blog posts

apa itu chatgpt

Apa Itu CHATGPT, Cara Menggunakan Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan tentang CHATGPT. Jika kamu pernah menggunakan chatbot baik di aplikasi Whatsapp maupun Telegram, itu merupakan bagian dari Artificial Intelligence, namun, berbeda dengan yang pernah kamu lihat atau gunakan pada aplikasi tersebut, CHATGPT adalah sebuah chatbot yang terkenal karena kecerdasannya hampir menyerupai manusia. Namun apa itu CHATGPT dan Artificial Intelligence. Selengkapnya kita akan bahas pada artikel kali ini.

 

Apa itu AI (artificial intelligence)

 

apa itu chatgpt
(sumber : republika)

 

AI adalah sebuah program kecerdasan buatan yang dibuat untuk simulasi kecerdasan manusia yang diterjemahkan kedalam mesin atau program agar dapat berpikir seperti manusia. Dengan kata lain AI ini dibuat semirip mungkin dengan kecerdasan manusia.

 

Bisa dibilang AI adalah sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan manusia. AI sendiri memerlukan data untuk melakukan suatu pekerjaan, itulah kenapa disebut machine learning. Karena AI harus belajar untuk menambah pengetahuannya. Dalam proses AI ada tiga hal penting yaitu, learning, reasoning, dan self correction. Berbeda dengan program komputer lainnya, AI bisa belajar dengan senidirinya lewat pengalamannya saat digunakan oleh manusia. 

Secara garis besar AI dapat melakukan salah satu faktor berikut ini :

  • Acting humanly,  bertindak seperti manusia
  • Thinking humanly, berfikir seperti manusia
  • Thinking rationally, berfikir secara rasional
  • Act rationally, bertindak secara rasional

 

Apa itu CHATGPT

 

Secara teknis CHATGPT (Generative Pretrained Transformer) adalah sebuah program machine learning yang dibuat sebagai “transformer” atau pengubah sesuatu yang sudah terlatih. CHATGPT sendiri di kembangkan oleh perusahan yang memang sering membuat program AI yakni OpenAi. OpenAi sendiri adalah perusahaan besutan Elon Musk dan Sam Altman pada tahun 2015 yang berfokus pada penelitian soal kecerdasan buatan. CHATGPT digadang-gadang jadi chatbot kecerdasan buatan yang terbaik yang pernah dibuat. Adapun fungsi dari CHATGPT ini adalah chatbot yang dapat memprediksi kata atau frase yang paling mungkin muncul selanjutnya dalam suatu kalimat. CHATGPT terlatih dengan menggunakan jutaan dokumen yang tersebar secara online sehingga dapat menyesuaikan dengan pertanyaan dalam bermacam-macam bahasa dan gaya penulisan yang berbeda. 

 

CHATGPT dapat digunakan untuk kebutuhan tugas yang cepat, seperti menerjemahkan bahasa, membuat resume, dan pembuatan kalimat yang terlihat alami. Kabar baiknya CHATGPT bisa kamu gunakan untuk belajar programming. Setelah Mindo coba memasukan pertanyaan soal programming CHATGPT bisa menjawabnya dengan lengkap. 

 

Itulah penjelasan tentang apa itu chatgpt. Jika kamu penasaran dan ingin mencobanya sendiri, berikut adalah cara untuk menggunakan CHATGPT

 

Cara Menggunakan CHATGPT

 

1. Buka di pencarian browser kamu https://chat.openai.com/ 

2. Klik TRY CHATGPT

 

apa itu chatgpt

 

 

3. Daftar dengan menggunakan email atau akun google kamu

 

 

apa itu chatgpt

 

4. Setelah mendaftar kamu akan diminta verifikasi nama dan nomor telepon kamu

5. Masukan kode OTP yang dikirim melalui sms atau whatsapp

6. Setelah berhasil masuk kamu akan mendapatkan tampilan seperti ini 

 

 

apa itu chatgpt

 

Kamu tinggal masukan chat atau topik apa yang ingin kamu kirim ke CHATGPT pada kotak merah di atas.  

 

Kelebihan dan kekurangan CHATGPT

 

Kelebihan CHATGPT

 

CHATGPT sangat cocok digunakan untuk tugas yang cepat, kamu bisa mencari tahu jawaban langsung tentang pertanyaan kamu, CHATGPT juga bisa menulis cerita, bahkan bisa membuat kode program. 

GPT juga dapat menganalisis pola-pola pada teks, apakah teks tersebut cenderung positif, negatif, atau netral. Hal ini tentu membuat kamu lebih efektif dibandingkan harus mencari jawaban di google yang memberikan terlalu banyak opsi. CHATGPT juga memiliki jawaban dari berbagai jenis pertanyaan termasuk soal matematika yang sulit.

 

Kekurangan CHATGPT

 

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun karena CHATGPT merupakan sebuah program tentu akan selalu memiliki kekurangan. Setelah Mindo melakukan beberapa kali percobaan, Mindo menemukan bahwa jawaban dari GPT tidak konsisten. Artinya ketika kamu memasukan pertanyaan yang sama lebih dari satu kali maka jawaban yang didapat akan selalu berubah-ubah tentu hal ini akan membuat kamu bingung akan menggunakan jawaban yang mana.

 

Demikian pembahasan tentang apa itu CHATGPT, dan AI, sekarang kamu bisa coba sendiri untuk mengetes seberapa jauh CHATGPT dapat memberikan jawaban dari pertanyaan kamu.  Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kamu. Baca Juga : Apa Itu Sniffing, Serta 5 Langkah Untuk Mencegah Sniffing