blog posts

love scamming

Love Scamming Sebuah Trick Penipuan dan Pemerasan Yang Mengatasnamakan Cinta, Kenali 3 Cirinya!

love scamming
(sumber : ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Baru-baru ini sedang ramai soal penangkapan 88 Warga Negara China di Batam, karena kasus penipuan dan pemerasan. Ke-88 Warga Negara China itu ditangkap pasca terbukti melakukan tindakan pemerasan melalui video call sex. Tidak sendirian POLRI bekerjasama dengan Polisi China untuk membongkat tindakan penipuan tersebut yang biasa disebut dengan Love Scamming.

“Polri melalui Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) melakukan join operation penangkapan pelaku love scamming di Kepulauan Riau pada hari ini,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa, (29/8/2023).

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6907012/menyoal-love-scamming-terkait-88-wna-china-ditangkap-di-batam-karena-pemerasan/2

Apa Itu Love Scamming

 

Love Scamming

 

Dilansir dari laman resmi FBI Love Scamming adalah tindakan penipuan yang dilakukan oleh pelaku dengan berpura-pura menjadi orang lain untuk terus berkomunikasi dengan korban, biasanya korban akan mendapatkan iming-iming kasih sayang dan kepercayaan layaknya orang yang akan menuju hubungan yang lebih serius. Hal itu semata-mata agar sipelaku bisa dengan mudah memanipulasi korban sehingga mereka bisa dengan leluasa mengambil keuntungan seperti yang mereka inginkan seperti uang maupun lainnya.

Para pelaku ahli dalam memberikan kasih sayang dan ketulusan palsu, seperti benar-benar memberikan perhatian dan dapat dipercaya layaknya orang yang benar-benar sedang “kasmaran”. Kasus seperti ini biasanya ditemukan dari kencang daring maupun media sosial.

Bahkan, banyak korban yang percaya bahwa pelaku benar-benar serius dan akan melamar korban dan bertemu langsung. Tapi faktanya pelaku akan selalu mengelak jika diajak bertemu oleh korban, alasan-alasan seperti pelaku bekerja di tempat yang jauh dari perkotaan. Hal itu selalu dijadikan alasan ketika korban meminta untuk bertemu, sehingga masuk akal jika pelaku meminta sejumlah uang kepada korban untuk keadaan darurat tertentu.

Dalam dunia hacking Love Scamming termasuk kedalam Social Engineering yaitu sebuah kejahatan cyber yang memanfaatkan kesalahan manusia untuk mendapatkan akses informasi pribadi atau data-data penting. Ada banyak jenis Social Engineering, Phising diantaranya, namun pada kasus ini bisa termasuk kedalam metode Pretexting yaitu metode Social Engineering yang dilakukan dengan melakukan kebohongan yang dibuat dengan cerdik.

 

Ciri-ciri Love Scamming

  • Pelaku sulit menemui kamu

Ciri-ciri pertama bahwa orang yang sedang dekat dengan kamu melalui media online adalah pelaku Love Scamming adalah ketika diajak bertemu pelaku akan selalu memberikan alasan yang tidak jelas. Hal itu dilakukan pelaku karena memang pelaku tidak akan pernah menemui kamu.

  • Mulai meminta uang dengan cerita menyedihkan

Semakin dekat pelaku dengan kamu, pelaku akan mulai bercerita tentang dirinya dan hidupnya lalu kemudian mulai bercerita tentang hal-hal yang menyedihkan sehingga hal tersebut akan menimbulkan iba bagi korban demi bisa mendapatkan yang dia inginkan dari kamu.

  • Mengarahkan untuk mengirim uang

Jika jarak adalah alasan kamu tidak bisa mengirim uang, misalnya ke luar negeri. Maka pelaku akan mengarhkan kamu bagaimana cara untuk mengirim uang ke luar negeri.

 

Cara Terhindar Love Scamming

 

  • Berhati-hati membagikan informasi sensitif pada akun media sosial kamu, karena informasi-informasi tersebut bisa saja digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk berpura-pura menjadi kamu ataupun orang lain.
  • Jangan hanya melihat dari foto profil saja, perhatikan dengan jelas apakah foto tersebut foto asli atau bukan. Kamu bisa menggunakan penelusuran online untuk mengetahui apakah foto tersebut sudah pernah digunakan orang lain atau belum.
  • Jangan cepat percaya ketika orang yang baru kamu kenal minta untuk berkomunikasi di platform yang lebih pribadi secara cepat.
  • Berhati-hatilah jika orang tersebut mulai menanyakan kamu informasi-informasi yang sifatnya penting, seperti orang terdekat atau informasi penting yang mengarah kepada akun bank atau lainnya.
  • Jangan terperdaya jika pelaku mengajak kamu untuk melakukan video call intim, karena bisa jadi pelaku akan mengambil bahkan merekam gambar kamu yang kemudian dijadikan sarana untuk memeras kamu.
  • Jangan pernah mengirim uang kepada siapapun yang hanya kamu kenal melalui media online.

Selalu ingat bahwa privasi adalah sesuatu hal yang paling penting di jaman sekarang, tidak cepat percaya kepada siapapun di media sosial menjadikan langkah yang baik untuk terhindar dari sesuatu yang merugikan bagi kamu sendiri maupun orang di sekitar kamu.

 

Belum ada update terbaru tentang hukuman yang diberikan kepada pelaku, apakah dihukum di indonesia atau dipulangkan ke negara asal mereka. Mindi mau ngingetin kamu untuk selalu berhati-hati dan tidak gegabah dalam bermedia sosial, karena pelaku kejahatan bisa darimana saja dan kapan saja. Yang bisa kamu lakukan adalah terus berhati-hati dan selalu waspada terhadap orang yang baru kamu kenal, jika kamu memang terlanjur menjadi korban jangan pernah takut untuk melapor kepada aparat setempat. Stay Safe Teman Dino!

 

Leave a Reply