blog posts

Cocok Buat PC Kentang, Inilah List Browser Paling Ringan Versi Mindi Jetdino

Cocok Buat PC Kentang, Inilah List Browser Paling Ringan Versi Mindi Jetdino, Sebagai pengguna Internet, pastinya kita tidak akan dari yang namanya aktivitas browsing internet atau menjelajah internet. Dengan bermodalkan perangkat pintar dan juga internet, kita dapat melakukan hal apa saja di Internet, mau itu belajar, berkomunikasi dengan kolega, bermain game ataupun sekedar mencari hiburan.

 

Aktivitas browsing juga sekarang tidak serepot dahulu yang menuntut kita harus memiliki perangkat canggih, seperti modem dan telepon rumah hanya untuk sekedar mencari informasi di Internet. Kita pun sudah bisa melakukan browsing dengan perangkat ringkas seperti smartphone, tablet ataupun komputer sesuai dengan apa yang kalian miliki.

 

Namun, tidak semua orang dapat menikmati sesi browsingan mereka dengan nyaman dan lancar karena kendala perangkat yang mempunyai spesifikasi yang rendah atau bahasa kerennya “kentang”. Terkadang para pengguna perangkat “kentang” ini sering mengalami lagging atau loading page yang cukup lama.

 

Kali ini, Jetdino telah merangkum untuk kalian beberapa list Browser Paling Ringan yang cocok untuk perangkat kalian yang memiliki spesifikasi rendah.

 

Mozilla Firefox Quantum

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah
Sumber: Firefox

Masih masuk ke dalam keluarga Mozilla Firefox, browser ini diklaim punya perubahan performa pada softwarenya. Mozilla telah mengubah total sekitar 75% source code software ini agar para pengguna dapat merasakan kecepatan browsing lebih cepat 2x lipat daripada Firefox biasa, dan juga Mozilla Firefox Quantum dapat meminimalisir penggunaan RAM yang cukup besar.

 

Mozilla Firefox Quantum tersedia dalam banyak platform OS yaitu Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS.

 

Tor Browser

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah
Sumber: Tor

Browser yang sering dikenal sebagai gerbang masuk ke dunia deep web ini masuk juga ke dalam list browser kami. Tor Browser tidak terlalu memakan banyak space RAM, apalagi untuk kalian yang memiliki PC “kentang”.  Hal yang cukup spesial dari browser ini adalah fitur keamanan yang diberikan oleh Tor.

 

Kalian tidak perlu khawatir dan takut apabila data personal kalian bocor di Internet. Ketika menggunakan browser ini kalian tidak dapat terlacak sama sekali oleh seseorang, yang berarti kalian dapat melakukan browser secara anonim.

 

Sama seperti browser sebelumnya, Tor Browser tersedia di banyak OS yaitu Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS.

 

Opera

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah
Sumber: Opera

Sudah terkenal di kalangan pengguna PC “kentang”, Opera punya tampilan dan fitur yang lebih banyak daripada versi terdahulunya. Selain memakan RAM yang lebih kecil, browser ini juga memiliki banyak fitur tambahan seperti VPN (Virtual Private Network) yang memungkinkan kalian membuka situs yang terblokir “internet positif” tanpa harus mengunduh VPN lewat software atau extension.

 

Browser ini juga sudah tersedia dengan Ad-Blocker (software pemblokiran iklan) agar kalian dapat terhindar dari iklan yang cukup mengganggu ketika kalian sedang browsingan.

 

Opera sudah mendukung banyak sekali OS yaitu Windows, macOS, Linux, Android dan iOS.

 

Microsoft Edge

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah
Sumber: Microsoft

Browser bawaan Windows yang sering dianggap remeh di komunitas tech dan gadget ini juga masuk ke list Jetdino kali ini. Microsoft Edge termasuk ke dalam browser yang memakan RAM yang sedikit jika dibandingkan browser kompetitor lainnya.

 

Tak hanya itu, browser ini punya fitur mumpuni apalagi untuk kalian yang sering browsingan seperti mode baca dan sistem keamanan yang sangat secure mengingat browser ini terintegrasi dengan Windows secara langsung.

 

Tak hanya untuk Windows, Microsoft Edge juga tersedia ke banyak dukungan OS yaitu mac OS, Android, dan Linux.

 

Vivaldi

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah
Sumber: Vivaldi

Cukup asing untuk beberapa orang, browser Vivaldi merupakan software terbaru rilisan tahun 2016. Browser ini sempat menjadi bahan perbincangan di dunia tech mengingat fitur kustomisasi yang banyak sekali jika dibandingkan dengan browser lain yang ada di list ini.

 

Kalian bisa mengganti tema sesuai keinginan kalian. Tak hanya tu, Vivaldi dibekali dengan sidebar tambahan yang dapat dikustomisasi oleh pengguna, mau itu untuk bookmark situs penting kalian, sosial media, games, e-commerce dll.

 

Berbeda dengan pada awal dirilis, Vivaldi kini telah mendukung banyak OS yaitu Windows, mac OS, iOS, Android, dan juga Linux.

 

Penutup

Itu dia beberapa  list rekomendasi browser palingan teringan versi Jetdino. Bagaimana sudah menentukan ingin menggunakan browser yang mana?

 

Perlu diingat, jika semua list browser diatas direkomendasi berdasarkan uji coba penulis sendiri. Apabila kalian ada list browser favorit kalian bisa ditambahkan di komentar.

 

Jangan lupa untuk selalu simak tips dan trik Jetdino ya! Semoga membantu!