blog posts

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah

Cara Menentukan Tujuan Hidup 2024 Dengan Metode SMART!

Tahun baru menjadi moment yang tepat untuk melakukan evaluasi setelah melewati satu tahun sebelumnya, tahun baru juga adalah saat yang tepat untuk menentukan goal atau tujuan baru. Cara Menentukan tujuan hidup baru ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tujuan kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak metode untuk cara menentukan tujuan hidup, tapi pada artikel kali ini kita akan menggunakan metode “SMART”, apa itu metode SMART dan bagaimana cara menentukan tujuan hidup dengan metode ini? Akan kita kupas tuntas berikut ini.

Menentukan tujuan hidup dengan metode “SMART”

SMART adalah sebuah metode yang biasa digunakan untuk mencapai sebuah project. Kita akan adaptasi metode ini dalam cara menentukan tujuan hidup baru di tahun 2024.

Specific

 

cara menentukan tujuan hidup

 

Cara menentukan tujuan hidup yang ingin kamu capai, kamu harus mengetahui atau memahami tujuan yang ingin kamu capai secara keseluruhan atau spesifik, lalu bagaimana caranya? Pertimbangkan beberapa pertanyaan berikut untuk mengetahui tujuan kamu secara spesifik.

  • Tujuan apa yang ingin dicapai?
  • Apa alasan tujuan tersebut, dan mengapa tujuan tersebut penting?
  • Tentukan siapa saja yang akan terlibat untuk mencapai tujuan tersebut?
  • Tentukan lokasi dimana tujuan tersebut akan berlangsung?
  • Identifikasi masalah atau hambatan yang akan muncul untuk mencapai tujuan tersebut?

Measurable

 

cara menentukan tujuan hidup

 

Buatlah tujuan kamu agar bisa di tracking, kamu bisa memanfaatkan tools-tools yang sudah tersedia seperti notion, google spreadsheet, maupun tools lainnya. Hal ini penting dalam mencari cara menentukan tujuan hidup kamu, karena dengan begitu kamu akan bisa mengecek goal atau tujuan kamu prosesnya sudah sampai mana.

Contoh, tahun 2024 ini target menabung kamu adalah 1 juta perbulan. Untuk mencapai target tabungan tersebut kamu harus mencatat pendapatan dan pengeluaran perbulan kamu, dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada seperti microsoft excel, google spreadsheet atau aplikasi seperti mobile banking dan aplikasi lainnya.

Achievable

 

cara menentukan tujuan hidup

 

Cara menentukan tujuan hidup tidak boleh langsung yang sulit atau tidak mungkin untuk dicapai, walaupun kita harus punya mimpi yang tinggi, namun kita juga harus tetap rasional. Buatlah goal atau tujuan kamu dari yang paling mungkin untuk dicapai, agar goal atau tujuan kamu tidak sia-sia. Kamu bisa mempetimbangkan sumber daya yang kamu miliki, seperti waktu, tugas, pekerjaan, dan semua hal yang akan menghambat tujuan kamu.

Jangan sampai kamu asal menentukan tujuan hidup kamu, namun dalam waktu pengerjaannya kamu terhalang oleh pekerjaan kamu, tugas kuliah, atau hal-hal lain yang tidak kamu perhatikan saat menentukan tujuan hidup kamu.

Relevant

 

cara menentukan tujuan hidup

 

Sebelum kamu mencari cara menentukan tujuan hidup kamu dengan detail, kamu haru cek kembali apakah goal atau tujuan tersebut sesuai dengan cita-cita dan keinginan kamu atau tidak. Cara menentukan tujuan hidup tersebut tercapai, kamu harus menyadari hal tersebut di awal agar kamu tidak setengah hati dalam mengejar tujuan kamu tersebut.

Sama seperti bekerja, setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion mereka. Banyak orang yang tidak bekerja dengan maksimal dengan alasan tidak sesuai dengan passion, maka dari itu kamu harus menentukan goal atau tujuan yang sesuai dengan keinginan dan cita-cita kamu agar fokusnya tidak terbagi.

Time-Bound Goals

 

cara menentuan tujuan hidup

 

Kerangka waktu menjadi salah satu hal yang penting dalam cara menentukan tujuan hidup kamu, buatlah tenggat waktu yang rinci untuk tujuan kamu, dengan menentukan tenggat waktu kamu tidak perlu kebingungan kapan harus mulai dan kapan harus berhenti.

Buatlah timeline untuk satu tahun kedepan dengan detail, misalkan bulan Januari kamu harus mulai belajar hal baru, februari memperdalam skill kamu, dan seterusnya sampai dengan bulan desember 2024. Kamu bisa membuat jadwal di google kalender, microsoft excel, google spreadsheet, canva dll.

Kenapa kamu harus paham cara menentukan tujuan hidup?

Dengan menentukan tujuan hidup, kamu bisa membuat kegiatan kamu lebih terukur dan terstruktur dengan baik, sehingga apa yang kamu kerjakan tidak sia-sia dan membuat hidup kamu lebih semangat dan teratur. Menentukan tujuan hidup juga memberikan arah dan arti dalam hidup kita. Tanpa tujuan, kita cenderung terombang-ambing tanpa arah yang jelas, rentan terhadap perasaan kebingungan dan keputusasaan. Berikut beberapa alasan mengapa menetapkan tujuan penting:

Memberikan Fokus

Tujuan membantu kita menentukan apa yang ingin kita capai, sehingga kita dapat fokus pada tindakan yang diperlukan untuk mencapainya.

Meningkatkan Motivasi

Tujuan yang jelas dan terukur memberikan dorongan motivasi yang kuat untuk bertindak dan mengatasi rintangan.

Membangun Rencana Kegiatan

Menetapkan tujuan memungkinkan kita untuk merumuskan rencana aksi yang spesifik dan terarah untuk mencapainya.

Mengukur Kemajuan

Dengan memiliki tujuan yang terukur, kita dapat dengan mudah melacak kemajuan kita dan mengevaluasi apakah kita berada di jalur yang benar.

Meningkatkan Kemandirian

Memiliki tujuan membantu kita mengambil kendali atas hidup kita dan meningkatkan rasa kemandirian serta kepercayaan diri.

Baca juga : Apa Itu Jaringan 5G dan Manfaatnya Bagi Bisnis yang Harus Kamu Tahu!

Kesimpulan

Menentukan goal atau tujuan adalah langkah penting dalam merencanakan masa depan yang sukses dan memuaskan. Dengan memiliki tujuan yang jelas dan terukur, kita dapat fokus dan termotivasi untuk mencapai impian dan aspirasi kita dalam hidup. Dengan menerapkan strategi yang efektif dalam menetapkan tujuan, kita dapat meningkatkan kemungkinan kesuksesan kita dan meraih hasil yang lebih memuaskan. Jadi, ambillah waktu untuk merenungkan apa yang ingin kamu capai dalam hidup kamu dan mulailah menetapkan tujuan yang akan membawa kamu menuju kesuksesan pribadi dan profesional yang lebih besar. alau kamu suka konten ini jangan lupa share ke social media kamu ya! Mindi juga mau ngajak kamu buat follow instagram Jetdinocom agar kamu tidak ketinggalan konten menarik laiinya.

 

Leave a Reply