blog posts

Apa Itu Enkripsi Data? Inilah Pengertian Lengkap Serta 4 Manfaat Enkripsi

Jika kamu merupakan seorang pengguna aplikasi whatsapp kamu pasti tidak asing lagi dengan fitur enkripsi end to end yang dimiliki oleh whatsapp. Tapi apakah kamu mengerti apa sebenarnya enkripsi itu? Ternyata enkripsi sangat berguna bagi keamanan penggunanya loh! Di artikel ini Jetdino akan membahas tentang apa itu enkripsi data, manfaat, contoh penggunaan, serta cara kerja enkripsi.

 

 

Apa Itu Enkripsi Data

 

Enkripsi adalah cara mengacak data sehingga informasi tersebut tidak bisa dibaca oleh pihak ketiga. 

 

Teknik enkripsi sebenarnya adalah mengkonversi plaintext menjadi ciphertext, artinya, dari teks yang bisa dibaca manusia, menjadi tidak bisa dibaca.

 

Walaupun enkripsi cukup acak, namun enkripsi dibuat dengan logika yang dapat diprediksi, hal ini memungkinkan orang ketiga yang mempunyai data enkripsi dan memiliki kunci yang tepat untuk dapat merubah kembali menjadi teks biasa.

 

Proses enkripsi yang baik akan membuat teks semakin rumit dan membuat teks semakin tidak mudah untuk dibaca atau ditebak oleh sembarang orang. Itulah pengertian tentang apa itu enkripsi data. Mungkin kamu bertanya lalu apa manfaat enkripsi jika masih bisa dipecahkan? Simak manfaat enkripsi di bawah ini

 

Manfaat Enkripsi

 

Enkripsi memungkinkan kamu untuk membuat password yang lebih kuat, password yang dienkripsi tentu akan lebih sulit ditebak atau di retas oleh hacker yang mencoba mencuri data kamu. Walaupun ada kemungkinan untuk tetap bisa diretas dengan teknik brute force, namun kemungkinannya sangat kecil sekali. Berikut beberapa manfaat enkripsi menurut Cloudflare :

 

Privasi :

 

 

apa itu enkripsi untuk privasi
sumber : GenSINDO

Enkripsi memastikan pertukaran data hanya dapat dibaca oleh penerima data atau pemilik data yang sah. Hal ini dapat mencegah dari berbagai ancaman-ancaman privasi. Sehingga proses pertukaran data atau komunikasi tetap aman tanpa khawatir akan ada orang yang mengetahui isi dari percakapan atau data kamu.

 

Keamanan :

 

apa itu enkripsi data sebagai security
sumber : freepik

 

Enkripsi mampu mencegah pelanggaran data, baik data yang sedang aktif maupun tidak aktif. Contohnya ketika hard drives kamu atau milik perusahaan kamu hilang, jika datanya dienkripsi dengan benar maka data di dalamnya akan tetap aman. 

 

Data integrity :

 

apa itu enkripsi data sebagai integritas data
sumber : blaznet

 

Enkripsi juga membantu mencegah pencurian saat proses pengiriman data, enkripsi memastikan data yang dikirim belum dilihat atau dirusak oleh orang asing, sehingga data yang diterima masih sama dengan data yang dikirim.

 

Regulasi :

 

apa itu enkripsi data sebagai regulasi
sumber : markey

 

 

Atas semua alasan tersebut, banyak perusahaan atau instansi yang bergerak dibidang pelayanan pengelolaan data pengguna, mewajibkan enkripsi untuk keamanan pengguna mereka. Jetdino sebagai penyedia layanan keamanan website juga telah menggunakan enkripsi untuk membantu mengamankan data kamu.

 

Contoh Penggunaan Enkripsi

 

Setelah mengetahui apa itu enkripsi data, mungkin kamu penasaran contoh penggunaan enkripsi. Berikut contoh penggunaan enkripsi yang sering kita temui : 

 

Data Encryption

 

Enkripsi data adalah metode perlindungan untuk melindungi data yang bersifat sangat penting dan dalam jumlah besar. Seperti, database, data warehouse, dan data backup server.

 

File Encryption

 

Selain untuk mengenkripsi data atau password, enkripsi juga bisa digunakan untuk mengenkripsi file. 

 

Ada software khusus yang bisa digunakan untuk mengenkripsi sebuah file atau folder di dalam komputer kamu sehingga siapa saja yang berusaha mencuri file atau folder kamu akan kesulitan menemukannya.

 

Encryption Message

 

Saat ini aplikasi pesan cepat yang paling populer adalah Whatsapp dan Telegram. Untuk menjamin keamanan dan privasi penggunanya yang semakin banyak, kedua aplikasi tersebut telah menerapkan enkripsi untuk mencegah rawannya peretasan.

 

Tentu kamu tidak ingin isi percakapan kamu bocor atau dapat dibaca oleh orang lain apalagi percakapan tersebut bersifat penting atau terkait pekerjaan kamu, untuk itu enkripsi bisa menjadi pertimbangan kamu saat memilih aplikasi pesan cepat.

 

Endpoint Encryption

 

Endpoint adalah perlindungan untuk perangkat yang memiliki operating system (OS) dari ancaman keylogger atau corrupt boot files yang bisa mengakses data tanpa izin. Enkripsi ini biasanya digunakan untuk laptop, pc, server, tablet dan lain-lain.

 

Enkripsi ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki website, untuk melindungi sisi server kamu agar tetap aman.

 

Lalu apakah kamu penasaran bagaimana cara kerja enkripsi? Jangan khawatir selain memberikan pengertian apa itu enkripsi data, Jetdino selalu memberikan informasi secara lengkap.

 

Cara Kerja Enkripsi

 

Sebelum memulai enkripsi, kamu harus paham dulu apa itu chiper atau sandi yang akan kamu gunakan untuk menyembunyikan makna asli dari teks yang akan dienkripsi.

 

Enkripsi yang menggunakan satu kunci disebut Symmetric Cipher sedangkan yang menggunakan dua kunci disebut asymmetric cipher.

 

Symmetric cipher

 

apa itu enkripsi data symmetric cipher
sumber: cisco

 

Seperti yang disinggung sebelumnya, symmetric cipher adalah enkripsi yang menggunakan satu kunci, symmetric cipher juga sering disebut dengan secret key encryption atau shared secret. 

 

Pada tipe ini pengirim atau sistem komputer yang melakukan enkripsi, harus membagikan kunci rahasia kepada pihak-pihak yang dipercaya agar pesannya bisa dipecahkan.

 

Enkripsi ini memiliki banyak jenis, salah satu yang banyak digunakan adalah Advance Encryption Standard (AES). Pemerintah AS bahkan menggunakan enkripsi ini untuk melindungi data-data penting mereka.

 

Asymmetric cipher

 

apa itu enkripsi data asymmetric cipher
sumber: cisco

 

Enkripsi ini berarti enkripsi yang menggunakan dua kunci yang saling berhubungan, biasanya enkripsi ini menggunakan bilangan prima untuk keamanan yang maksimal. 

 

Sama seperti symmetric cipher, enkripsi ini juga memiliki banyak jenis namun yang paling sering digunakan adalah Rivest-Shamir-Adleman. 

 

Itulah pengertian, contoh penggunaan, dan cara kerja enkripsi. Lalu apa hubungannya enkripsi dengan website? SSL adalah contoh penggunaan enkripsi pada website, fungsinya tentu untuk membuat website kamu tetap aman, untuk lebih lengkapnya Baca : Menarik Untuk Di Simak Apa Itu SSL? Jenis SSL Dan Cara Menggunakannya.

 

Jetdino penyedia layanan hosting dan keamanan terlengkap untuk kebutuhan website kamu!