blog posts

Jetdino Solusi Webhosting, VPS Cloud VM Murah

4 Langkah Memulai Blog dan Cara Menjadi Blogger

Pernahkah kamu berfikir bagaimana cara menjadi blogger, menjadi seorang blogger bisa dilakukan oleh siapa saja walaupun tidak memiliki basic dan pengalaman sama sekali. Seorang blogger mungkin kurang populer dibandingkan dengan profesi lainnya, namun jika dilakukan dengan serius, menjadi blogger adalah salah satu profesi yang sangat menjanjikan.

Banyak diluar sana yang memilih menjadi seorang blogger dibandingkan dengan bekerja kantoran, karena menjadi blogger bisa dilakukan dimana saja, bisa sambil jalan-jalan, bisa sambil nongkrong, namun bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Saat ini keberadaan blog juga sudah sangat banyak, entah itu blog travelling, blog autobiografi, dan macam-macam blog lainnya. Apakah kamu ingin memulai menjadi blogger tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Pada artikel ini kita akan bahas langkah-langkah memulai blogging.

 

Cara Menjadi Blogger

 

cara menjadi blogger
(sumber : kabarbisnis.com)

 

Langkah 1: Tentukan Topik Blog Kamu

Langkah pertama cara menjadi blogger adalah menentukan apa yang ingin kamu tulis. Ini mungkin tampak seperti pertanyaan yang jelas, tetapi banyak orang sebenarnya tidak tahu apa yang menjadi niche mereka sampai mereka mulai menulis. Kamu harus mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa bidang keahlian kamu? Apakah ada topik terkait dengan ini yang akan menjadi posting blog yang baik?
Apa yang sedang dicari orang secara online saat ini? Apakah ada kata kunci atau frasa yang akan membantu orang menemukan konten kamu dengan mudah saat mereka mencarinya di Google atau mesin pencari lainnya (seperti Bing). Ini disebut “kata kunci” karena mereka membantu pengguna menemukan informasi relevan dengan cepat saat mengetikkannya ke dalam mesin pencari seperti Google atau Bing. Jika kamu dapat menemukan beberapa kata kunci dan frasa yang relevan yang mungkin digunakan orang lain saat mencari informasi tentang topik kamu, maka itu akan berguna nanti saat kita membahas pemilihan judul untuk posting kita!

 

Langkah 2: Pilih Platform Blogging

  • Pilih platform blogging yang sesuai dengan tujuan kamu.
  • Mempertimbangkan biaya, kemudahan penggunaan dan fleksibilitas.

 

Langkah 3: Buat Konten yang Menarik

 

cara menjadi blogger
(sumber : dreamwelthfilm)

 

“Content is a king” Buat Konten yang Menarik. Konten yang menarik adalah kunci untuk membangun blog yang bisa menghasilkan uang. Kamu harus membuat konten dengan menggunakan strategi SEO, sehingga banyak pengunjung yang mampir ke blog kamu dan meninggalkan komentar.
Tampilan blog yang bagus dan informatif bisa mendapatkan traffic besar dari search engine (Google) dan social media sites seperti Facebook dan Twitter.

Langkah 4: Promosikan Blog Kamu

 

cara menjadi blogger
(sumber : dreamstime.com)

 

Promosikan blog kamu melalui media sosial. Setelah memulai blog, kamu harus menciptakan konten yang berkualitas dan menarik untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Dengan berbagi informasi yang berguna, komentar dan pertanyaan akan muncul dari pembaca secara natural.
Promosikan blog kamu dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah cara membuat website lebih mudah diakses oleh mesin pencari (search engine), seperti Google atau Yahoo!. Dengan mempromosikan situs web kamu dengan cara ini, maka halaman web kamu akan muncul di hasil pencarian mesin pencari yang sangat penting bagi para pemilik situs web untuk mendapatkan trafik baru ke situs mereka. Jadi apabila ada orang ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk/jenis layanan tertentu dan mereka melakukan pencarian dengan kata kunci: “produk X” maka halaman web kamu pastinya akan muncul diantara hasilnya!

 

Platform Blog Untuk Memulai Blogging

  1. WordPress.org
  2. WordPress.com
  3. Blogger dan Blogspot
  4. Squarespace
  5. Wix
  6. Medium
  7. Joomla
  8. Drupal
  9. Wattpad
  10. Tumblr

 

Sekarang kamu sudah memiliki pandangan tentang cara menjadi blogger. Dalam memulai blog, tentukan terlebih dahulu topik yang ingin kamu tulis dan pastikan bahwa kamu memilih platform blogging yang sesuai dengan tujuan kamu. Selanjutnya, buatlah konten yang menarik dan informatif dengan menggunakan strategi SEO. Dan terakhir, promosikan blog kamu melalui media sosial dan SEO.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan memiliki blog yang sukses dan bermanfaat bagi pembaca kamu. Ingatlah bahwa membangun blog membutuhkan waktu dan dedikasi, tetapi dengan ketekunan dan konsistensi, kamu dapat mencapai kesuksesan yang besar. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi inspirasi bagi kamu untuk memulai blogging!

 

Nah memulai blogging kamu bisa menggunakan platform yang gratis maupun yang berbayar, namun jika menggunakan yang gratis blog kamu kurang aman dan rentan jadi sasaran cyber crime. Mindi anjurkan kamu untuk menggunakan platform yang berbayar seperti WordPress, selain sudah pasti aman WordPress juga mudah di kelola. Jika kamu menggunakan WordPress, hosting Jetdino adalah hosting yang sangat cocok untuk WordPress, karena hosting Jetdino telah memiliki fitur keamanan dan kecepatan terbaru yang siap berintegrasi dengan blog kamu. Cek sekarang di www.jetdino.com/hosting

 

1 Comments

Leave a Reply