blog posts

ssl checker

SSL Checker, Untuk Mengetahui Keamanan Website dan Penjelasannya!

Jika kamu pemilik website yang masih awam dengan SSL Checker, bisa jadi karena kamu membuat website dengan menggunakan jasa profesional atau sebuah organisasi sehingga kamu tidak mengetahui apakah website kamu menggunakan SSL atau tidak. Atau kamu hanya ingin memastikan kembali apakah SLL kamu sudah terpasang di website kamu atau belum. Berikut Mindi kasih tau kamu cara lengkap dengan penjelasannya dengan menggunakan SSL Checker.

 

Website untuk SSL Checker

  • SSL Shopper.com
  • DigiCert.com
  • Geocerts.com
  • ssllabs.com
  • sslchecker.com

 

Buka Browser kesayangan kamu

Pertama laptop atau perangkat kamu harus sudah tersambung dengan internet, lalu buka di browser kamu kita akan menggunakan website berikut ini www.sslshopper.com/ssl-checker.html jika kamu berhasil masuk pada website tersebut tampilannya akan seperti ini

 

ssl checker

 

Masukan Nama Website kamu

Setelah berhasil masuk pada website tersebut masukan nama website kamu lengkap dengan “www” dan ekstensi domain kamu “.com” contoh “www.jetdino.com” lalu klik Check SSL. Jika berhasil akan ada tampilan seperti berikut ini.

ssl checker

Pusing kan? Ok mari kita bedah satu persatu.

ssl checker

Gambar diatas artinya website Jetdino dengan nama website dan domain www.jetdino.com mengarah pada IP 104.21.41.136 yang mana jika website Jetdino tidak mengguakan domain Jetdino bisa dibuka dengan menuliskan IP tersebut pada pencarian browser kamu.

 

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah

 

Gambar ini menjelaskan bahwa server yang digunakan oleh website Jetdino adalah server dengan tipe Cloudflare. Cloudflare atau Content Delievery Network atau yang biasa disebut dengan CDN, adalah jaringan yang berfungsi mengirimkan konten dari server ke website.

 

ssl checker

 

Gambar ini menjelaskan bahwa Sertifikasi SSL yang dipakai oleh website Jetdino adalah SSL yang telah support oleh semua jenis browser. Seperti yang dijelaskan di Fun Fact SSL Gratis dan Berbayar yang Jarang Kamu Ketahui, dan 7 Perbedaanya!  bahwa ada beberapa SSL yang tidak support dan tidak bisa dibaca oleh semua browser.

 

ssl checker

 

Ini adalah gambar yang memberitahu bahwa masa aktif dari SSL yang digunakan oleh website Jetdino hanya tersisa 52 hari lagi, dan pemilik website Jetdino harus segera melakukan perpanjangan masa langganan SSL agar dapat terus menggunakan SSL.

 

ssl checker

Dan gambar yang terakhir menjelaskan bahwa hosting Jetdino telah berada pada lapisan keamanan SSL yang artinya hosting atau website kamu sudah terlindungi oleh SSL.

 

Jika kamu ingin lebih lengkap lagi, kita akan coba check SSL menggunakan website yang kedua yaitu https://www.digicert.com/begini caranya.

 

Buka Browser

Sama seperti langkah awal, buka browser kesayangan kamu laku masukan link berikut https://www.digicert.com/  lalu jika sudah berhasil masuk pada website SSL Checker digicert.com masukan nama website kamu sama seperti langkah di atas.

 

Masukan Nama Website kamu

Sebagai contoh www.jetdino.com lalu klik kolom centang pada Check for common vurnabilities lalu klik check server. Lalu tunggu prosesnya selesai, dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.

 

 

Bisa dilihat bahwa website DigiCert.com lebih lengka

 

p dibadingkan dengan website yang pertama.

DNS

ssl checker

 

Bisa dilihat bahwa pada website ini DNS yang digunakan oleh website Jetdino bisa terdeteksi, sedangkan pada website yang awal tadi tidak terdeteksi.

 

TLS

Pada website ini SSL sudah terdeteksi sebagai TLS yang mana adalah website Jetdino sudah menggunakan TLS versi 1.0 sampai 1.3 yang mana adalah versi TLS terbaru dan teraman.

 

Peringatan

ssl checker

Kamu tidak perlu khawatir jika menemukan peringatan seperti pada gambara diatas, itu bukanlah peringatan error ataupun bahaya. Peringatan itu muncul karena jenis SSL yang digunakan oleh website Jetdino bukanlah SSL yang berasal dari penyedia SSL DigiCert.

 

Kesimpulan

 

Dalam dunia di mana teknologi semakin meresap dalam setiap aspek kehidupan online, menjaga keamanan website bukanlah lagi pilihan, melainkan keharusan mutlak. Dengan semakin banyaknya ancaman siber yang mengintai, SSL (Secure Sockets Layer) telah menjadi perisai pelindung yang tak tergantikan. Namun, sekedar menginstal sertifikat SSL bukanlah akhir dari perjalanan. Deteksi keamanan secara berkala perlu menjadi bagian integral dari upaya melindungi situs kamu.

Dalam upaya memastikan bahwa keamanan website kamu tidak pernah lemah, alat-alat seperti SSL Checker muncul sebagai sekutu tak ternilai. Dengan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah potensial dalam konfigurasi SSL kamu, alat ini memberdayakan kamu untuk mengambil langkah-langkah proaktif demi mencegah serangan yang dapat merugikan. Dari pengecekan sertifikat hingga memastikan protokol enkripsi yang tepat, SSL Checker adalah panduan yang kuat untuk menjaga integritas dan kepercayaan dalam ekosistem digital kamu.

Ingatlah, dalam perjalanan menuju keamanan yang tak terkoyak, pemahaman adalah kunci. Mengerti bagaimana SSL bekerja, apa yang perlu diperiksa, dan bagaimana merespons temuan dari SSL Checker, akan memberi kamu kontrol lebih besar terhadap website kamu. Seiring dengan kemajuan teknologi, upaya untuk melindungi dan mengamankan website juga harus berkembang. Dengan SSL Checker, kamu bisa mengecek keamanan dan kesehatan website kamu secara berkala.

 

Leave a Reply