blog posts

kecepatan website

7 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website, dan Cara Mempercepat Loading Website

Dalam pengalaman online, kecepatan website adalah salah satu hal yang penting. Menurut riset yang dilakukan oleh Kissmetric, waktu tunggu maksimal saat membuka website adalah 3 detik. Jika lebih dari itu, maka pengunjung akan langsung menutup website kamu. Kecepatan website sering kali menjadi masalah bagi website yang sudah mempunyai banyak pengunjung, hal ini terjadi karena banyaknya pengunjung yang mengakses website sehingga membuat performa website kewalahan. Lalu bagaimana sih cara mempercepat loading website? Pada artikel kali ini Jetdino akan membahasnya secara tuntas.

 

Apa Itu Kecepatan Website

kecepatan website

 

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, kamu harus mengerti terlebih dahulu apa itu kecepatan website. Ini bukanlah sekedar seberapa cepat saat kamu mengakses website kamu, tapi juga seberapa cepat website kamu menampilkan konten saat website di akses.

Kecepatan website adalah keselurah waktu saat pengunjung mengakses website kamu, ini meliputi segala aspek yang ada seperti saat pengunjung berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya. Element seperti gambar, video, dan skrip membutuhkan waktu lebih lama saat di akses. Loading website yang lemot akan membuat pengunjung frustasi dan dengan cepat akan meninggalkan website kamu.

 

Kenapa Kecepatan Website Penting

Selain karena pengunjung website akan lebih suka dengan loading website yang cepat, kecepatan website juga berpengaruh kepada SEO. Pada tahun 2010, Google mengumumkan bahwa kecepatan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi ranking website.

Search engine memberikan peringkat website berdasarkan seberapa baik performa website untuk kebutuhan pengunjung website. Ini mencakup semua aspek seperti kecepatan website, navigasi yang mudah, apakah website itu ada malware atau tidak, mesin pencari akan memberikan sanksi apabila website kamu terindikasi memiliki konten yang berbahaya.

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecapatan Website

1. Ukuran File

Ukuran file yang terlalu besar akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan website, apalagi jika website kamu menggunakan hosting yang penyimpanannya tidak terlalu besar. Contoh, jika kamu mempunyai file gambar dengan ukuran lebar 800 pixels dan panjang 600 pixels, maka browser harus mengunduh dua file terpisah. Pertama untuk bagian atas gambar lalu bagian bawah gambar.

2. Jenis File

Beberapa file membutuhkan waktu sebelum ditampilkan pada halaman website, seperti file PDF, tidak semua browser mendukung untuk menampilkan file PDF kecuali pengunjung website telah menginstall Adobe Acrobat Reader.

3. Waktu Respon Server

Ini mengacu pada panjangnya waktu saat pengunjung website mengirimkan permintaan kepada server dan waktu server merospon balik, waktu respon server yang lambat akan menghambat waktu loading sebuah file berukuran besar.

4. Kompatibilitas Browser

Beda browser beda pula teknologi yang digunakan untuk menampikan website, masing-masing browser memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Beberapa browser mungkin mendukung HTML tags sementara yang lainnya tidak.

Seiring teknologi yang digunakan pada website, penggunaan browser menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan website.

5. Kualitas Hosting

Kualitas hosting sangat berpengaruh terhadap kecepatan website, perhatikan fitur keamanan dan kecepatan yang ditawarkan saat kamu pertama kali membeli hositng, faktor lain yang harus kamu perhatikan juga adalah customer support, apakah customer support selalu stand by selama 24/7, karena ketika kamu mengalami kendala dengan website, kamu bisa meminta bantuan customer support.

 

Cara Mempercepat Loading Website

Banyak cara untuk mempercepat loading website kamu, beberapa diantaranya :

Menggunakan CDN (Content Deleivery Network)

CDN akan mendistribusikan konten sesuai dengan lokasi terdekat pengunjung website, hal ini sangat efektif untuk mempercepat loading website. CDN biasanya sudah tersedia pada hosting yang kamu gunakan, namun hati-hati mash banyak hosting yang tidak menyediakan CDN.

Optimalkan Video dan Gambar

Seperti yang kita bahas di atas, ukuran file sangat berpengaruh pada kecepatan website, maka dari itu sebelum kamu mengupload gambar pada website kamu lakukan optimisasi ukuran file menjadi lebih kecil agar bisa diakses dengan baik oleh website kamu. Gunakan software yang tersedia seperti photoshop atau website yang bisa mengecilkan ukuran file. Selain itu perhatikan juga jenis file yang kamu gunakan, bisanya sebuah website akan lebih optimal jika menggunakan jenis file WEBP.

Minimalkan Javascript

Hapus file yang tidak digunakan dan jadikan file yang lebih dari satu menjadi satu file.

Compress CSS

Gabungkan selectors menjadi satu file style sheet

Gunakan Cache Static Assets

Simpan sumber daya yang sering diakses secara lokal, ini akan menghemat bandwith sehingga akan meningkatkan kecepatan website kamu.

Gunakan Reverse Proxy

Reverse Proxy menyimpan konten dan cache serta mengirimkannya kembali kepada client. Ini membantu mengurangi latensi dan akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan website.

Gunakan Sertifikat SSL

Sertifikat SSL membantu mencegah serangan malware ataupun virus terhadap website kamu, dengan menggunakan sertifikat SSL search engine akan mendeteksi bahwa website kamu aman dan akan membuat website kamu lebih cepat.

Coba dan terapkan langkah-langkah diatas untuk meningkatkan kecepatan website sehingga website kamu bisa mendatangkan banyak pengunjung dan memudahkan pengunjung saat mengakses website kamu. Perhatikan pula produk yang kamu gunakan untuk website kamu, Jetdino tak hanya menyediakan hosting yang berkualitas tapi berbagai produk lainnya seperti sertifikat SSL dan masih banyak lagi, dengan komitmen memberikan layana yang berkualitas Jetdino juga didukung oleh Superb Support yang selalu ada setiap saat untuk membantu setiap masalah kamu, dapatkan hosting dan produk lainnya di sini.

 

 

 

Leave a Reply