blog posts

cara menginstall plugin

3 Cara Menginstall Plugin Pada WordPress Dengan Mudah

Setelah kamu belajar membuat website dengan wordpress kamu membutuhkan plugin untuk mengoptimalkan kinerja website kamu. Ada banyak sekali plugin wordpress yang tersedia dengan fungsi yang bermacam-macam, kamu bisa sesuaikan kebutuhan website kamu dengan plugin yang tersedia. Diantaranya plugin SEO, keamanan, design, dan masih banyak lagi. Jika kamu seorang pemula, mungkin akan sedikit kebingungan dengan cara menginstall plugin pada website, tapi tidak perlu khawatir, karena kamu sudah berada pada artikel yang tepat. Ada beberapa cara menginstall plugin pada wordpress, berikut kita akan kupas satu persatu di bawah ini.

 

Cara Menginstall plugin wordpress melalui wp admin

 

1. Masuk ke wordpress dashboard dengan mengisi username dan password admin wordpress kamu

2. Cari menu plugins lalu klik add new

 

cara menginstall plugin

 

 

3. Ketik di pencarian plugins yang ingin kamu install pada menu add plugins lalu enter

 

cara menginstall plugin

 

 

4. Klik Install Now ada plugin yang kamu pilih dan tunggu prosesnya berlangsung

 

cara menginstall plugin

 

 

5. Setelah berhasil terinstall klik Activate untuk mengaktifkan plugin.

 

cara menginstall plugin

 

 

Gimana? Mudah sekali bukan cara menginstall plugin wordpress melalui wp admin. Selain melalui wp admin, ada beberapa cara lainnya yang akan dibahas secara lengkap di bawah ini.

 

Cara menginstall plugin wordpress melalui menu upload

 

Caranya tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya namun dengan syarat kamu telah mendownload pluginnya terlebih dahulu.

1.Pada menu plugin klik add new

2. Kemudian klik upload plugin

cara menginstall plugin

 

3. Langkah selanjutnya kamu pilih choose file dan cari file mana yang ingin kamu upload, harus diingat bahwa file yang dipilih harus berekstensi .zip

 

cara install plugin

 

 

4. Setelah berhasil di unggah kamu harus menginstall plugin tersebut dengan mengklik install now.

5. Jika plugin sudah terupload dan berhasil diinstall maka akan muncul tulisan activate plugin.

6. Sekarang kamu tinggal mengaktifkan plugin tersebut dan selesai.

 

Cara yang ketiga yaitu menginstall plugin melalui cPanel

 

  1. Login akun cPanel kamu
  2. Klik menu wordpress toolkit
  3. Klik pada website WordPress yang ingin kamu install plugin
  4. Klik plugins lalu install

 

Dari ketiga cara tersebut mana yang akan kamu pilih? Tapi, yang perlu kamu ketahui adalah, menginstall plugin sama seperti menginstall software atau aplikasi lainnya. Ada plugin yang baik ada juga plugin yang tidak baik, maka sebelum kamu menginstall plugin, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

 

Hal-hal yang harus kamu perhatikan agar tidak salah memilih plugin WordPress

 

Banyaknya plugin WordPress akan membuat kamu bingung akan memakai yang mana tidak hanya ratusan bahkan sampai ribuan plugin tersedia pada WordPress. Tentu kamu tidak bisa menginstall WordPress ribuan sekaligus, salah-salah website kamu malah tidak bisa diakses dan down. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan :

 

Plugin dari repository resmi dan terpercaya

 

Plugin yang resmi dan terpercaya seperti wordpress tentu akan didukung oleh fitur-fitur yang lebih baik. Seperti keamanan yang didukung langsung oleh tim keamanan wordpress. Selain keamanannya, fungsinya pun sudah diperiksa sebaik mungkin sebelum diluncurkan.

Sejatinya plugin dari wordpress akan lebih aman dibandingkan dengan kamu mengunduh plugin dari sumber yang tidak jelas.

 

Popularitas plugin

 

Kamu bisa mencari tahu tentang plugin yang sering digunakan oleh pengguna wordpress, kamu bisa mencarinya melalui forum-forum wordpress atau dari sumber yang terpercaya.

Walaupun popularitas tidak bisa menjamin keamanan plugin tersebut. Namun, ketika kamu menggunakan plugin populer dan sudah banyak digunakan oleh pengguna wordpress berarti bisa dipastikan plugin tersebut memang aman.

 

Rating dan Ulasan

 

Sama seperti menginstall aplikasi, kamu harus perhatikan rating dan ulasan plugin yang akan kamu install. Perhatikan apakah ada ulasan yang kurang memuaskan atau tidak. Namun kamu juga harus sangat teliti dalam melihat ulasan, karena bisa jadi ulasan tersebut dibuat oleh penyedia plugin tersebut dan bukan ulasan dari pengguna plugin itu.

 

Adanya support dari pengembang

Adanya support tentu akan memudahkan kamu ketika ada hal-hal atau error yang tidak diinginkan. Ketika ada support dari pengembang, kamu bisa meminta tolong kepada pengembang untuk mengatasi error yang kamu alami.

 

Setelah mengetahui cara menginstall plugin wordpress dan memperhatikan hal-hal di atas, sekarang kamu bisa mulai mencari dan menginstall plugin sesuai dengan kebutuhan website wordpress kamu. Selain menggunakan plugin yang baik untuk mendukung website wordpress kamu, kamu juga harus perhatikan hosting yang kamu pakai, apakah cocok untuk website wordpress kamu atau tidak, karena penggunaan hosting akan sangat berpengaruh kepada kinerja website kamu, termasuk optimasi SEO. Maka penggunaan hosting yang cocok untuk website wordpress kamu sangat penting. Personal hosting Jetdino sangat cocok untuk website wordpress kamu, hosting dengan fitur kecepatan terbaru bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau. Klik disini