blog posts

layanan lisensi cpanel

Hati-hati Layanan Lisensi cPanel yang Bermasalah Dapat Menyebabkan Server Website diserang Malware

Apakah kamu berpikir bahwa cPanel dan Layanan Lisensi cPanel sama? Jika iya baca artikel berikut ini.

cPanel adalah panel kontrol web hosting yang populer dan mudah digunakan. Ini adalah perangkat lunak yang membantu pengguna mengelola situs web dan server hosting mereka melalui antarmuka grafis berbasis web. Dengan cPanel, Anda dapat melakukan tugas seperti mengelola file situs web, database, akun email, domain, memantau sumber daya server, mengelola sertifikat SSL, dan banyak lagi. Ini adalah alat penting untuk mengelola hosting web dengan lebih efisien tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam. Jetdino sebagai penyedia layanan hosting juga menawarkan cPanel disemua produk hosting Jetdino.

 

Apakah cPanel dan Lisensi cPanel sama?

 

layanan lisensi cpanel
(sumber : duniailkom)

 

cPanel dan Lisensi cPanel adalah dua hal yang berbeda. cPanel adalah perangkat lunak panel kontrol web hosting yang digunakan untuk mengelola berbagai aspek dari situs web dan server hosting Anda melalui antarmuka web. Ini termasuk pengelolaan file, database, akun email, domain, dan berbagai fungsi hosting web lainnya. cPanel adalah alat yang digunakan oleh pemilik situs web atau administrator server untuk mengelola hosting web mereka. Sedangkan Lisensi cPanel adalah izin yang diperlukan untuk menjalankan perangkat lunak cPanel di server hosting Anda secara legal. Layanan Lisensi cPanel diperoleh dari cPanel, Inc. atau penyedia lisensi resmi mereka, dan biasanya dikenakan biaya. Lisensi ini memungkinkan Anda menginstal dan menggunakan cPanel di server Anda.

 

Perbedaan cPanel dan Layanan Lisensi cPanel

cPanel dan Lisensi cPanel memiliki beberapa perbedaan berikut ini :

cPanel

  • Perangkat Lunak : cPanel adalah perangkat lunak panel kontrol web hosting.
  • Fungsi Utama : cPanel digunakan oleh pengguna (seperti pemilik situs web atau administrator server) untuk mengelola berbagai aspek situs web dan server hosting mereka melalui antarmuka web.
  • Fungsi Tertentu : cPanel memungkinkan pengguna untuk mengelola file situs web, database, akun email, domain, sertifikat SSL, pemantauan server, dan banyak fungsi hosting web lainnya.
  • Antarmuka Pengguna : cPanel memiliki antarmuka grafis berbasis web yang mudah digunakan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas ini tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam.

Lisensi cPanel

  • Izin Penggunaan: Layanan Lisensi cPanel adalah izin yang diberikan oleh cPanel, Inc. kepada penyedia hosting web atau individu untuk menggunakan perangkat lunak cPanel pada server hosting mereka.
  • Tujuan: Lisensi cPanel digunakan untuk mengotorisasi penggunaan cPanel di server hosting. Setiap server yang menjalankan cPanel memerlukan lisensi agar dapat digunakan secara legal.
  • Pembayaran: Lisensi cPanel biasanya dikenakan biaya dan harus diperbarui secara berkala sesuai dengan persyaratan cPanel, Inc.

Pesan Error “Lisensi Mohon Diperbarui”

Pesan ini biasanya muncul ketika kamu menggunakan layanan Lisensi cPanel untuk kebutuhan server website kamu. Penyebab pesan error ini muncul biasaya karena Anda memilih penyedia layanan yang tidak kredible, sehingga biasanya penyedia layanan yang nakal masih menggunakan lisensi yang lama demi mendapatkan untung yang lebih banyak. Maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan kualitas Lisensi cPanel dan Penyedia Layanan yang akan kamu gunakan untuk kebutuhan server Anda.

 

Bahaya Layanan Lisensi cPanel yang belum di update

Downtime

Jika lisensi cPanel Anda kedaluwarsa atau tidak valid, cPanel mungkin berhenti berfungsi, dan website Anda dapat mengalami downtime. Ini bisa merugikan bisnis online Anda atau menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna website Anda.

 

Kehilangan Akses ke Fitur

Jika layanan lisensi cPanel Anda tidak diperbarui, Anda mungkin kehilangan akses ke fitur dan fungsi yang biasanya disediakan oleh cPanel. Ini dapat menghambat kemampuan Anda untuk mengelola situs web dan server hosting Anda dengan efisien.

 

Masalah Keamanan

Perangkat lunak yang tidak diperbarui cenderung memiliki kerentanan keamanan. Jika Anda tidak meng update cPanel, server Anda mungkin menjadi lebih rentan terhadap serangan keamanan termasuk malware. Pada beberapa kasus ditemukan pada website yang rentan malware berhasil menyerang bahkan mengganti konten pada website yang terserang. Website resmi pemerintahan daerah contohnya, banyak website pemerintahan daerah yang kontennya berubah menjadi website judi online, kasus ini sedang ramai diperbincangkan di komunitas wordpress indonesia on facebook.

 

Tidak Dapat Menginstal Pembaruan

Layanan Lisensi cPanel yang tidak valid atau kedaluwarsa dapat membuat Anda tidak dapat menginstal pembaruan perangkat lunak cPanel. Ini berarti Anda mungkin melewatkan perbaikan keamanan dan perbaikan kinerja yang diperlukan.

 

Cara Terhindar dari Error Layanan Lisensi cPanel

Pilih penyedia Layanan yang Terpercaya

Penting untuk mencari tahu terlebih dahulu penyedia layanan yang akan kamu gunakan untuk membeli layanan Lisensi cPanel untuk kebutuhan server kamu. Cari tahu bagaimana reputasi penyedia layanan yang akan kamu gunakan dipasaran, lihat seberapa tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang menggunakan layanan mereka. Lihat rating tentang brand ataupun produk mereka.

 

Tanyakan spesifikasi Lisensi cPanel yang akan kamu gunakan

Tidak ada salahnya menanyakan spesifikasi produk atau layanan Lisensi cPanel pada customer support maupun tim marketing mereka. Sama halnya ketika Anda ingin menggunakan sebuah produk, maka Anda harus sudah paham tentang produk tersebut. Memahami spesifikasi Lisensi cPanel yang akan Anda gunakan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis Anda.

 

Customer Support

Dukungan profesional menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan, nantinya jika kamu mengalami masalah dengan layanan mereka perhatikan bahwa tim teknis maupun Customer Support mereka telah didukung oleh tenaga yang profesional dan bisa membantu Anda mengatasi masalah yang Anda alami.

 

Harga

Jangan pernah berfikir untuk menggunakan Lisensi cPanel yang murah saja, atau yang mahal pasti bagus. Hal ini sering kali menjadi kesalahan berfikir terutama bagi pemula, karena Lisensi cPanel yang murah bisa saja spesifikasi yang ditawarkan tidak cukup baik sehingga akan menjadi masalah dikemudian hari. Begitupun yang mahal belum tentu baik, disinilah peran Product Knowladge diperlukan agar Anda tidak salah pilih.

 

Bagaimana Jetdino Membantu Anda

Produk Lisensi cPanel Jetdino menawarkan spesifikasi yang mumpuni, yang sudah dilengkapi oleh fitur keamanan terbaru yakni Imunify360 yang akan membuat server kamu tetap aman dari ancaman yang berbahaya seperti malware maupun kejahatan cyber lainnya. Jetdino juga selalu menggunakan sistem operasi terbaru untuk setiap produknya, Jetdino selalu melakukan realtime update sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap kerentanan yang ditimbulkan akibat menggunakan versi lama. Jetdino memberikan dukungan profesional yang siap membantu kamu selama 24/7 setiap harinya, Customer Support dan Tim Teknis Jetdino selalu berkolaborasi untuk memberikan layanan terbaik terhadap customer yang membutuhkan bantuan. Jangan pernah ragu untuk bergabung bersama ribuan pelanggan yang telah merasakan pelayanan terbaik dari Jetdino, bangun server impian kamu dengan Lisensi cPanel dari Jetdino cek sekarang di www.jetdino.com/license

Leave a Reply