blog posts

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah

Jualan di Marketplace dan Website Toko Online Mana Lebih Untung, Simak 4 Perbedaannya

Saat kamu mempunyai bisnis dan merasa bisnis kamu tidak berkembang, membuat bisnis online mungkin menjadi solusi untuk kamu. Namun, banyaknya metode online di jaman sekarang bisa membuat kamu bingung akan memulai dari platform yang mana. Marketplace atau Website toko online yang lebih baik? Pada artikel ini kita akan bahas secara tuntas.

 

Membuat Website Toko Online atau Daftar Marketplace?

website toko online

Pengertian Marketplace

Marketplace dan website merupakan dua hal yang berbeda. Marketplace adalah sebuah platform atau tempat di mana berbagai penjual dan pembeli dapat berkumpul untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Ini adalah sebuah konsep yang telah ada dalam berbagai bentuk selama ribuan tahun, mulai dari pasar tradisional fisik hingga toko online modern.

Dalam konteks modern, marketplace sering merujuk pada platform online di mana penjual dapat mendaftar dan menawarkan produk atau jasa mereka kepada sejumlah besar pembeli potensial. Marketplace seperti Amazon, eBay, Alibaba, dan banyak lainnya memungkinkan perusahaan dan individu untuk menjual barang mereka kepada audiens yang lebih besar daripada yang mungkin mereka capai sendiri. Pembeli dapat mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan, membandingkan harga dan fitur, dan kemudian melakukan pembelian secara online.

Marketplace sering memberikan berbagai fitur, termasuk sistem pembayaran, peringkat penjual, ulasan produk, dan berbagai alat lainnya yang memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli. Seiring dengan perkembangan teknologi, marketplace online telah menjadi cara yang umum untuk berbelanja dan menjual barang secara global.

 

Kelebihan Marketplace

Lebih Mudah Untuk Memulai

Marketplace dan website memiliki perbedaan yang cukup signifikan untuk pemula, karena Marketplace adalah sebuah platform yang dibuat oleh sebuah perusahaan, yang dimana semua fitur dan penggunaanya sudah disusun sedemikian rupa sehingga akan memudahkan siapa saja yang ingin menggunakan platform tersebut untuk membuat toko online. Cara daftarnya pun relatif mudah, karena ketika kamu mendaftar kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada pada platform tersebut.

 

Tidak Membutuhkan Modal yang Terlalu Besar

Memulai berjualan di marketplace dan website sebenarnya bisa dilakukan dengan gratis, namun biasanya di marketplace aplikasi menyediakan layanan berbayar untuk mengoptimalkan toko kamu, seperti iklan dan biaya layanan yang hanya 1% dari penjualan. Selama kamu mempunyai toko dan barang untuk dijual kamu sudah bisa mulai berjualan di marketplace.

 

Target Pasar Jelas

Jaman sekarang apalagi setelah pandemi, marketplace menjadi platform yang dipercaya banyak kalangan. Karena kemudahannya yang bisa beli barang dari mana saja dan akan dikirim langsung ke rumah pembeli menjadikan penggunaannya meningkat selama pandemi. Tidak hanya saat pandemi saja, namun marketplace kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat modern. Ketika kamu mulai berjualan online maka kamu tidak perlu mencari pembeli dan pembeli yang akan datang sendiri.

 

Banyak Pilihan Fitur

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketika berbelanja di marketplace kita juga akan mendapatkan tawaran-tawaran menarik seperti promo, cashback, gratis ongkir. Selain itu, marketplace juga akan memberikan lencana kepada penjual yang terpercaya, sehingga akan meningkatkan kredibilitas toko kamu.

 

Kekurangan Marketplace

Tingkat Awarness Rendah

Ketika kamu menggunakan marketplace maka kamu akan kesulitan dalam melakukan branding untuk toko kamu. Karena di marketplace orang hanya akan melihat halaman produkmu saja, jika orang ingin melihat toko kamu maka harus mengklik profil toko yang mana itu cukup memakan waktu untuk dilakukan.

 

Tingkat Persaingan Tinggi

Seiring semakin meningkatnya pengguna marketplace, maka semakin meningkat pula para penjual yang menggunakan marketplace. Hal ini berarti meningkatkan persaingan yang lebih tinggi di sektor ini. Terlebih di marketplace orang akan membandingkan harga produk kamu dengan produk serupa dari toko lain. Jika harga dari toko lain lebih murah dibandingkan dengan toko kamu, maka akan semakin sulit untuk meningkatkan penjualan.

 

Research Pasar Terbatas

Di marketplace semua data pengunjung dan pembeli sepenuhnya dimiliki oleh pihak marketplace, hal ini akan menyulitkan kamu untuk melakukan research lebih lanjut tentang pasar dan pembeli kamu. Sehingga kamu akan kesulitan untuk menentukan strategi yang tepat untuk toko kamu.

 

Lalu apasih website? Baca selengkapnya di sini : Seberapa Penting Website Bagi Kemudahan Akses Informasi Dan Bisnis?

 

Kelebihan Website Toko Online

 

website toko online

 

Marketplace dan website mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing, berikut ini kelebihan berjualan menggunakan website,

Jangkauan Lebih Banyak

Website toko online memungkinkan kamu untuk mencapai pasar yang lebih luas. Dengan menggunakan SEO dan SEM yang relatif lebih efektif karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk membuat iklan. SEO (search engine optimization) bisa meningkatkan jangkauan yang lebih luas dan murah, karena kamu hanya perlu membuat konten dengan fokus keyword untuk mencapai peringkat tertinggi di mesin pencarian.

 

Kontrol Penuh

Membangun website toko online sendiri membuat kamu memiliki kontrol penuh terhadap website kamu, jika dikemudian hari kamu ingin melakukan pengeditan atau mengkustom website kamu sesuka hati, kamu bebas melakukannya tanpa harus menunggu persetujuan siapapun.

 

Bebas Melakukan Branding

Website toko online bisa dicustom sesuai keinginan pemiliknya, ini akan memudahkan kamu dalam melakukan branding. Karena kamu akan lebih leluasa ingin membuat desain seperti apa untuk website kamu yang bisa kamu sesuaikan dengan identitas bisnis kamu.

Branding adalah salah satu hal yang penting untuk sebuah bisnis, branding yang tepat dapat membuat bisnis kamu dikenal lebih banyak orang dan memungkinkan mendapat pembeli yang lebih banyak.

 

Research Pasar Lebih Mudah

Hampir sebagian besar pemilik website menyambungkan website mereka dengan google analytic, melalui google analytic akan memudahkan kamu untuk menentukan strategi branding yang tepat yang dapat disesuaikan dengan buyer persona pelanggan kamu.

 

Kekurangan Website Toko Online

Memerlukan Biaya yang Lebih Mahal

Ketika kamu ingin membuat website toko online yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari website developer yang berpengalaman agar kamu bisa membuat website yang sesuai dengan keinginan kamu. Meng-hire website developer yang berpengalaman biasanya membutuhkan biaya yang cukup mahal, belum lagi jika sang website developer memberikan biaya yang berbeda untuk pembelian hosting dan domain, ini akan menambah biaya yang lebih banyak lagi.

 

Memerlukan Pengelolaan yang Baik

Website toko online bisa diakses oleh siapa saja, hal itu menimbulkan resiko-resiko yang memaksa kamu harus mengelola dengan baik website kamu. Karena jika tidak, resiko seperti serangan malware, DDoS, dan spam bisa menyerang website kamu kapan saja. Carilah webstie developer yang sekaligus menawarkan jasa pengelolaan website agar kamu bisa lebih fokus dalam melakukan branding saja.

 

Diperlukan Strategi yang Tepat

Agar website toko online kamu memiliki jangkauan maksimal, SEO tidak bisa dilakukan hanya sekali saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena kamu akan melakukan research keyword secara terus menerus untuk meningkatkan traffic dan ranking pada mesin pencarian google. Terus mencoba adalah cara terbaik untuk mendapatkan strategi yang tepat.

 

Pada dasarnya bisnis kamu ada di tangan kamu, kamu bebas menentukan akan menggunakan metode yang mana untuk membuat bisnis kamu online. Yang perlu kamu ketahui bahwa kedua metode ini bisa dijalankan sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, namun semuanya kembali kepada strategi yang kamu lakukan.

Banyak orang kesulitan dalam memilih dan mencari hosting maupun domain di pasaran karna banyaknya penyedia layanan tersebut, apalagi untuk pemula. Baca : 9 Rahasia Cara Memilih Nama Domain Yang Baik Dan Tepat Untuk Bisnismu

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena Jetdino adalah penyedia layanan hosting dan domain yang Newbie Freindly, artinya produk Jetdino mudah digunakan untuk pemula sekalipun. Mulai dari pembelian yang mudah dan Customer Support yang selalu membantu ketika kamu kebingungan, serta harga yang murah namun menawarkan fitur yang mumpuni, membuat Jetdino sangat cocok sebagai partner bisnis kamu. Kunjungi website Jetdino dan beli produknya sekarang di www.jetdino.com.

 

Leave a Reply