau error kamu bisa klik Buka tiket

Cara Install Operating System pada Cloud VM Jetdino

Caranya sangat mudah, kamu tinggal memilih OS yang ingin kamu install pada saat melakukan pembelian Cloud VM Jetdino maka dengan otomatis OS yang kamu pilih akan langsung terinstall pada Cloud VM kamu.

 

Gimana? Beli Cloud VM Jetdino gampang kan, kamu tinggal buka website www.jetdino.com dan ikutin langkah-langkahnya. Semudah belanja online deh pokoknya, dan juga telah tersedia berbagai metode pembayaran yang bisa kamu sesuaikan dengan platform yang kamu miliki untuk menghindari tambahan biaya admin. Tunggu apalagi, wujudkan mimpi kamu dengan cloud vm Jetdino sekarang juga.

Leave a Reply