Pada kesempatan yang baik kali ini akan kami informasikan kepada Anda lebih lengkapnya tentang apa itu cPanel dan fungsi lengkapnya. Dengan mengetahui pengertian dan fungsinya yang lebih lengkapnya mengenai cPanel, tentu saja Anda pun juga akan lebih mudah lagi dalam hal penggunaan dan pemanfaatannya. cPanel merupakan sebuah panel kontrol yang memiliki peranan cukup penting sekali sebagai layanan host webs pada Linux.

cPanel ini bahkan akan memberikan tampilan grafis serta peralatan automasi yang dibuat secara khusus untuk mempermudah proses hosting di sebuah situs website. Namun untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya silakan di simak pada ulasan berikut ini.

Pengertian cPanel Lengkap

Seperti yang sudah kami bahas di atas, bahwa cPanel ini adalah panel kontrol yang umumnya digunakan untuk melakukan berbagai macam pengaturan di layanan website hosting, seperti manajemen file, security, domain, software, database, dan konfigurasi lainnya. Sebab memiliki peranan yang cukup penting sekali, sehingga tanpa cPanel maka sebuah website hosting tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Itu berarti web hosting hanya bisa dilakuka lewat perintah teks saja.

cPanel pada dasarnya dibuat secara khusus untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi lewat tampilan user interface. Selain itu, cPanel ini sendiri juga biasanya akan dipasangkan pada Virtual Private Server (VPS) dan Dedicated Server dengan menggunakan sistem operasi Linux, FreeBSD, atau sejenisnya. Juga ada beberapa aplikasi yang mendapat dukungan cPanel, diantaranya mySQL, PHP, Apache, Perl, Postgres, Python, dan BIND.

Lewat beberapa dukungan tersebut, sehingga cPanel yang Anda miliki bisa melakukan banyak hal, seperti mengelola email yang diarahkan ke domain Anda, melakukan pengaturan PHP dengan mudah dan juga Apache Handler, serta melakukan upload atau restore, maupun backup file dan data website Anda. Dan berikut ini juga akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa fungsi cPanel lebih lengkapnya.

Fungsi cPanel Lengkap

Sederhananya, fungsi dan peranan cPanel ini sebetulnya hanya untuk memudahkan dalam hal mengelola sebuah website, yang mana di dalamnya terdapat akun hosting yang Anda miliki. cPanel nanti juga akan semakin memudahkan Anda dalam konfigurasi yang ada kaitannya dengan domain serta hosting. Selain hal tersebut, cPanel juga bisa menambahkan beberapa aplikasi tambahan yang memang penting atau perlu dipasangkan. Tujuannya, untuk mendukung website yang Anda miliki agar dapat bekerja dengan optimal.

Jika dibandingkan antara penampilan cPanel dalam mengakses file manager dengan tampilan teks perintah yang fungsi utamanya juga sama, yakni untuk mengakses file menager, tentu saja terlihat sangatlah berbeda sekali. Dimana pengguna yang sebelumnya masih belum pernah kenal Linux, sehingga kemungkinan besar akan kebingungan pada saat melihat adanya perbandingan tersebut. Lalu pada tampilan teks perintah sendiri merupakan hal yang sama – sama menampilkan file website. Fungsinya pun juga sama, dengan tampilan cPanel untuk akses file manager. Hanya saja pada tampilan teks perintah ini menggunakan teks untuk bisa mengaksesnya.

Jadi, fungsi dari cPanel ini sendiri adalah untuk memudahkan pengguna pada saat akan mengelola file website, memudahkan dalam mengatur website, memudahkan pengaturan dan manajemen email, memudahkan pengelolaan domain, memudahkan mengelola database, memudahkan konfigurasi modul PHP yang digunakan, memudahkan pengaturan keamanan hosting, dan memudahkan proses backup dan restore website.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang mengetahui pengertian cPanel dan fungsi lengkapnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.