blog posts

masa aktif domain

Masa Aktif Domain Expired, Inilah 4 Siklus Yang Wajib Kamu Ketahui

Apakah Teman Dino pernah berfikir apa yang terjadi ketika masa aktif domain habis atau expired?

Domain yang expired tidak semata-mata langsung hilang atau tidak bisa digunakan, namun akan melewati beberapa siklus terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui sebelum membeli Domain di Jetdino dan sebagai pertimbangan jika kamu ingin memperpanjang Domain yang kamu beli.

Sebagai bentuk komitmen Jetdino untuk memberikan pengetahuan terkait produk kami, di artikel ini kami akan bahas beberapa siklus yang akan dilewati ketika Domain expired.

 

Apa itu Domain expired?

Umumnya domain memiliki masa aktif sejak masa pembeliannya, bisa satu tahun, dua tahu, dan seterusnya, tergantung berapa lama jangka waktu domain yang kamu beli dan juga tergantung dari penyedia layanan domain.
Setelah jangka waktu tersebut terpenuhi, dan kepemilikan domain tidak diperpanjang,maka domain kamu akan masuk ke dalam status expired. Domain yang sudah menyandang status expired tidak bisa langsung di registrasi ulang atau digunakan kembali.

Domain yang sudah expired harus menunggu beberapa waktu untuk dapat digunakan kembali, biasanya harus menunggu sekitar 3 bulan atau sekitar 80 hari.

Di Jetdino sendiri kamu tinggal melakukan perpanjangan sebelum tenggat masa aktif atau disebut juga renewal.
Kamu tidak perlu khawatir tidak ingat atau lupa masa aktif domain kamu, karena sebelum masa aktif domain kamu tiba, tim Jetdino akan dengan sigap mengingatkan kamu untuk segera memperpanjang masa aktif domain.

Baca Juga : Perbedaan Top Level Domain (TLD) Dan Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Apa kemungkinan yang terjadi ketika domain expired?

Domain yang telah expired dan tidak diperpanjang akan dilelang ke publik. Sehingga domain kamu bisa berpindah kepemilikan kepada orang lain yang membeli domain tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut ketahuilah siklus domain expired berikut ini

Siklus Domain Expired

Seperti yang sudah disinggung di atas, domain yang sudah expired tidak bisa langsung digunakan kembali dan harus melewati beberapa tahapan siklus.

Domain akan melewati beberapa tahapan selama kurang lebih tiga bulan, tahapan tersebut adalah Renewal Grace, Redemption, Pending Delete, sampai jadi Available For Registration.

 

masa aktif domain
(sumber : linkedin)

 

Kami akan uraikan penjelasan siklus domain satu persatu

Renewal Grace

Setelah masa aktif domain habis, domain akan memasuki periode Renewal Grace. Fase ini bisa disebut juga dengan masa tenggang domain.

Renewal Grace adalah periode dimana pemilik domain masih bisa memperpanjang masa aktif domain dengan biaya normal.

Periode ini biasanya berlangsung selama 30 – 40 hari tergantung dari penyedia layanan domain, singkatnya periode ini sebagai masa tambahan atau atau toleransi untuk pemilik domain untuk memperpanjang masa aktifnya.

Selama periode Renewal Grace berlangsung biasanya domain akan diparkir oleh registrar pada halaman komersil.

 

Redemption Period

Periode ini terjadi setelah Renewal Grace berakhir dan domain tidak diperpanjang, dan secara otomatis akan berpindah ke periode selanjutnya yaitu Redemption Period.

Domain yang berada di dalam Redemption Period akan dihapus oleh registrar sehingga kamu tidak akan bisa menggunakannya kembali maupun memarkir domain tersebut.

Namun, jika kamu bersikukuh ingin tetap menggunakan domain tersebut, maka kamu harus membayar lebih mahal dari harga normal dan disebut Redemption atau penebusan. Biayanya Pun akan mencapai 10 kali lipat dari harga normal.

Periode ini akan berlangsung selama 30 hari atau satu bulan sebelum domain memasuki periode selanjutnya yaitu

 

Pending Delete

Domain akan masuk ke periode ini ketika domain tidak didaftarkan kembali atau dilakukan penebusan tadi.

Pending delete adalah masa persiapan sebelum domain benar-benar dihapus kepemilikannya dari pemilik semula.

Periode ini biasanya berlangsung cukup singkat yaitu sekitar 5-7 hari saja, domain yang sudah memasuki periode Pending Delete tidak bisa didaftarkan kembali dan akan di hapus secara permanen sebelum akhirnya domain akan kembali dijual secara umum.

 

Available For Registration

Domain yang berada pada periode ini telah berubah kembali menjadi fresh domain atau domain baru yang siap didaftarkan oleh siapa saja.

Periode ini biasanya terjadi pada hari ke-7 pada period pending delete.

Domain akan kembali beredar ke pasaran dan bisa di beli atau di registrasi oleh siapapun yang menginginkannya.

Pengetahun ini penting sekali agar domain kamu tidak expired dan berpindah tangan, sebenarnya setiap penyedia layanan domain akan memberikan notifikasi ketika masa aktif domain kamu segera habis, namun, alangkah baiknya jika kamu memahami siklus domain expired agar kamu tidak dirugikan ketika kamu tidak sengaja lupa memperpanjang masa aktif domain kamu.

 

Bagaimana jika yang expired adalah domain dari Jetdino

Sebelum masa aktif domain kamu berakhir, kamu akan mendapatkan notifikasi dari Jetdino untuk melakukan renewal atau perpanjangan masa aktif domain 30 hari sebelum masa aktif berakhir. Notifikasi tersebut biasanya dikirimkan melalui email.

Dan jika kamu mengabaikan notifikasi tersebut selama tiga 30 hari dari notifikasi dikirimkan, maka domain kamu secara otomatis akan masuk ke Redemption Period. Kamu masih bisa menggunakan kembali domain kamu, namun sesuai regulasi yang berlaku, kamu akan dikenakan biaya yang jauh lebih mahal dari harga normal dan prosesnya akan sangat rumit.

Maka untuk menghindari hal tersebut Jetdino akan selalu mengingatkan kamu untuk segera melakukan perpanjangan masa aktif domain, sebelum domain kamu memasuki periode Redemption dan beresiko diklaim orang lain.

Selalu check notifikasi renewal domain dari Jetdino agar domainmu tetap aktif dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Buka Knowladge Base Jetdino untuk informasi penting lainnya : KB JETDINO