blog posts

layanan hosting gratis

Perbedaan Layanan Hosting Gratis dan Layanan Hosting Berbayar

Pengenalan

Layanan hosting dapat dibagi menjadi dua kategori: berbayar dan gratis (“free to use”). Layanan hosting berbayar biasanya memerlukan biaya per bulan, sementara layanan hosting gratis tidak memerlukan investasi finansial dari kamu; namun, biasanya terdapat batasan yang terkait dengan menggunakan layanan gratis yang tidak akan kamu temukan pada opsi berbayar.
Dalam blog ini, kami akan membandingkan beberapa pilihan populer di kedua kategori tersebut sehingga kamu dapat memutuskan jenis host yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu!

Apa Itu Hosting?

Hosting web adalah layanan yang menyimpan situs web atau aplikasi web Anda dan membuatnya mudah diakses di berbagai perangkat seperti desktop, seluler, dan tablet. Setiap aplikasi web atau situs web biasanya terbuat dari banyak file, seperti gambar, video, teks, dan kode, yang perlu Anda simpan di komputer khusus yang disebut server. Layanan hosting disediakan oleh perusahaan yang menyimpan file kamu pada server mereka, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang memelihara server sendiri atau mencari tahu cara mengatur server web sendiri.

sumber : amazon

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Hosting Gratis

 

Kelebihan:

  • Tidak ada biaya bagi kamu. Kamu dapat memulai dengan layanan hosting gratis tanpa harus membayar apa pun di muka, yang bagus jika kamu baru memulai dan tidak yakin seberapa banyak lalu lintas yang akan diterima situs web kamu atau fitur apa yang dibutuhkan kamu bisa menggunakan layanan hosting gratis.
  • Ketersediaan dan kemudahan penggunaan. Layanan hosting gratis mudah untuk mendaftar dan digunakan, terutama dibandingkan dengan opsi berbayar yang memerlukan pengetahuan teknis yang lebih banyak. Ini membuatnya ideal untuk pemula yang ingin cara mudah untuk meng-hosting situs web mereka tanpa harus menginvestasikan pelatihan atau peralatan tambahan (seperti nama domain).

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Hosting Berbayar

Layanan hosting berbayar lebih dapat diandalkan dan aman dibandingkan dengan yang gratis. Mereka juga dilengkapi dengan lebih banyak fitur, seperti manajemen email, statistik situs, dan sebagainya.
Layanan hosting gratis sangat bagus untuk situs web pemula yang tidak membutuhkan banyak fitur, tetapi jika kamu ingin serius dalam membangun situs web kamu, layanan berbayar akan sepadan dengan investasi yang dikeluarkan.

Fitur-fitur Layanan Hosting Gratis

 

layanan hosting gratis

 

Layanan hosting web gratis adalah cara yang sangat baik untuk memulai situs web kamu. Mereka sering digunakan sebagai batu loncatan ke hosting berbayar, tetapi banyak situs yang tetap menggunakan platform gratis sepanjang hidup mereka.
Berikut ini beberapa fitur paling umum dari hosting gratis:

  • Ruang penyimpanan dan bandwidth – Jumlah ruang penyimpanan yang kamu miliki akan bergantung pada seberapa banyak lalu lintas situs kamu dan seberapa besar ukurannya dalam hal ukuran file (misalnya, video). Begitu juga, bandwidth merujuk pada seberapa banyak data yang dapat ditransfer dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu, yang juga tergantung pada seberapa banyak lalu lintas situs kamu dan jenis konten yang berisi (misalnya, foto vs video). Secara umum, situs yang lebih besar membutuhkan lebih banyak sumber daya daripada yang kecil; ini berarti bahwa jika kamu ingin audiens besar untuk blog atau situs web bisnis kamu, maka praktik terbaik adalah dengan menggunakan hosting yang lebih besar karena ini memungkinkan lebih banyak orang mengaksesnya dan juga membantu mengurangi biaya overhead seperti biaya pemeliharaan perangkat keras.

Fitur-fitur Layanan Hosting Berbayar

Layanan hosting berbayar menawarkan banyak fitur lebih daripada yang gratis. Berikut ini beberapa fitur paling penting:

  • Ruang penyimpanan dan bandwidth: Host berbayar akan memberikan kamu sebanyak ruang penyimpanan yang kamu butuhkan, sedangkan yang gratis akan membatasinya hanya beberapa gigabyte. Bandwidth merujuk pada seberapa banyak data yang dapat ditransfer dari situs web kamu per bulan; lagi, ini adalah sesuatu yang sering dibatasi oleh host gratis tetapi tidak pada rencana berbayar. Uptime (atau ketersediaan) berarti seberapa sering situs kamu aktif dan berjalan untuk pengunjung – persentase uptime yang baik adalah 99% atau lebih tinggi. Semakin andal host kamu, semakin baik pengalaman orang dalam mengunjungi situs kamuf!

Jenis-jenis Layanan Hosting Berbayar

  • Shared hosting:
  • VPS hosting:
  • Cloud hosting:
  • Dedicated hosting:

Kesimpulan

Layanan hosting gratis cocok untuk pemula yang sekedar ingin memilik website saja, namun jika kamu ingin mulai menghasilkan uang atau mulai bisnis, maka hosting berbayar jauh lebih baik dibandingkan dengan yang gratis. Kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua hosting berkualitas memiliki harga yang mahal, banyak juga hosting berkualitas dengan harga yang terjangkau. Hosting Jetdino contohnya, hosting Jetdino sangat terjangkau dan ramah di kantong, walaupun memiliki harga yang murah, namun kualitas yang diberikan tidak kalah dengan hosting lain yang lebih mahal. Mulai bisnis kamu dengan hosting dari Jetdino sekarang.

Leave a Reply