blog posts

nama domain

Kelebihan dan Kekurangan Nama Domain Gratis dan Berbayar, Pilih Yang Mana?

Kamu sedang mencari kelebihan dan kekurangan domain gratis dan berbayar? Tenang, kamu sudah berada di artikel yang tepat. Nama domain merupakan bagian dari alamat situs web kamu yang muncul setelah “www.” Sebagai contoh, jika kamu memiliki nama domain “www.jetdino.com,” maka nama domain kamu adalah example.com. Domain penting karena membantu orang menemukan dan mengingat situs kamu lebih mudah daripada jika hanya disebutkan “www.” Selain itu, domain juga memungkinkan pengguna untuk langsung menuju ke halaman tertentu di situs kamu tanpa harus mengingat folder mana yang berisi halaman-halaman tersebut (yaitu, http://www., https://www., ftp://ftp.).

 

Kelebihan dan Kekurangan Nama Domain Gratis dan Berbayar

 

nama domain

 

Baik domain gratis maupun berbayar, masing-masing memiliki kekurangan yang wajib kamu tahu sebelum menentukan untuk memilih menggunakan yang mana, berikut kelebihan dan kekurangan domain gratis dan berbayar.

Kelebihan Domain Gratis

 

nama domain
(sumber : kompasiana.com)

 

Keuntungan dari nama domain gratis meliputi: Tanpa biaya. Nama domain gratis dapat digunakan secara gratis, sehingga kamu tidak perlu khawatir membayar biaya apa pun untuk menggunakan mereka. Tanpa komitmen. Kamu tidak harus berkomitmen untuk menggunakan nama domain tertentu jika tidak cocok untuk kamu atau bisnis kamu. Jika ada yang lebih baik, maka lakukanlah perubahan! Mudah untuk melakukan transfer dengan sebagian besar proses transfer registrar (dan beberapa bahkan menawarkan transfer gratis). Proses pengaturan mudah: Sebagian besar registrar menawarkan formulir pendaftaran sederhana yang membuat memulai nama domain baru mudah seperti makan pie–tidak diperlukan pengetahuan teknis!

 

Kekurangan Domain Gratis

  • Pilihan kustomisasi terbatas
  • Tidak ada kontrol atas branding
  • Dukungan terbatas
  • Nama domain panjang

 

Kelebihan Domain Berbayar

 

nama domain
(sumber : dreamstimes.com)

 

Nama domain berbayar menawarkan lebih banyak pilihan kustomisasi, yang dapat menjadi penting jika kamu mencoba menciptakan citra merek yang unik. Kamu juga memiliki lebih banyak kontrol atas branding kamu dan dapat memastikan bahwa semuanya konsisten di seluruh platform.

Keuntungan:

  • Lebih banyak pilihan kustomisasi
  • Kontrol atas branding
  • Dukungan yang lebih baik
  • Nama domain bisa disesuaikan dengan bisnis

 

Kekurangan Domain Berbayar

Kerugian dari nama domain berbayar adalah

  • Biaya. Jika kamu baru memulai dan belum banyak menghasilkan uang, biaya nama domain premium mungkin menjadi hambatan.
  • Komitemen. Jika kamu berencana untuk mengubah nama situs web kamu di masa depan, mungkin sulit atau mahal untuk beralih kembali ke nama domain gratis jika sudah dibeli oleh orang lain (dan mereka tidak akan melepaskannya). Lebih sulit untuk dipasang.
  • Kamu akan memiliki kontrol yang lebih sedikit atas tampilan situs karena semuanya dilakukan melalui perangkat lunak pihak ketiga daripada langsung melalui WordPress atau platform lain seperti Squarespace atau Wix.

Setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Domain Gratis dan Berbayar, lalu bagaimana domaian yang tepat untuk kamu? Simak di bawah ini.

Domain yang Tepat untuk Kamu

Memilih domain yang tepat untuk bisnis kamu adalah keputusan besar. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk:

  • Biaya pendaftaran dan perpanjangan nama domain kamu (berapa banyak yang harus kamu bayar per tahun)
  • Seberapa mudah mengingat dan mengetik URL
  • Kamu Apakah ada batasan pada apa yang dapat kamu gunakan sebagai nama domain.

Praktik Terbaik untuk Pengelolaan Domain

Sebagai pemilik domain, penting untuk mengetahui cara mendaftarkan, memperpanjang, dan mentransfer domain kamu. Kamu juga harus memahami cara mengelola domain kamu agar terhindar dari penggunaan yang tidak sah oleh orang lain.

Jangan hanya memperhatikan kelebihan dan kekurangan domain gratis dan berbayar saja, namun kamu juga harus mengetahui masalah yang sering terjadi dan cara mengatasinya.

Masalah Umum pada Domain dan Cara Mengatasinya

Jika kamu mengalami masalah dengan domain kamu, berikut adalah beberapa masalah umum dan cara mengatasinya:

  • Kamu tidak dapat mengakses situs web. Jika hal ini terjadi, coba perbarui halaman dalam beberapa menit. Jika itu tidak berhasil, hubungi penyedia hosting kamu untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang terjadi dengan situs kamu dan bagaimana memperbaikinya.
  • Situs web dimuat tetapi terlihat berbeda dari biasanya atau memiliki elemen yang hilang (seperti gambar). Ini kemungkinan besar disebabkan oleh sesuatu yang disebut “caching,” yang berarti bahwa ketika seseorang mengunjungi halaman di browser mereka, mereka sebenarnya tidak melihat semua kontennya tetapi hanya apa yang mereka butuhkan agar browser mereka tidak crash saat memuat segala sesuatu yang lain nanti ketika seseorang lain mengunjungi URL yang sama lagi di masa depan – dan seterusnya hingga akhirnya semua orang mendapatkan versi segar dari semua hal! Agar proses ini tidak terjadi terlalu cepat (sehingga orang tidak bingung), sebagian besar ISP akan menyimpan cache beberapa bagian seperti gambar secara lokal sebelum mengirimnya kembali keluar lagi setiap kali dibutuhkan – tetapi terkadang aturan ini tidak selalu diikuti dengan benar sehingga mengarah ke hasil yang tidak terduga seperti yang dijelaskan di atas terjadi secara tidak terduga.

Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Domain Jetdino

Domain Jetdino menyediakan domain TLD dan ccTLD yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu, selain itu domain Jetdino memiliki banyak pilihan nama domain dengan harga yang beragam dan pasti lebih murah dari domain lain. Domain Jetdino juga telah didukung oleh customer support yang selalu siap siaga membantu jika seketika domain kamu mengalami kendala yang membutuhkan bantuan. Kamu belum punya hosting namun hanya memiliki budget untuk membeli domain. Jangan khawatir mumpung masih ada promo dari Jetdino, mulai dari Rp. 72.000an aja kamu bisa beli enterprise hosting yang udah dapet domain gratis loh, yuk buruan checkout sekarang sebelum keabisan. Ambil di sini!

 

Leave a Reply