blog posts

perbedaan antara komputer laptop dan tablet

Jangan Sampai Salah! Ini Dia Perbedaan Antara Komputer Laptop dan Tablet

Pernahkah kamu bertanya perbedaan antara komputer laptop dan tablet itu apa? Yuk kita bahas. Jaman sekarang, hampir semua industri menggunakan komputer untuk kebutuhan operasionalnya, sebagai seorang pekerja juga sangat membutuhkan komputer untuk menunjang perkerjaannya. Apalagi di era digital seperti saat ini, semakin banyaknya orang yang mulai beralih ke digital, maka penggunaan komputer juga semakin banyak. Entah itu para pekerja, siswa, maupun mahasiswa, penggunaan komputer ini juga tidak memandang gender atau umur, hampir semua kalangan sudah menggunakan komputer.

Selain komputer, ada juga laptop dan tablet yang lebih praktis untuk dibawa kemana-mana. Jika komputer harus selalu terhubung dengan listrik dan bentuknya besar tentu tidak bisa dibawa kemana-mana, sedangkan laptop dan tablet memiliki bentuk yang lebih kecil dan sudah dilengkapi dengan baterai sehingga bisa dibawa kemanapun. Itulah sedikit perbedaan antara komputer laptop dan tablet. Selengkapnya akan kita bahas di bawah ini.

Sebelum kita masuk ke pembahasan perbedaan antara komputer laptop dan tablet. Kita akan terlebih dahulu membahas tentang sejarah ditemukannya komputer.

 

Sejarah ditemukannya komputer

 

perbedaan antara komputer laptop dan tablet
(sumber : tribun makasar)

 

Berawal pada abad ke-19 ketika Charles Babbage mencoba membangun desain komputer mekanik yang bernama Mesin Analitikal. Siapakah Charles Babbage? Charles Babbage adalah seorang ahli matematika asal inggris, awalnya Babbage bermaksud menciptakan mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka. Mesin tersebut kemudian diberi nama “Difference Engine 0” mesin inilah yang kemudian menjadi kerangka dasar komputer yang kita gunakan sekarang.

 

Setelah mengetahui sejarah komputer, sekarang kamu harus tahu perbedaan antara komputer laptop dan tablet.

Perbedaan komputer laptop dan tablet

Pengertian Komputer

 

perbedaan antara komputer laptop dan tablet
(sumber : gramedia.com)

 

Dilansir dari wikipedia Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah diprogram. Secara singkat, komputer adalah sekelompok alat elektronik yang saling terhubung, sehingga akan membentuk suatu sistem kerja.

 

Pengertian Laptop

 

perbedaan antara komputer laptop dan tablet
(sumber : detikcom)

 

Laptop adalah sebuah all-in-one komputer yang menggunakan baterai yang mampu digunakan beberapa jam, pada dasarnya laptop adalah bentuk sederhana dari komputer yang telah dilengkapi dengan layar LED atau LCD dan tentu keyboard dan trackpad (fungsinya sama seperti mouse pada komputer).

 

Pengertian Tablet

 

perbedaan antara komputer laptop dan tablet
(sumber : selular.id)

 

Tablet adalah sebuah komputer dengan sistem operasi mobile, lebih praktis dari laptop karena sudah menggunakan layar sentuh dan tidak menggunakan keyboard fisik. Tablet juga telah dilengkapi dengan baterai yang lebih awet dari laptop.

 

Setelah mengetahui perbedaan antara komputer laptop dan tablet. Kamu pasti kebingungan akan mengguakan yang mana? Pada artikel kali ini kita akan bahas juga perbandingan antara komputer, laptop, dan tablet.

 

Perbandingan Komputer dengan Laptop

No

Komputer Laptop

1.

Bentuknya lebih besar dari laptop

Bentuknya lebih kecil dari komputer

2. 

Harus selalu terhubung dengan listrik 

Tidak harus selalu terhubung dengan listrik

3.

Tidak memiliki layar LCD

Sudah dilengkapi dengan LCD

4.

Tidak memiliki baterai

Sudah memiliki baterai

5.

Memungkinkan untuk upgrade RAM

Memungkinkan untuk upgrade RAM

6.

Memungkinkan untuk upgrade Disk

Memungkinkan untuk upgrade Disk

7.

Memungkinkan untuk upgrade processor

Tidak memungkinkan untuk upgrade processor

8.

Bisa menggunakan Graphic Card

Tidak bisa upgrade graphic card

9.

Tidak bisa menggunakan sim card

Tidak bisa menggunakan sim card

10.

Tidak bisa langsung menggunakan internet

Bisa langsung terhubung dengan internet

11. Tidak memiliki webcam

Memiliki webcam

 

Itulah perbandingan Komputer dengan Laptop, sebenarnya komputer dengan laptop hampir sama, yang membedakannya hanya dari segi fitur dan efesiensinya saja. Setelah mengetahui perbandingan komputer dan laptop, lalu apa sih perbedaan Laptop dengan Tablet? Simak perbandingannya di bawah ini.

 

Perbandingan Laptop dan Tablet

No

Laptop

Tablet

1.

Perangkat portable dimana semua paket terpasang dalam satu perangkat

Perangkat komputer yang umumnya beroperasi dengan sistem operasi mobile

2. 

Sedikit lebih besar dari Tablet

Lebih kecil daripada laptop

3.

Dilengkapi dengan keyboard dan trackpad

Tidak dilengkapi dengan keyboard dan trackpad

4.

Lebih berat dari Tablet

Lebih ringan dari laptop

5.

Kapasitas baterai tidak terlalu besar

Kapasitas baterai lebih lama dari laptop

6.

Baterai bisa diganti

Baterai tidak bisa diganti

7.

Memiliki CD atau DVD player

Tidak memiliki CD atau DVD player

8.

Memungkinkan untuk upgrade hardware

Tidak bisa upgrade hardware

9.

Bisa melakukan banyak Hal

Kemampuannya terbatas

10.

Mendukung aplikasi yang lebih lengkap

Cocok untuk illustrator

11. Tidak memiliki slot sim card

Beberapa tablet memiliki slot sim card

Sekarang sudah paham kan tentang perbandingan dan perbedaan komputer laptop dan tablet.

Kesimpulan

Penggunaan komputer, laptop, maupun tablet sejatinya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu, banyak komputer, laptop dan tablet yang memiliki jenis, fitur, dan spesifikasi yang berbeda-beda dan bukan hal yang mustahil akan terus bertambah canggih. Mindi sarankan, jika pekerjaan membutuhkan aplikasi yang berat seperti mengedit video dan desain, lebih baik kamu membeli atau bisa juga merakit sendiri komputer kamu. Jika kamu mahasiswa atau pelajar yang pekerjaannya hanya sekedar menulis, kamu bisa menggunakan laptop yang tidak terlalu mahal. Tapi jika kamu seorang programer lebih baik membeli laptop yang sedikit mahal dan memiliki spesifikasi yang lebih baik. Dan jika kamu seorang illustrator atau seorang desainer yang membutuhkan device yang bisa dibawa kemanapun, tablet sepertinya adalah pilihan yang tepat.

Apapun profesi kamu, jika kamu membutuhkan website untuk menunjang atau membangun portofolio kamu, Jetdino siap membantu kamu mewujudkan memiliki website yang aman dan cepat. Kamu tahu kan Jetdino memiliki beberapa jenis layanan, seperti hosting, domain, maupun server. Yuk ngobrol sama customer support Jetdino untuk bantu wujudkan website idaman kamu.

 

 

 

 

Leave a Reply