blog posts

cara memilih nama domain

9 Rahasia Cara Memilih Nama Domain Yang Baik Dan Tepat Untuk Bisnismu

Membuat website tidak bisa sembarangan, membuat website juga harus mempertimbangkan soal pemilihan nama, agar website kamu dikenal dan mudah diingat oleh pengunjung. Domain menjadi salah satu unsur penting yang harus kamu perhatikan, memilih nama domain tidak bisa asal-asalan. Karena domain bukan hanya sekedar untuk membuat website kamu online, namun juga sebagai penamaan pada sebuah website. Jika nama yang dipilih cenderung rumit dan asal-asalan, maka kemungkinan pengunjung akan sulit untuk mengenal dan mengingat website kamu.

Memilih nama domain yang baik juga akan memudahkan kamu dalam melakukan branding untuk website dan bisnis kamu tentunya. Maka dari itu kamu harus perhatikan dengan serius ketika memilih nama domain untuk website kamu. Jangan bingung dulu, karena pada artikel ini kamu akan mengetahui cara memilih nama domain yang baik dan apa saja yang harus diperhatikan saat memilih nama domain.

 

Hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih nama domain

 

Pilih nama domain yang singkat

 

memilih nama domain

 

Domain yang tidak berbayar biasanya memiliki nama domain yang terlalu panjang, sehingga akan membuat pengunjung website sulit mengingat website kamu, maka dari itu memilih nama domain dengan nama yang singkat, padat, dan mudah diingat oleh pengunjung website kemungkinan banyak pengunjungnya lebih besar. Sehingga kamu akan jauh lebih mudah dalam melakukan branding untuk website kamu, dan website kamu akan mudah diingat oleh pengunjung yang pernah mengunjungi website kamu.

 

Pilih nama domain yang sesuai dengan niche pasar

Niche pasar adalah bagian dari strategi marketing yang memiliki target konsumen dan pasar lebih spesifik. Jika bisnismu bisnis makanan, maka domain yang kamu pilih harus yang berhubungan dengan makanan dan nama brand kamu. Contoh restopadang.com. Tujuan adalah agar orang mudah mengingat website dan bisnis kamu.

 

Pilih domain sesuai target pasar

 

memilih nama domain

 

Hampir sama dengan poin nomer dua, domain juga harus sesuai dengan target pasar. Memilih nama domain yang sesuai dengan target pasar juga akan mempengaruhi dalam optimasi SEO kamu. Jika bisnis kamu berada di wilayah indonesia, maka otomatis target pasar kamu juga khusus orang indonesia, kecuali, kamu seorang pengusaha yang menjual produknya untuk dalam dan luar negeri. Begitu juga sebaliknya, jika bisnis kamu target pasarnya berada di luar wilayah indonesia, maka kamu juga harus memilih nama domain yang mampu menjangkau SEO di luar indonesia. Yang membedakan domain untuk satu wilayah dan di luar wilayah adalah dari ekstensi domain yaitu TLD dan ccTLD.

 

Beli domain sesuai kemampuan

Kenapa harus membeli domain sesuai kemampuan, karena banyaknya nama domain yang beragam dan tentu dengan harga yang berbeda-beda pula. Banyak domain yang murah namun penyedia layanannya tidak memperhatikan kualitas dari domain tersebut. Jika kamu seorang pebisnis pemula, lebih baik kamu membeli domain sesuai dengan kemampuan budgeting bisnis kamu, jangan memaksakan membeli domain yang mahal namun bisnis kamu terhambat untuk berkembang. Baru ketika bisnis kamu sudah mulai berkembang, kamu bisa upgrade untuk membeli domain yang lebih mahal. Namun jika kamu teliti, banyak domain yang berkualitas seperti .com atau .id dengan harga yang lebih murah.

 

Pilih domain yang telah memiliki fitur keamanan

 

Kejahatan dunia maya bisa masuk dari mana saja dan kapan saja, memilih nama domain dari penyedia layanan yang terpercaya, dan telah memberikan garansi untuk fitur keamanan, pastikan juga penyedia layanan sudah didukung oleh tim teknis yang berpengalaman, sehingga jika terjadi sesuatu pada website kamu, kamu tidak perlu pusing memikirkannya sendirian.

Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, hindari juga hal-hal berikut agar kamu tidak menyesal saat membeli domain.

 

Waspada terhadap biaya tambahan

Saat membeli domain, perhatikan secara detail deskripsi dari si penyedia layanan, apakah harga yang tertera sesuai dengan kenyataan saat kamu melakukan checkout, atau penyedia sengaja menambahkan biaya untuk layanan yang seharusnya tersedia ketika kamu membeli domain. Jangan terburu-buru melakukan pembayaran jika ada hal yang belum kamu pahami, kamu bisa mencari tahu pada penyedia layanan lain, atau menanyakan langsung pada customer service penyedia layanan tersebut.

 

Lindungi privasi kamu

Detail domain merupakan sebuah data publik yang disimpan pada WHOIS dan RDAP, registra yang bandel bisa saja menjual data kamu ke pihak ketiga yang memang membutuhkan. Pastikan kamu mencari registra yang benar-benar melindungi hak privasi kamu.

 

Utamakan transparansi

Carilah registra yang mengedepankan transparansi dalam proses berlanggan domain kamu, pastikan juga registra tersebut transparan soal harga saat pertama kali berlangganan dan saat proses perpanjangan kemudian. Jangan sampai kamu memilih registra yang mempersulit proses pembatalan pesanan, dan penambahan biaya saat melakukan perpanjangan masa domain.

 

Dukungan tidak berbayar

 

memilih nama domain

 

Setiap registra profesional pasti memiliki tenaga pendukung yang selalu siap melayani kapanpun kamu membutuhkan, jika sebuah registra meminta biaya tambahan untuk setiap dukungan yang diberikan, sebaiknya kamu harus mencari registrar lain.

Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih domain dan hal-hal apa saja yang harus dihindari, sekarang kamu bisa mulai mencari domain untuk website kamu.
Jetdino menawarkan berbagai macam pilihan nama domain yang bisa kamu pilih, Jetdino juga menyediakan ekstensi TLD dan ccTLD agar kamu bisa sesuaikan dengan target pasar kamu. Jetdino juga tidak sembarangan menjual domain, karena domain yang dijual di Jetdino telah dilengkapi dengan Domain Protection. Untuk seorang pebisnis pemula, domain Jetdino juga sangat tepat, karena kamu mulai bisa memiliki domain kamu dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan penyedia lainnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir, karena semua proses berlanggan domain di Jetdino sangat transparan, dan mengedepankan privasi pelanggan. Customer support siap siaga selama 24/7 tanpa memerlukan biaya tambahan lainnya. Jetdino telah selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang memuaskan untuk kamu, yuk kolaborasi bersama Jetdino agar website dan bisnis kamu semakin berkembang.

Mau domain gratis? Klik di sini

 

Pilih Nama Domainmu SendiriĀ 

 

referensi : https://domains.google/intl/id_id/learn/how-to-come-up-with-a-good-domain-name/

 

Leave a Reply