blog posts

tips mencegah dns server down

6 Cara Mengatasi DNS Server Down, Serta Tips Pencegahannya

Pernah mengalami server down? Ada banayak penyebab server down, salah satunya adalah DNS server down. Jika kamu mengalami server down jangan panik, ada beberapa langkah-langkah awal yang harus kamu lakukan untuk mencari sumber masalah dari server yang down.

 

Langkah-langkah awal mengatasi server down

 

Periksa koneksi internet

 

jangan sampai internet kamu mati itu bisa menyebabkan server down
(sumber : istock)

 

Pastikan koneksi internet di tempat kamu stabil dan berfungsi dengan baik. Kadang-kadang, gangguan pada koneksi internet dapat menyebabkan server down.

Periksa server fisik

 

periksa server fisik
(sumber : nasabamedia)

 

Jika kamu memiliki akses fisik ke server, periksa apakah ada lampu indikator atau pesan kesalahan pada server. Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada masalah perangkat keras yang terlihat.

 

Hubungi penyedia hosting

 

hubungi customer support kamu ketika server down
(sumber : kompasiana.com)

 

Jika kamu menggunakan layanan hosting, hubungi penyedia hosting kamu segera dan laporkan masalahnya. Mereka dapat membantu kamu mendiagnosis dan memperbaiki masalah server. Berikan informasi lengkap tentang masalah yang kamu hadapi dan langkah-langkah yang telah kamu coba.

 

Periksa konfigurasi server

Jika kamu memiliki akses administratif ke server, periksa file konfigurasi server kamu untuk memastikan tidak ada masalah konfigurasi yang menyebabkan server down. Periksa log server untuk mencari pesan kesalahan yang mungkin memberikan petunjuk tentang penyebab masalah.

 

Restart server

 

langkah terakhir lakukan restart saat server down
(sumber : nitrotekno)

 

Jika memungkinkan, coba restart server kamu. Ini dapat membantu memulihkan server jika terjadi masalah sementara.

 

Pemulihan dari cadangan

Jika kamu memiliki cadangan data yang terbaru, pertimbangkan untuk memulihkan server kamu dari cadangan tersebut setelah memastikan masalah yang menyebabkan server down telah diperbaiki.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut namun server kamu masih down, lakukan cara berikut ini.

Cara Mengatasi DNS Server Down

Gunakan DNS alternatif

Beralih ke DNS server alternatif seperti Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220). Kamu dapat mengubah pengaturan DNS di router, komputer, atau perangkat jaringan kamu untuk menggunakan server DNS alternatif ini.

 

Coba DNS server publik

Terdapat beberapa DNS server publik yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif, seperti Cloudflare DNS (1.1.1.1 dan 1.0.0.1) atau Quad9 DNS (9.9.9.9 dan 149.112.112.112). Menggunakan DNS server publik ini dapat membantu jika masalah terkait dengan DNS server yang kamu gunakan sebelumnya.

 

Restart perangkat jaringan

Restart router atau modem kamu untuk memperbaiki koneksi dan mengatasi masalah sementara pada DNS server.

 

Clear DNS cache

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, kamu dapat membersihkan cache DNS dengan membuka Command Prompt dan mengetikkan perintah “ipconfig /flushdns” kemudian tekan Enter. Untuk pengguna macOS, kamu dapat membuka Terminal dan menggunakan perintah “sudo killall -HUP mDNSResponder” lalu tekan Enter.

 

Gunakan VPN

Menggunakan layanan VPN dapat membantu mengatasi masalah DNS server yang down dengan mengalihkan koneksi kamu melalui server VPN yang menggunakan DNS server yang berbeda.

 

Tunggu beberapa saat

Terkadang, masalah pada DNS server bersifat sementara dan dapat diperbaiki oleh penyedia layanan. Jika memungkinkan, tunggu beberapa saat dan coba lagi nanti.

 

Jika server kamu sudah kembali pulih ingatlah bahwa langkah-langkah yang tepat untuk memulihkan server dapat bervariasi tergantung pada konfigurasi dan lingkungan server kamu. Penting untuk mengikuti praktik terbaik keamanan dan pemeliharaan server untuk menghindari masalah serupa di masa mendatang, seperti melakukan pemantauan server secara teratur, membuat cadangan data, dan menjaga perangkat lunak server kamu tetap diperbarui, dan menggunakan layanan hosting yang memiliki server yang berkualitas.

Selalu perhatikan juga ketika kamu sering mengalami masalah yang serupa berulang kali, itu tandanya kamu harus berpindah kepenyedia layanan hosting yang lebih baik, karena masalah server down akan menghambat bisnis atua pekerjaan kamu, dan juga server down berpotensi membuat kamu kehilangan data-data penting pada website kamu.

Kamu membutuhkan hosting yang bisa diandalkan untuk menunjang bisnis dan pekerjaan kamu, pada beberapa kasus banyak penyedia layanan hosting yang mempersulit kamu ketika server down terjadi, seperti, penanganan yang lambat, customer support tidak fast respon, atau bahkan kamu diminta untuk melakukan backup dan restore data sendiri. Hal itu akan sangat menjengkelkan bukan? Maka dari itu kamu harus benar-benar teliti ketika memilih penyedia layanan hosting, jangan hanya tergiur oleh harga yang murah tanpa memperhatikan kualitas dari hosting yang akan kamu gunakan.

 

Jetdino sudah melayani lebih dari 5000+ pelanggan, dan hampir semua merasakan kepuasan dengan layanan Jetdino, karena di Jetdino kamu akan selalu menjadi prioritas utama. Customer Support berkomitmen untuk membantu kamu dalam kendala apapun dan selalu memberikan respon yang cepat dan tanggap, kamu gak perlu khawatir jika mengalami masalah yang serupa, karea Customer Support Jetdino akan selalu siap membantu kamu kapanpun selama 24/7 setiap harinya. Kamu juga gak perlu khawatir kehilangan data penting jika terjadi server down secara mendadak, karena Jetdino menyediakan Daily Backup tanpa tambahan biaya apapun untuk memastikan data kamu tetap #AmanSaatDown dan terjaga dengan baik dan akan sangat mudah untuk di restore kembali dengan cepat.

Masih mau menggukan penyedia hosting yang abal-abal? Yakin? Buruan pindah ke hosting Jetdino sekarang, Jetdino siap menjadi support system yang selalu ada dan dapat diandalkan untuk bisnis kamu. Beli hosting Jetdino, bayar langsung pakai.

Leave a Reply