Pada dasarnya ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk berpindah hosting dari cPanel lama ke cPanel hosting Jetdino. Dimana proses migrasi ini biasanya dilakukan untuk lebih memudahkan apabila penyedia layanan hosting yang lama Anda juga pakai cPanel pastinya. Lalu, bagaimana apabila layanan hosting lama ternyata tidak pakai cPanel? Tentu saja untuk berpindah ke cPanel Jetdino butuh cara yang berbeda dan hal tersebut biasanya tidak bisa dilakukan dengan mudah, alias cukup rumit sekali.

Daripada harus berlama – lama lagi, langsung saja di simak cara migrasi dari cPanel lama ke cPanel Niagahoster terbarunya berikut ini.

Cara Migrasi dari cPanel Lama ke cPanel Jetdino Terbaru 2019

Partial backup dan restore

Langkah pertama yang penting sekali untuk Anda lakukan agar bisa berpindah hosting antar cPanel adalah dengan melakukan backup. Untuk bagian pertama ini nanti akan dijelaskan cara backup secara terpisah, yakni Home Directory, Email, dan Database.

Lakukan backup dari cPanel yang lain

  • Silakan Log-In ke cPanel lama Anda, lalu lanjutkan dengan masuk ke menu Backup Wizard – Select Partial Backup. Di bagin inilah nanti Anda bisa temukan 3 pilihan menu, yakni Home Directory, Database, MySQL, dan Email Fowarders & Emails.
  • Silakan Anda download masing – masing backup.

Lakukan restore ke cPanel

Apabila Anda memang sudah melakukan backup untuk layanan cPanel lama, maka ada hal lain yang perlu dilakukan, yakni restore ke cPanel Jetdino. Di sini Anda nanti harus lakukan order hosting agar bisa dapatkan layanan hosting dengan menggunakan cPanel hosting yang telah tersedia. Apabila hosting dan domainnya sudah aktif, Anda bisa masuk ke cPanel pakai akun yang dikirimkan via Email.

  • Silakan lakukan Log-In ke cPanel pakai username dan password yang dkirimkan via Email.
  • Masuk ke Backup Wizard – Restore. Jika sudah, unggal file backup yang digenerate.
  • Unggah file Home Directory, MySQL, dan Email Fowarders.

Apabila semua proses sudah dilakukan, website pun sudah ada pada cPanel baru. Tetapi demikian, sebelum Anda mengaksesnya, pastikan terlebih dulu domain sudah mengarah ke hosting Jetdino yang baru Anda.

Full backup dan restore

Full backup cPanel hosting

Ya, pada cPanel ini Anda nanti juga bisa lakukan full backup dengan mudah. Full backup tersebut bertujuan untuk simpan semua data – data penting yang ada di hosting, seperti email, database, backup file, dan lain – lain.

  • Pertama Anda harus Log-In terlebih dulu ke cPanel yang Anda miliki. Jika sudah pilihlah menu File Backup – Backup – Full Backup. Atau untuk lebih gampangnya lagi Anda bisa langsung klik pada ikon Backup.
  • Pilihlah Home Directory untuk simpan semua file yang ada di hosting. Masukkan email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan apabila proses backupnya sudah selesai. Klik pada opsi Generate Backup.
  • Jika proses backupnya selesai, maka file backup bisa didownload di menu Backup – Download A Full Website Backup.

Saat ini cPanel memang menjadi kontrol panel web hosting yang bisa dibilang paling banyak digunakan. Sebagai salah satu penyedia layanan hosting dan juga domain, Jetdino sediakan cPanel hosting yang bisa digunakan apabila Anda sudah membeli layanan hostingnya. Ini artinya Anda tak perlu repot – repot lagi melakukan cara migrasi hosting antar cPanel.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara migrasi dari cPanel lama ke cPanel Jetdino terbaru 2019. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.