WordPress terkenal dengan berbagai macam kepentingan. WordPress seringkali digunakan untuk kepentingan bisnis online bahkan untuk kepentingan blog untuk adsense. Salah satu alasannya banyak orang menggunakan platform wordpress adalah karena wordpress mudah dicustomisasi.

Bahkan dengan memasang plugin YOAST SEO, Anda sudah bisa tahu apakah konten yang Anda buat dan diletakkan di wordpress sudah sesuai dengan kaidah SEO atau tidak. Berikut bagaimana cara optimasi wordpress untuk SEO yang penting Anda tahu dan pahami. Cek informasinya di bawah ini dan terapkan!

Cara Optimasi WordPress Untuk SEO

Tambahkan plugin wordpress SEO by Yoast dan manfaatkan semua fitur yang diberikan

Suatu hal yang mendukung mengapa wordpress dikatakan sebagai suatu CMS terbaik adalah karena banyaknya fitur pendukung yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik website untuk semakin memudahkan pengembangan website.

Untuk kepentingan SEO sendiri, wordpress SEO by Yoast merupakan suatu plugin SEO yang paling populer saat ini jika dibandingkan dengan SEO yang lain bagi pengguna website wordpress. Anda perlu mengaktifkan plugin tersebut dan kemudian manfaatkan segala macam fitur yang ada.

Fitur pertama yang paling direkomendasikan untuk digunakan adalah XML sitemap. Jadi setelah Anda melakukan instalasi plugin tersebut, di bagian sebelah kiri dashboard terdapat menu SEO dan terdapat XML sitemap.

Kurangi jumlah plugin yang Anda akan gunakan

Plugin yang memang sangat membantu dalam upaya pengembangan website berbasis wordpress, adalah plugin ini. Plugin juga tentunya menjadi suatu aspek penyelamat utamanya bagi mereka yang tidak memiliki suatu kemampuan coding.

Akan tetapi yang penting untuk Anda ketahui bahwa menggunakan terlalu banyak plugin pada suatu website juga bukan hal yang baik. Mengapa? Karena kode dari plugin yang Anda instalasi dan Anda aktifkan di wordpress bisa saling bertentangan dengan fungsinya satu dengan yang lain.

Bahkan jika terlalu banyak plugin akan memperlambat server loading sehingga hal tersebut akan membuat loading website Anda menjadi jauh lebih lama serta dapat meningkatkan beban server dari hosting yang Anda gunakan.

Tambahkan deskripsi di masing – masing kategori

Cara dalam menambahkan deskripsi pada masing – masing kategori cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke bagian dashboard kemudian pilih post dan pilih categories. Klik edit di masing – masing kategori dan kemudian tambahkan deskripsi yang didalamnya mengandung banyak kata kunci kategori, artikel dan juga website.

Manfaatkan breadcrumb

Jika memang Anda menggunakan suatu plugin wordpress SEO by Yoast SEO, akan Anda temukan suatu fitur yaitu enable breadcrumbs. Anda bisa centang checklist disana di bagian menu internal links.

Kemudian Anda atur tampilan breadcrumb dan copy kode breadcrumb yang diberikan di bagian paling bawah ke single post. Nah, terdapat di bagian dashboard, kemudian pilih appearance dan pilih editor kemudian pilih single post php.

Atur ulang bagian permalink

Permalink merupakan suatu struktur URL yang mengarahkan pengunjung kepada konten spesifik yang akan dibuka dari suatu website. Struktur permalink ini tentu sangat penting untuk memberitahu robot Google tentang arah suatu konten didalam sebuah website.

Lakukan promosi

Cara optimasi wordpress untuk SEO yang terakhir adalah melakukan langkah promosi. Gunakan Google+ dan promosikan konten website Anda ke dalamnya untuk semakin mempercepat dan meningkatkan posisi indeks di Google.

Itulah cara optimasi wordpress untuk SEO yang wajib untuk Anda pahami. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.