blog posts

website company profile

Cara Mudah Membuat Website Company Profile dengan WordPress

Website Company Profile adalah website yang dibuat untuk organisasi atau instansi tertentu, sebagai akses informasi terkait perusahaan yang bersangkutan. Website company profile bertujuan untuk membuat perusahaan terlihat lebih profesional dan meningkatkan kredebilitas. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan website sebagai sarana branding, dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan mereka, namun, tidak sedikit pula perusahaan yang belum sadar untuk menggunakan website bagi perusahaan mereka. Hal ini membuat perusahaan kecil tidak bisa bersaing dengan perusahaan yang lebih besar, karena keterbatasan visibilatas perusahaan itu sendiri.

 

Jika kamu seorang pemilik bisnis, lebih baik mulai memikirkan untuk membuat website company profile untuk bisnis kamu. Ada banyak cara untuk mebuat website company profile, mulai dari dengan menghire orang untuk membuat website  company profile, menggunakan jasa agency website developer, atau bahkan kamu ingin coba membuatnya sendiri. Jika kamu ingin mencoba membuat website company profile sendiri kamu bisa ikuti tutorialnya pada artikel ini.

 

Yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Website Company Profile

Sebelum kamu membuat website company profile ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan, yaitu :

Budget

Walaupun kamu membuat website company profile sendiri, kamu tetap harus menyiapkan budget untuk membeli hosting, domain, dan membeli plugins pada wordpress kamu nantinya.

 

Hosting dan Domain

Hosting dan Domain adalah salah satu hal yang penting untuk membuat website company profile, karena kamu membutuhkannya untuk menyimpan file website, dan domain sebagai alamat websitenya. Sebenarnya, kamu bisa saja membuat website dengan hosting dan domain gratisan dari wordpress. Namun, karena gratis fiturnya sangat terbatas tidak seperti hosting dan domain yang berbayar.

 

Setelah menyiapkan beberapa hal tersebut kamu bisa mulai ikuti tutorial berikut ini

 

Beli Hosting dan Domain

Setelah kamu membeli hosting dan domain lakukan login pada akun cPanel yang akan diberikan oleh penyedia layanan. Caranya, ketikan pada browser kamu nama domain dan ekstensi yang kamu gunakan / cpanel. Contoh : jetdino.com/cpanel. Lalu setelah berhasil login, cari softacolous apps installer cari wordpress. Masukan informasi yang sesuai seperti membuat username dan password lalu klik install, setalah berhasil terinstall, copy link yang muncul dan paste di browser kamu.

 

Login WordPress

 

website company profile

 

Setelah mempaste link wordpress di browser kamu, lakukan login dengan username dan password yang sudah kamu buat tadi. Sekarang kamu sudah berhasil punya website sendiri, eits tapi belum selesai, kamu harus melakukan customisasi untuk membuat tampilan website kamu lebih menarik dan profesional.

 

Install Tema WordPress

 

thema

 

 

website company profile

 

website company profile

Untuk bisa membuat tampilan website sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu harus menggunakan Tema pada wordpress kamu. Caranya buak dashboard wordpress, lalu cari menu appearance lalu klik themes, klik add new, untuk menambahkan tema baru. Cari tema yang ingin kamu gunakan, kamu bisa memilih sesuai kategori atau mencarinya pada kolom pencarian. Klik install pada tema yang ingin kamu gunakan, lalu setelah berhasil terinstall, lalu klik activate.

 

Tambahkan deskripsi website kamu

 

website company profile

 

Tambahkan deskripsi pada website kamu untuk membuat orang yang mengunjungi website kamu, tahu bahwa bisnis kamu bergerak dibidang apa. Caranya pergi ke menu appearance lalu klik customise, klik site identity, lalu klik siste title, dan tambahkan juga tagline perusahaan yang menarik dan menggugah minat pengunjung. Jangan lupa juga untuk mengupload logo perusahaan dan informasi penting lainnya, seperti alamat kantor dan informasi kontak.

 

Membuat Pages

 

website company profile

 

Page adalah halaman yang ada pada website company profile kamu, page ini bisa berisi iformasi ataupun konten pada website kamu. Cara membuat pages, kalau kamu sudah login pada cpanel dan akun wordpress kamu, kamu tinggal ikuti cara berikut ini. Kita akan membuat home page terlebih dulu, homepage adalah halaman muka atau halaman yang pertama kali kamu lihat ketika membuka sebuah website, pertama kamu harus lihat dulu apakah website kamu sudah memiliki home page atau belum, caranya pergi ke pages, klik all pages, pastikan bahwa kamu belum memiliki Home Page. Langsung saja kita buat home page caranya klik pages lalu klik add new, jika sudah,  kamu tinggal ketik home pada add title lalu di bawahnya ketik konten kamu.

Sekarang kita buat menu lain, seperti produk, about, dan kontak. Jika kamu mau menambahkan menu lainnya itu jauh lebih bagus. Langkah-langkahnya sama seperti tadi pergi ke menu pages, klik add new, lalu buat menu yang ingin kamu buat.

 

Buat Menu

 

website company profile

 

Jika sudah selesai, kita akan buatkan menunya terlebih dahulu supaya kita nanti gampang mengakses halaman-halaman yang udah kita buat tadi.

Untuk membuat menu, kita klik appearances lalu klik menus, buat nama menu, disini kita akan buat dengan nama main menu, setelah namanya diganti kita klik create menu. Setelah berhasil membuat menu maka halaman ini akan muncul lalu tinggal klik centang pada pages yang mau ditambahkan ke menu tadi. lalu klik save menu, sekarang kita coba apakah sudah berfungsi.

 

Rekomendasi Hosting dan Domain untuk website kamu

 

Untuk membuat website company profile kamu tidak bisa sembarang dalam memilih hosting dan domain, karena kinerja hosting dan domain akan sangat berpengaruh pada kecepatan dan keamanan website kamu. Alih-alih website kamu semakin berkembang justru malah menjadi boomerang bagi bisnis kamu karena salah dalam memilih hosting. Gunakan hosting yang telah didukung oleh fitur kecepatan terbaru seperti Litespeed, website yang cepat dapat membuat mengoptimilisasi SEO untuk muncul di peringkat pertama mesin pencarian.

Selain cepat, faktor keamanan seperti Imunify 360 juga harus ada pada hosting kamu, ini akan membantu website kamu tetap aman dari serangan virus maupun cyber crime. Dukungan support menjadi salah satu hal yang penting, karena jika sewaktu-waktu website kamu terjadi masalah yang cukup membuat kamu bingung, maka Customer Support bisa menjadi solusi buat kamu.

 

Tahukah kamu? Semua fitur tersebut telah lengkap ada pada hosting Jetdino, jika kamu membeli hosting Jetdino selama bulan juli, kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga 50% untuk semua produk enterprise hosting. Kamu juga bisa menghemat biaya kamu, karena ketika membeli hosting Jetdino selama promo spesial juli, kamu sudah auto dapat gratis domain selama setahun. Buruan cek sekarang di www.jetdino.com/enterprise-hosting

 

Pantengin terus sosial media Jetdinocom dan blog jetdino, untuk tutorial lainnya.

Leave a Reply