blog posts

meningkatkan performa website

25 Tools Untuk Meningkatkan Performa Website Biar Websitemu Melejit

Kita semua tahu pentingnya website bagi branding bisnis online, hampir semua bisnis maupun organisasi non profit, baik lokal maupun international. Mereka membutuhkan website untuk menjangkau pembeli melalui online, setelah membuat website kamu perlu meningkatkan performa website agar website kamu dikenal orang.

Mengejutkan, survei terbaru oleh 1&1 Internet melaporkan bahwa hingga 40% bisnis kecil dan menengah masih belum memiliki situs web. Meskipun kamu aktif di media sosial, mengoperasikan bisnis tanpa situs web hanya sia-sia. Situs web merupakan bagian penting dari strategi pemasaran online kamu.

Entah kamu sedang ingin untuk membuat situs web pertama kamu, atau kamu sudah memiliki situs web yang tidak mendapatkan traffic atau prospek yang kamu harapkan, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang sebenarnya diperlukan untuk meningkat performa website.

Memiliki situs web saja bukanlah kunci untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebaliknya, kemampuan untuk mengubah situs web kamu menjadi platform pemasaran sangatlah penting. Situs web kamu memiliki tujuan yang besar dan perlu memainkan banyak peran. Sebuah situs web tidak hanya harus ada, tetapi harus berkinerja baik. Situs web harus dapat menarik pengunjung, mendidik mereka, dan meyakinkan mereka untuk membeli.

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan performa website kamu :

Membuat website muncul di pencarian google

Ketika kamu sudah membuat website, tentu kamu ingin website kamu muncul pada laman pencarian google agar website kamu mudah ditemukan oleh orang lain termasuk pelanggan kamu. Berikut cara meningkatkan performa website kamu agar muncul di laman pencarian google.

Membangun inbound link

 

meningkatkan performa website
(sumber : SEOoptimer)

 

Untuk meningkatkan performa website, setiap situs web di internet memiliki tujuan untuk mencapai posisi #1 di mesin pencari, tetapi karena hanya ada satu tempat teratas per frasa kata kunci, tidak semua orang dapat mencapainya. Jadi apa yang bisa membuat jadi peringkat pertama? Search Engine Optomatitation (SEO) adalah faktor paling penting untuk meningkatkan performa website dan hasil peringkat kamu pada pencarian google.

Untuk meningkatkan performa website, cobalah Off-Page SEO. Off-Page SEO adalah tentang membangun tautan masuk, pada dasarnya mendapatkan situs web berkualitas lainnya untuk menghubungkan kembali ke situs kamu. Mesin pencari menyebut ini otoritas atau “link juice”. Semakin banyak tautan masuk yang kamu miliki, semakin penting situs kamu di google, sehingga semakin tinggi peringkat website kamu.

Membangun tautan tidak semudah yang dibayangkan, bila dilakukan dengan benar akan sangat sulit karena kamu harus menambahkan tautan ke situs web lain terkadang diluar kendali kamu. Berikut beberapa tips untuk membangun tautan masuk :

 

• Untuk meningkatkan performa website kamu, buat konten berkualitas tinggi, edukatif atau menghibur. Jika orang menyukai konten kamu, mereka akan secara alami ingin menghubungkannya.

• Kirimkan situs web kamu ke direktori online. Ini adalah cara mudah untuk memulai.

• Tulis pos tamu untuk blog lain. Ini adalah kemenangan bagi kedua belah pihak. Orang akan menginginkan konten ekstra (berkualitas) dari orang lain dan sebagai imbalannya, ini adalah cara yang bagus untuk membangun tautan masuk.

• Mencari peluang membangun tautan dengan situs web lain, tetapi selalu periksa otoritas situs web yang ingin kamu dapatkan tautan darinya. Ada banyak alat online yang memungkinkan kamu untuk memeriksa otoritas domain atau halaman, termasuk alat penilaian tautan HubSpot.

• Dan jangan meminjam, memohon, memperdagangkan, menyuap, atau membeli tautan.

 

On-page SEO

 

cara meningkatkan performa website
(sumber : ritaelfianis.id)

 

Walaupun SEO off-page sangat penting, kita tidak boleh lupa tentang SEO on-page. Ini terdiri dari menempatkan kata kunci terpenting kamu dalam elemen konten halaman aktual kamu. Elemen on-page ini termasuk Headlines, Sub-headlines, Body Content, Image Tags, dan Links. Seringkali SEO on-page disebut sebagai “kepadatan kata kunci.”

Sangat umum bagi bisnis untuk melakukan optimasi on-page yang terlalu sedikit atau terlalu banyak (keyword stuffing). Meskipun penting untuk menyertakan kata kunci kamu sebanyak yang diperlukan dalam satu halaman, kamu juga tidak bisa memasukannya berlebihan karena itu tidak membantu untuk meningkatkan performa website.

Untuk SEO on-page yang baik

• Pilih kata kunci utama untuk setiap halaman dan fokus pada mengoptimalkan halaman itu untuk kata tersebut. Jika kamu menyertakan terlalu banyak kata kunci dalam satu halaman, halaman tersebut akan kehilangan pentingannya dan otoritasnya karena mesin pencari tidak akan memiliki gagasan yang jelas tentang halaman itu. Ini sangat umum terjadi pada halaman utama, di mana terlalu banyak kata kunci digunakan.

Optimisasi Mesin Pencari On-page (SEO)

• Letakkan kata kunci utama kamu dalam headline dan sub-headline. Area konten ini memiliki bobot yang lebih besar untuk mesin pencari.

• Sertakan kata kunci dalam konten body tetapi jangan gunakan di luar konteks. Pastikan kata kunci relevan dengan konten kamu karena dapat meningkatkan performa website.

• Sertakan kata kunci dalam nama file gambar (misalnya mykeyword.jpg) atau gunakan di tag ALT.

• Sertakan kata kunci dalam URL halaman dan jaga URL tetap bersih.

• Dan terakhir, tulislah terlebih dahulu untuk manusia, lalu untuk mesin pencari. Selalu siapkan konten kamu untuk audiens kamu dan kemudian cari cara untuk mengoptimalkannya untuk pencarian. Konten yang ditulis dengan urutan lain tidak akan terbaca secara alami dan pengunjung kamu akan mengenali hal itu.

Title tag dan Meta tag

Meskipun ini mungkin adalah komponen SEO yang paling kurang menarik, tetapi ini pasti harus dimiliki. Meta Tag adalah baris kode yang terdapat pada latar belakang halaman web. Mesin pencari melihat meta tag untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang ada pada halaman tersebut.

Meta tag tidak memiliki tingkat kepentingan SEO seperti dulu tetapi masih sangat penting. Dulu, situs web menyalahgunakan meta tag untuk meningkatkan peringkat mereka dengan cara menyertakan terlalu banyak kata kunci. Sekarang mesin pencari lebih pintar dan memberikan lebih banyak bobot pada tautan masuk dan konten halaman untuk peringkatnya. Namun, mereka masih memainkan peran penting dalam strategi SEO. Pastikan untuk menggunakan ini pada semua halaman web kamu.

Jika kamu bukan seorang pakar web, kebanyakan editor situs web dan sistem manajemen konten memungkinkan kamu untuk dengan mudah mengedit meta tag tanpa pengetahuan pemrograman. Jika kamu tidak memiliki editor, kamu dapat dengan mudah membuka file halaman web (berakhir dengan .htm, .html, .asp, atau .php) di Notepad atau editor teks biasa dan meta tag akan ditemukan di dekat bagian atas dokumen.

Berikut adalah contoh dari apa yang meta tag terlihat seperti dalam dokumen HTML:

Judul: Judul halaman yang terlihat di bagian atas browser web, juga merupakan headline utama yang ditampilkan dalam hasil mesin pencari.
<title>Perangkat Lunak Pemasaran Masuk HubSpot</title>
Deskripsi: Deskripsi singkat halaman.

<meta name=”Description” content=”Berhenti mendorong. Mulailah menarik. Berhenti mengganggu. Mulailah terlibat. Perangkat Lunak Pemasaran Masuk HubSpot …”>
Kata Kunci: Kata yang mengidentifikasi tentang apa halaman tersebut. Pertahankan kurang dari 7 kata kunci per halaman. Kata kunci dalam meta tag tidak terlihat dalam hasil mesin pencari seperti Judul dan Deskripsi.

 

XML Sitemap

Fungsi umum di balik sebuah XML sitemap adalah untuk membantu mesin pencari memilah-milah halaman kamu dengan lebih efisien. XML sitemap adalah file .xml yang berisi daftar semua halaman kamu dan kapan terakhir diperbarui. Ini mirip dengan peta kereta bawah tanah. Ini menunjukkan struktur situs web kamu dan di mana halaman-halaman kamu berada.

Membuat sitemap mudah. Kamu dapat menemukan generator sitemap online yang akan membuat file .xml untuk kamu. Setelah kamu mendapatkan file .xml, cukup unggah ke direktori root situs web kamu (misalnya www. website.com/sitemap.xml).

Jika situs web kamu diperbarui secara teratur, jadikanlah kebiasaan yang baik untuk memperbarui file xml kamu setidaknya sekali sebulan agar mesin pencari memiliki data yang paling segar.

Menambahkan sitemap XML adalah komponen yang sering diabaikan, meskipun itu mungkin bukan faktor penentu dalam meningkatkan mesin pencari kamu.

 

301 Redirect

Redirect adalah memindahkan URL lama ke URL baru, pernahkah kamu membuka sebuah website kemudian muncul pesan “errror 404” atau halaman tidak di temukan karena url mungkin telah berpindah. Error ini terjadi karena pemilik website telah mengganti atau memindahkan halaman ke URL baru dan tautal lama tidak di arahkah ke halaman baru. Bayangkan, jika ini terjadi berapa banyak audience yang hilang dan kesempatan mereka membeli produk atau jasa kamu juga akan hilang.

Jika kamu memilih untuk memindahkan halaman di situs web kamu, pastikan bahwa kamu menggunakan pengalihan Permanen 301, metode yang digunakan untuk mengubah URL lama menjadi yang baru.

Selain membuat pengunjung senang saat menjelajahi situs web kamu, pengalihan permanen 301 juga penting untuk SEO. Ketika pengguna tidak dapat menemukan halaman baru, begitu juga mesin pencari, dan kamu akan kehilangan status SEO yang dimiliki halaman lama. Untuk menjaga “SEO juice” mengalir ke halaman baru, buat pengalihan 301 untuk halaman yang telah dipindahkan sehingga mesin pencari tahu di mana menemukannya.

 

Desain dan penggunaan yang mudah

Selain peringkat SEO yang perlu kamu fikirkan, hal yang tidak kalah penting dan harus kamu perhatikan untuk meningkatkan performa website juga adalah Desain dan User Experiences agar website kamu mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Sebagian besar situs web memiliki bounce rate antara 30-60%. Bounce rate adalah presentase pengunjung website yang langsung meninggalkan halaman setelah mereka membukanya. Jadi, untuk mempertahankan pengunjung tetap pada website kamu Desain dan Penggunaan yang mudah harus diperhatikan, berikut beberapa tips untuk mengurangi bounce rate pada website kamu :

 

Kesan pertama

Situs web kamu mewakili siapa kamu dan apa yang kamu tawarkan. Ketika orang melihatnya untuk pertama kalinya, mereka berpikir:

• Apakah situs ini kredibel?
• Apakah itu bisa dipercaya?
• Apakah ini perusahaan profesional?
• Apakah perusahaan ini stabil?
• Apakah situs ini membuat saya merasa welcome?
• Apakah saya berada di tempat yang tepat?

Kamu perlu bertanya pada diri sendiri untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sebelum membuat sebuah website pastikan kamu membuat website seperti pertanyaan-pertanyaan di atas. Berikut tips membuat desain website yang menarik :

• Penggunaan warna yang tepat

Gunakan warna yang tepat untuk audiens kamu, dan untuk menarik perhatian pada elemen yang dipilih. Jangan mencoba membuat semuanya mencolok. Hindari campuran warna yang kacau di situs web kamu dan pilih dua hingga empat warna untuk template dan materi pemasaran.

• Animasi, gadget, dan media

Hindari hal-hal yang tidak perlu. Menggunakan animasi Flash karena terlihat keren adalah strategi yang salah. Dalam kebanyakan kasus, sebaiknya jangan menggunakan latar belakang animasi atau musik latar belakang. Hanya gunakan media dan animasi untuk membantu mendukung konten dan informasi.

• Tata letak

Buat struktur navigasi yang jelas dan susun elemen halaman dalam tata letak grid (daripada tersebar secara acak). Juga, jangan takut menggunakan ruang putih dan hindari kerumunan.

• Tipografi

Pastikan situs web kamu mudah dibaca. Gunakan font, ukuran font, dan warna font yang mudah dibaca. Untuk pemindaian halaman yang lebih mudah, gunakan daftar poin, header bagian, dan paragraf pendek. Jika situs kamu berbahasa Inggris, pastikan informasi mengalir dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

Meskipun desain penting, jangan lupakan bahwa menawarkan konten yang bagus adalah yang akhirnya diinginkan oleh pengunjung kamu. Situs web yang dirancang dengan baik mungkin meyakinkan pengunjung untuk melihat lebih dekat tetapi mereka tidak akan melihat dua kali jika konten tidak berguna dan terorganisir dengan baik. Bagaimanapun, kamu tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama.

 

Menjaga konsistensi

Sebaiknya menjaga elemen di situs kamu cukup konsisten dari halaman ke halaman. Elemen termasuk warna, ukuran, tata letak, dan penempatan elemen tersebut. Situs kamu perlu memiliki alur yang baik dari halaman ke halaman. Ini berarti warna, font, dan struktur tata letak utamanya sama. Navigasi harus tetap berada di lokasi yang sama pada tata letak kamu di seluruh situs web kamu.

Untuk struktur tata letak, biasanya ada tiga tata letak halaman untuk sebagian besar situs web satu untuk halaman beranda, satu untuk halaman konten, dan satu untuk halaman formulir. Misalnya, halaman beranda kamu akan memiliki tata letak yang berbeda dengan halaman pendaratan untuk kampanye PPC. Pertahankan elemen dalam tata letak ini konstan. Ini akan membantu menjaga pengunjung kamu tidak merasa tersesat.

 

Menggunakan gambar yang tepat

Penggunaan gambar harus di perhatikan karena pemilihan gambar yang tepat sangat berpengaruh untuk meningkatkan performa website, mungkin stok gambar bisa dengan mudah ditemukan pada situs-situs tertentu, namun karena gambar stock bisa di gunakan oleh siapa saja maka gambar pada website kamu bisa saja ditemukan pada website orang lain. Marketing experiment melakukan uji coba membandingkan gambar stock dengan gambar asli, hasilnya foto asli memiliki prospek sebesar 95% dibandingkan dengan stock gambar.

 

Navigasi

Navigasi adalah salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan performa website, navigasi ini akan memudahkan pengunjung mengakses halaman website kamu. Jika pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari maka mereka akan pergi berikut beberapa tips untuk membuat navigasi yang baik :

• Pertahankan struktur navigasi utama kamu sederhana (dan dekat dengan bagian atas halaman website).
• Sertakan navigasi di bagian bawah situs kamu.
• Gunakan breadcrumbs di setiap halaman (kecuali halaman depan) sehingga orang menyadari jejak navigasi mereka.
• Sertakan kotak Pencarian di dekat bagian atas situs kamu sehingga pengunjung dapat mencari berdasarkan kata kunci.
• Jangan menawarkan terlalu banyak opsi navigasi pada halaman.
• Jangan terlalu dalam – dalam kebanyakan kasus, lebih baik menjaga navigasi kamu tidak lebih dari tiga level.
• Sertakan tautan dalam salinan halaman kamu dan buat jelas di mana tautan itu menuju. Ini juga bagus untuk SEO.
• Hindari penggunaan JavaScript yang rumit dan terutama Flash untuk navigasi kamu. Banyak telepon seluler tidak bisa melihat Flash

 

Flash dan Animasi

Anima dan flash memang dapat menarik perhatian, tapi perlu diingat bahwa tidak semua orang menyukai website yang terlalu banyak flash dan animasi karena dapat mengganggu pandangan mereka. Banyak orang yang lebih suka membuka situs web yang menggunakan perpaduan warna saja di banding dengan banyak flash dan animasi.

 

Aksesibilitas

Pastikan website kamu bisa dibuka di perangkat apapun, entah itu perangkat mobile, atau perangkat pintar lainnya. Perkembangan gadget semakin banyak dari hari-kehari, perbedaan browser juga semakin banyak maka dari itu website kamu harus bisa di buka di perangkat dan browser apapun.

Konten

Buatlah konten yang relevan dengan bisnismu, konten disini berarti isi daripada website kamu. Untuk meningkatkan performa website buatlah konten dengan fokus keyword agar website kamu berada teratas pada pencarian google.

Pesan

Buatlah website yang pesannya bisa disampaikan kepada banyak orang, artinya website kamu harus jelas tentang produk apa yang dijual, bisnis kamu bergerak dibidang apa, produk kamu cocok untuk siapa dan lain sebagainya. Ini penting agar website kamu terdistribusi dengan baik.

 

Mendidik dan menawarkan nilai

Mendidik dan menawarkan menilai, hanya karena kamu ingin produkmu laku terjual maka kamu sampai melupakan kualitas website kamu. Jangan sampai lupa, website yang baik adalah website yang mendidik dan menawarkan nilai kepada pengunjungnya. Ini juga akan berpengaruh pada SEO google karena jika tidak diperhatikan bisa-bisa website kamu bisa di kategorikan kepada situs negatif oleh google.

 

Penting dan Berkualitas

Google akan memprioritaskan website yang bersifat penting dan berkualitas, entah itu dari kecepatan loading, keamanan website, pemilihan nama domain ini juga akan sangat berpengaruh pada kualitas website. Maka yang harus selalu kamu perhatikan adalah gunakan layanan hosting dan domain yang berkualitas.

 

Jadilah jelas bukan cerdik

Website dan konten kamu harus jelas, artinya tidak bertele-tele dan membuat orang yang membacanya pusing. Dibandingkan terlihat cerdik lebih baik terlihat jelas.

Blogging

Website yang mempunyai blog juga akan jauh lebih baik, karena blog bisa sangat mendongkrak SEO kamu di pencarian google. Selain itu blog juga dapat kamu gunakan untuk menjelaskan tutorial dan tips terkait produk kamu.

 

Membuat Konten Bersifat Sosial dan Dapat Dibagikan

Konten kamu harus besifat umum dan relate bagi pengunjung website, karena ketika konten yang mereka baca terasa relate maka tanpa diminta mereka akan membagikan konten kamu dengan sendirinya. Melakukan riset sebelum membuat konten adalah cara terbaik unuk menentukan konten yang tepat.

 

Bentuk konten lainnya

Penulisan dan pemilihan aset gambar pada konten kamu juga akan sangat berpengaruh, pilihlah gambar yang menjelaskan isi konten kamu.

 

Testimoni

Testimoni sangat penting untuk kredibelitas website dan bisnis kamu, testimoni akan sangat berguna untuk meningkatkan trust pengunjung terhadap bisnis yang kamu jalankan. Kamu bisa menambahkan kolom komentar untuk membuat testimoni, atau kamu meminta pelanggan kamu untuk melakukannya.

Conversion

Conversion adalah proses saat penerima pesan pemasaran melakukan tindakan yang diharapkan oleh pemberi pesan. Dengan kata lain, conversion merupakan keberhasilan membuat seseorang merespons call to action.

 

Call to Action yang efektif

Buatlah call to action yang efektif, yang membuat orang akan tertarik untuk mengunjungi website kamu dan bahkan membeli produk kamu.

 

Posisi CTA

Posisikan CTA pada halaman utama website, agar pesan yang disampaikan tersampaikan dengan baik kepada setiap pengunjung website kamu dan kemungkinan conversion ratenya akan meningkat.

 

Landing pages

Apa itu landing pages, landing pages adalah halaman yang didesain khusus untuk upaya pemasaran. Halaman ini akan di tampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian yang berbayar (paid search).

Forms

Sediakan form agar pengunjung dapat menghubungi kamu, maupun berlangganan terkait konten kamu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan email pengunjung dan dapat kamu gunakan untuk email marketing.

 

Nah itu dia 25 tools untuk meningkatkan performa website, selain tools yang dijelaskan di atas. Pemilihan hosting dan domain yang berkualitas akan sangat berpengaruh pada performa website kamu. Gunakan hosting dan domain yang terpercaya dan berkualitas seperti Jetdino, website kamu dijamin cepat dan aman.

 

Leave a Reply