blog posts

ssl gratis

Fun Fact SSL Gratis dan Berbayar yang Jarang Kamu Ketahui, dan 7 Perbedaanya!

SSL atau Secure Socket Layer adalah sebuah lapisan keamanan yang banyak disukai dan digunakan oleh pemilik website untuk membuat websitenya lebih aman. SSL bekerja dengan cara mengenkripsi data saat ditransmisikan sehingga hanya pihak yang dituju yang dapat membaca dan mengartikan informasi tersebut. Untuk pengertian SSL lebih lanjut baca di sini : Menarik Untuk Di Simak Apa Itu SSL? Jenis SSL Dan Cara Menggunakannya.

 

Jika kamu sudah memahami apa itu SSL dan segala jenis SSL. Mungkin kamu akan bertanya, kenapa ada SSL Gratis dan Berbayar? Perlu diingat bahwa pihak penyedia SSL memang memberikan sertifikat SSL yang gratis, namun dengan berbagai keterbatasan, maka ketika kamu ingin membuat website untuk kebutuhan yang lebih luas seperti bisnis dan lainnya. Tentu kamu diharuskan menggunakan SSL yang berbayar, karena selain jaminan keamanan yang lebih tinggi, SSL berbayar juga memungkinkan kamu untuk lebih leluasa melakukan apapun pada SSL tersebut.

 

Perbedaan SSL Gratis dan Berbayar

Berikut adalah beberapa perbedaan antar SSL gratis dan berbayar

SSL Gratis

1. Jenis SSL

 

SSL gratis

 

SSL gratis hanya memiliki satu jenis saja yaitu Domain Validated (DV) SSL. SSL jenis ini gratis karena tidak membutuhkan persyaratan yang rumit yakni hanya membutuhkan validasi nama domain saja. Untuk kebutuhan blog sederhana, mungkin SSL ini cukup. Tapi tidak untuk website yang lebih besar yang menyimpan data-data penting pada website.

 

2. Kompatibilitas Browser

 

ssl gratis

 

Untuk masalah kompatibilitas SSL gratisan memang tidak bisa digunakan di semua browser, ada beberapa browser yang tidak mendukung untuk menjalankan dan tidak dapat mendeteksi SSL yang gratis. Maka ketika kamu membuka website dengan SSL gratisan di browser yang tidak kompatibel browser kamu akan muncul tidak aman seperti “Secure Connection Failed” atau “This Connection is Untrusted“.

 

3. Masa Berlaku

SSL yang gratis memiliki masa berlaku yang lebih pendek dibandingkan dengan SSL yang berbayar. SSL gratis biasanya hanya memiliki masa berlaku maksimal 90 hari sejak pertama kali digunakan dan ketika habis kamu harus melakukan reissue SSL atau menerbitkan ulang SSL. Dan akan begitu terus, jika kamu tidak melakukan reissue maka website kamu akan kembali menjadi tidak aman.

 

4. Tingkat Kepercayaan

Jika kamu tahu, bahwa dikalangan profesional lebih memilih SSL yang berbayar dibandingkan dengan SSL yang gratis. Karena kepercayaan pelanggan terhadap SSL yang gratis masih cenderung sedikit, sehingga walaupun ada yang gratis, kebanyakan orang lebih banyak menggunakan SSL yang berbayar.

 

5. Kustomisasi

Pada prinsipnya, meskipun kamu dapat memperoleh sertifikat SSL gratis, kamu mungkin akan terbatas dalam hal mengkostumisasi fitur-fitur keamanan yang disertakan. Namun, jika perusahaan hosting tempat kamu membeli hosting untuk situs web memberikan sertifikat SSL gratis, perlu diingat bahwa sertifikat tersebut umumnya hanya berlaku untuk satu nama domain tunggal saja.

 

6. Support

Berbeda dengan SSL yang berbayar, SSL yang gratisan tidak memiliki team support. Jadi, apabila terjadi sesuatu pada SSL kamu seperti error atau masalah lainnya, kamu tidak akan bisa meminta bantuan team support dan hanya bisa memecahkan masalahnya sendiri.

 

SSL Berbayar

1. Jenis SSL yang lebih banyak

Berbeda dengan SSL yang gratis, SSL berbayar memiliki lebih dari satu jenis SSL, yaitu Level Domain Validation SSL, Organization Validation SSL, dan Extended Validation SSL. Dengan menggunakan SSL berbayar, pengguna bisa bebas menggunakan SSL manapun yang sesuai dengan kebutuhan websitenya.

 

2. Bisa digunakan oleh sebagian besar browser

SSL yang gratis hanya bisa digunakan pada browser tertentu saja. Sedangkan SSL yang berbayar bisa kompatibel dan bisa dibaca oleh berbagai jenis browser yang kamu gunakan dengan jangkauan sebesar 99.99% sehingga kamu tidak perlu takut akan menemukan pesan error seperti menggunakan SSL gratisan tadi.

 

3. Masa Berlaku

Masa berlaku SSL yang berbayar jauh lebih panjang dibandingkan dengan SSL yang gratis. SSL berbayar bisa bertahan sampai dengan 1-2 tahun semenjak digunakan. Dan tentu kamu tidak perlu melakukan reissue setiap 90 hari sekali seperti yang terjadi pada SSL yang gratis.

 

4. Tingkat Kepercayaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa sebagian besar profesional lebih memilih menggunakan SSL yang berbayar dibandingkan dengan SSL yang gratisan. Penggunaan SSL yang berbayar juga akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website kamu.

 

5. Kustomisasi

Saat kamu menggunakan SSL yang berbayar kamu bisa bebas mengkustomisasi SSL yang kamu gunakan, misalnya kamu bisa memindahkan sertifikat SSL ke domain lain dengan melakukan reissue kepada penyedia sertifikat SSL.

 

6. Support

Membeli SSL dari penyedia yang terpercaya juga penting, karena kamu tidak hanya akan mendapatkan support yang baik, kamu juga akan dilayani dengan sepenuh hati dan siap membantu setiap permasalahan kamu kapan saja dan dimana saja.

 

7. Jaminan Keamanan

SSL gratis tidak memiliki jaminan keamanan, sedangkan SSL yang berbayar sudah pasti memberikan jaminan keamanaan terhadap website kamu. SSL yang berbayar umumnya menggunakan enkripsi tinggi yaitu 256bit, dengan demikian keamanan website kamu lebih terjamin dibandingkan dengan menggunakan SSL yang gratisan.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah SSL yang berbayar jauh lebih baik digunakan untuk website yang memiliki kepentingan lebih, seperti website yang menyimpan banyak data penting. Contohnya website e-commerce yang akan menyimpan banyak data pelanggan, serta website lainnya yang bersifat penting. Sedangkan SSL gratis masih aman digunakan selama website kamu tidak menyimpan banyak data penting, contohnya website blog, portofolio, ataupun website pribadi.

 

Yakin masih mau menggunakan SSL yang gratis?

Jika kamu pemiliki website bisnis yang membutuhkan SSL yang keamanannya terjamin, kamu harus menggunakan SSL dari Jetdino, selain keamanan yang sudah terjamin, sertifikat SSL Jetdino juga terjangkau, serta telah di support oleh Customer Support yang profesional dan siap sepenuh hati membantu kamu mengatasi masalah yang terjadi. Segera bergabung dengan ribuan pelanggan lainnya dan rasakan keamanan SSL Jetdino sekarang!

 

 

 

 

1 Comments

Leave a Reply